Belajar di Rumah : Soal Ulangan Akhir Semester 1 Tema 4 Kelas 5 SD Kurikulum 2013

Pembelajaran di kelas 5 di tahun pelajaran ini dalam pelaksanaan pembelajarannya sudah menggunbakalpendekatan tematik. Dimana melalui pendekatan tematik pembelajaran lebih menyeluruh dan peserta didikbelajar dengan alur yang sesuai dengan tema.

Seperti yang sudah kita ketahui, pembelajaran tematik memadukan beberapa mata pelajaran dalam pelaksanaannya. Adapun muatan pelajaran yang dipadukan terdiri dari PPKN, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan SBdP.

Tentunya keberhasilan peserta didikdalam memahami materi yang ada di dalam setiap tema perlu diukur. Pengukuran dilakukan melalui serangkaian tes tertulis atau lisan untuk mengukur pengetahuan siswa. Sedangkan untuk keterampilannya dilakukan melalui serangkaian kegiatan observasi.

Pelaksanaan pengukuran pengetahuan peserta didikdilakukan melalui kegiatan ulangan. Ulangan ada yang bersifat harian dan di akhir semester. Ulangan harian dilakukan setiap kali peserta didikmenuntaskan mempelajari satu kompetensi dasar.

Sedangkan ulangan akhir semester dilakukan untuk mengukur sejumlah  kompetensi dasar yang muncul dalam satu semester.

Ulangan akhir semester/Penilaian Akhir semester dalam penyusunan soalnya biasanya dilakukan melalui kegiatan KKG baik di tingkat gugus maupun di tingkat kecamatan. Soal disusun berdasarkan sebaran KD yang muncul dalam satu tema.

Soal ulangan yang disusun sesuai dengan K13 Kurikulum 2013diharapkan senantiasa mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. Bentuk soal ulangan pun biasanya ada berupa pilihan ganda maupun uraian.

Langsung saja, berikut ini bakaladmin sajikan soal ulangan akhir semester 1 / penilaian akhir semester  kelas 5 SD Kurikulum 2013.

1.    Menjaga kerukunan di masyarakat merupbakaltanggung jawab . . .
a.    Kepala desa
b.    Kepala dusun
c.    Hansip
d.    Warga masyarakat

2.    Salah satu bentuk tanggung jawab yang dapat dilakukan di rumah ialah.. . .
a.    Menyelesaikan tugas yang diberikan orang tua
b.    Bermain bersama teman-rekandi halaman
c.    Menonton film favorit di televisi
d.    Menolak nesihat dari orang tua

3.    Pak Made memperoleh undangan untuk menghadiri acara perayaan ulangan tahun organisasi pemuda di desanya. Pak Made sebagai ketua RT, dan ia pun menghadiri acara tersebut. Tindakn yang dilakukan Pak Made merupbakalbentuk kewajiban . . . .
a.    Warga sekolah
b.    Warga masyarakat
c.    Warga negara
d.    Anggota masyarakat

4.    Perhatikan peristiwa berikut ini !
1.    Yoga tidak mencuci piring setelah selesai makan
2.    Dayu merapikan tempat tidurnya setelah bangun tidur
3.    Joko menghabiskan semua makanan di dapur
4.    Putu menaruh sepatu dan seragamnya dengan rapi
Tindbakalyang mencerminkan sikap bertanggung jawab anggota kelauarga ditunjukkan oleh….
a.    Yog dan dayu
b.    Dayu dan Putu
c.    Joko dan Putu
d.    Putu dan Yoga

5.    Dalam kegiatan musyawarah, Made tidak bisa menghadiri kegiatan tersebut karena ada halangan yang membutnya tidak hadir. Sikap yang dilakukan Made sebaiknya . . . untuk hasil musyawarah.
a.    Melakukan prostes
b.    Tidak menerima keputusan
c.    Menyuruh melakukan rapat ulang
d.    Menerima dengan lapang d4d*

6.    Puisi lama yang sangat terikat bakalaturan-aturan dalam menyusunnya disebu . . ..
a.    Syair
b.    Pantun
c.    Gurindam
d.    Sage

7.    Sebuah pantun memiliki . . . suku kata
a.    4-6 suku kata
b.    6-8 suku kata
c.    8-12 suku kata
d.    14-20 suku kata

8.    Berdasarkan isinya pantun dapat dibedbakalmenjadi beberapa macam. Pantun yang berisikan segala sesuatu yang bersifat nasihat disebut .. . . .
a.    Pantun muda
b.    Pantun tua
c.    Pantun kanak-kanak
d.    Pantun jenaka

9.    Bacalah pantun berikut ini !
Anak ayam turun sepuluh
Mati satu tinggal sembilan
Menuntut ilmu bersungguh-sungguh
Agar jangan ketinggalan

Tema pantun tersebut diatas adalah
a.    Kesehatan
b.    Kebudayaan
c.    Pendidikan
d.    Hiburan

10.    Baris pertama dan kedua dalam pantun disebut. . . .
a.    Isi
b.    Sampiran
c.    Penutup
d.    Pembuka


11.    Di dalam tubuh, d4r*h mengalir di dalam p3mbuluh, sehingga disebut . . . .
a.    Peredaran d4r*h terbuka
b.    Peredaran d4r*h tertutup
c.    Peredaran tak jenuh
d.    Tidak ada d4r*h

12.    Agus mengalami masalah dalam kesehatannya, dimana ia mengalami keadaan memiliki tekanan d*r4h tinggi. Gangguan kesehatan yang dialami Agus disebut….
a.    Ambi3n
b.    Talasemi4
c.    4n3mia
d.    Hipertensi

13.    Mengedarkan d*r4h bersih, denyutannya terasa merupbakalciri dari pembuluh….
a.    Vena
b.    Balik
c.    Arteri
d.    Kapiler

14.    J*ntun9 terletak dalam ….
a.    R0ngg94 p3rut
b.    R0ng94 d*da
c.    Diatas p3rut
d.    Dibawah l4mbun9

15.    Untuk menjaga kesehatan 0rgan sistem peredaran d4r*h sebaiknya dengan….
a.    Makan-makanan berlemak
b.    Sering bergadang
c.    Tidak merokok
d.    Jarang olahraga

16.    Inetraksi sosial yang mengarah pada perpecahan bisa terjadi pada peristiwa….
a.    Kerja sama
b.    Gotong royong
c.    Demonstrasi anarkis
d.    Demonstrasi

17.    Ayah mengikuti rapat di kantor desa. Bentuk interaksi sosial pada cerita tersebut terjadi di lingkungan . . . .
a.    Keluarga
b.    Sekolah
c.    Masyarakat
d.    Negara

18.    Bentuk interaksi individu dengan kelomopok dapat kita lihat dari peristiwa. . . .
a.    Ayah dan kakak bermain catur
b.    Agus bermain badminton ganda putra
c.    Dua tim sedang bertanding sepak bola
d.    Agus sedang melatih les nari

19.    Kegiatan musyawarah dilakukan untuk memperoleh . . . .
a.    Keserasian
b.    Keselarasan
c.    Keseimbangan
d.    Keputusan

20.    Untuk menjaga interaksi dengan lingkungan berjalan dengan baik, maka sebaiknya manusia senantiasa. . . .
a.    Mengambil segala kekayaan alam
b.    Menggunbakalkekayaan alam dengan bijak
c.    Tidak melestarikan kekayaan alam
d.    Menjual kepada orang asing kekayan alam kita

21.    Gambar yang berisikan alur cerita yang terangkai dengan padu disebut . . . .
a.    Gambar seri
b.    Lintas gambar
c.    Gambar cerita
d.    Cerita bersambung

22.    Ketika bakalmembuat gambar cerita maka yang pertama kita dahulukan adalah  . . . .
a.    Mewarnai gambar
b.    Membuat sketsa
c.    Menyiapkan diri
d.    Membingkai

23.    Urutan nada yang tersusun secara berjenjang disebut. . . . .
a.    Tangga nada
b.    Nada mayor
c.    Nada minor
d.    Urutan nada

24.    Bahan tambahan yang dibawa penari untuk menambah menarik tariannya disebut . . . .
a.    Pola lantai
b.    Pola irama
c.    Properti tari
d.    Irama tari

25.    Pola lantai tari pada tari saman ialah. .. .
a.    Melengkung
b.    Melingkar
c.    Horisontal
d.    Vertikal

Demikian soal ulangan akhir semester 1 khusunya untuk tema 4 kelas 5 SD Kurikulum 2013 yang dapat admin bagikan pada kesempatan kali ini.

Soal-soal ini tentunya masih jauh dari kategori sempurna, namun admin sudah susun sesuai dengan KD yang muncul pada tema 4. Soal ulangan akhir semester tersebut, bisa digunbakalsebagai bahan referansi dan bahan latihan bagi putra-putri anda di rumah.

Semoga bermanfaat dan nantikan artikel menarik lainnya hanya di blog pendidikan riyanpedia.com

Wasalam !

Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Soal Ulangan Akhir Semester 1 Tema 4 Kelas 5 SD Kurikulum 2013"