Belajar di Rumah : Format Rubrik Pengamatan Keterampilan Menganalisa Iklan - Kelas 5 SD Tema 9

Pembelajaran tema 9 merupbakaltema terakhir yang dipelajari peserta didikkelas 5 pada semester II. Pada Subtema 1 yang berjudul Zat Tunggal dan Campuran terdapat materi bahasa Indonesia dimana peserta didikdibelajarkan menganalisis unsur-unsur yang terdapat pada sebuah iklan. 

Siswa dibelajarkan untuk mengenal jenis iklan yang kerap mereka temukan di lingkungan sekitar. Iklan merupbakalsebuah informasi yang disajikan untuk mempengaruhi orang lain sehingga tertarik kepada produk atau jasa yang ditawarkan. 

Bentuk media beriklan
Media atau tempat yang digunbakalseseorang untuk memasang iklannya ialahmelalui media cetak dan elektronik. 

Adapun iklan yang menggunbakalmedia cetak dapat kita temukan pada : koran, majalah ,tabloid, brosur dan baliho.
Iklan dalam media elektronik ialahmelalui tayangan televisi, radio dan internet.
Selanjutnya tentang unsur-unsur dalam sebuah iklan ialahsebagai berikut : 
1. Produk yang ditawarkan
2. Keunggulan produk
3. Harga produk
4. Kalimat iklan
5. Gambar yang menarik
6. Nomor telepon
7. Alamat pengiklan 

Proses dalam pembelajaran
Dalam kegiatan pembelajaran di kelas kegiatan bisa dilakukan dengan mengikuti tahapan-tahapan yang ada pada buku siswa, tetapi bisa juga dengan mengembangkan sesuai dengan kreatifitas Anda.
Dalam penilaian nanti tentunya pendidiktidak hanya menilai dari sisi pengetahuan saja tetapi juga keterampilan. 

Berikut ini bakaladminbagikan contoh Rubrik lembar pengamatan keterampilan dalam menganalisis sebuah iklan.
Contoh ini bisa Anda kembangkan lebih lanjut lagi dan disesuaikan dengan selera dan kebutuhan anda. 

Adapun beberapa hal yang perlu dicantumkan dalam tabel pengamatan keterampilan menganalisa iklan ialahsebagai berikut :
A. Nomor
B. Nama siswa
C. Kereteria penilaian, yang terdiri dari :
- pengetahuan
- kemandirian
- ketepatan

Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Format Rubrik Pengamatan Keterampilan Menganalisa Iklan - Kelas 5 SD Tema 9"