Ppg 2020/2021: Refleksi Modul Pedagogik 2 - Karakteristik Pembalajaran Masa 21

 

KARAKTER YANG HARUS DIMILIKI GURU PADA ABAD 21

Suksesnya pendidikan tergantung dari kesuksesan pelaksanaan pembelajaran di kelas, sedangkan pelaksanaan acara mencar ilmu mengajar tergantung pada guru, alasannya yakni guru ialah ujung tombak dalam proses pembelajaran. Bagaimanapun sempurnanya suatu kurikulum tanpa disokong oleh kesanggupan guru, maka kurikulum itu cuma sesuatu yang tertulis dan tidak mempunyai makna.

Perkembangan zaman yang diiringi dengan pertumbuhan teknologi sudah menenteng efek pergantian yang sungguh besar dalam kehidupan bermasyarakat tergolong dalam pola pikir generasi dikala ini atau sering disebut dengan generasi milenial. Perkembangan ini mempunyai efek juga kepada dunia pendidikan dimana guru tidak sanggup lagi mengajar menyerupai mengajar generasi sebelumnya (baby boomers, X, Y) alasannya yakni generasi yang diajar sudah berbeda.

Namun efek pertumbuhan zaman dan tekhnologi menampilkan efek nyata dan negatif bagi akseptor didik, akomodasi tekhnologi menyerupai ponsel cerdas dan laptop atau yang yang lain jikalau digunakan tanpa pengawasan akan menampilkan efek nyata bagi pertumbuhan pendidikan akseptor didik, maka dari itu disinilah tugas guru selaku teman mencar ilmu yang akrab dengan akseptor didik sanggup menampilkan pemahaman-pemahaman mengenai cara penggunaan dan pemanfaatan TIK dengan benar, sehingga akan tertanam di dalam diri akseptor didik untuk menjalankan hal nyata dalam penggunaan tekhnologi meskipun tanpa tutorial orang lain.

Pembenahan huruf guru terasa sungguh penting dalam menjalankan pergantian dunia pendidikan, jangan hingga guru sudah berada pada industri 4.0 tapi huruf guru masih 3.0 pastinya output dunia pendidikan tidak akan diterima oleh dunia industri alasannya yakni bagaimanapun juga dunia pendidikan mesti bisa mengikuti pertumbuhan dunia industri.

Sebagai salah satu umpamanya yakni dalam hal menggunakan tata cara pengajaran, masih banyak guru yang dalam proses pembelajarannya lebih banyak menggunakan tata cara ceramah, sama menyerupai tata cara yang dahulu beliau terima dikelas sedangkan dikala ini tata cara ceramah sudah kurang berkaitan lagi dengan pertumbuhan zaman alasannya yakni yang dididik yakni generasi milenial yang mempunyai saluran yang cukup luas kepada saluran informasi.

Beberapa huruf yang mesti dimiliki guru pada periode 21 yakni :

1.    Pembelajar Sepanjang Hayat

2.    Melek Dengan Perkembangan Teknologi

3.    Mampu Menggali Potensi Dari Peserta Didik

4.    Mengajar Tanpa Sekat Ruang Kelas

5.    Kreatif dan Inovatif

Dari beberapa huruf yang sudah dimiliki tersebut lewat pembelajaran Abad 21 siswa akan mempunyai kemampuan berfikir kritis dan pemecahan masalah, kesanggupan berkomunikasi dan melakukan pekerjaan sama, kesanggupan bikin dan membaharui, literasi teknologi info dan komunikasi, kesanggupan mencar ilmu kontekstual serta kesanggupan info dan literasi media.

Tidak ada komentar untuk "Ppg 2020/2021: Refleksi Modul Pedagogik 2 - Karakteristik Pembalajaran Masa 21"