Belajar di Rumah : Cara Saya Memotivasi Siswa Mengerjakan Tugas Piket
"Pembelajaran di sekolah dasar merupbakalbentuk pemberian pengalaman belajar bagi anak-anak usia 7-13 tahun untuk mempersiapkan diri mereka mamasuki jenjang pendidikan menengah. Anak sekolah dasar tidak hanya dibekali dengan pengetahuan saja, melainkan juga karakter yang kuat dan keterampilan" demikianlah esensi pembelajaran di sekolah dasar versi saya.
Penguatan karakter dan keterampilan tentunya tidak bisa dilakukan hanya dari kegiatan ceramah dan tanya jawab saja. Akan tetapi semua itu bisa terwujud dari pembiasaan dan pelatihan setiap harinya.
Penguatan karakter tersirat dari segala bentuk kegiatan di sekolah yang diciptbakaluntuk mengasah tumbuh kembang karakter siswa. Salah satu dari sekian banyak kegiatan di sekolah, yang umum dilakukan di sekolah baik yang ada di lingkungan perkotaan mau pun pedesaan, ialah mengerjbakaltugas piket.
Mengerjbakaltugas piket sebenarnya merupbakalmetode yang bisa digunbakaluntuk menumbuh-kembangkan karakter siswa. Kita bisa lihat, bagaimana perkambangan sikap anak dalam melaksanbakaltugasnya.
Kadang beberapa anak ada yang cenderung mengabaikan tugas ini. Bahkan berpura-pura mengerjbakaltugas dengan baik saat di depan guru. Tentu kita tidak mengharapkan hal ini. Dalam mengerjbakaltugas piket di kelas murni harus tumbuh dari dalam diri siswa.
Permasalah kadang muncul kesadaran anak begitu rendah dalam hal mengerjbakaltugas tersebut. Disinilah diperlukan metode pendidikdalam memotivasi peserta didikpada saat mengerjbakaltugas-tugas piket di sekolah.
Ada beberapa kegiatan yang adminlakukan untuk meningkatkan motivasi peserta didikdalam mengerjbakaltugas serta menumbuhkan kesadaran peserta didikdalam mengerjbakalpiket.
Berikut ini bakaladminbagikan dan semoga bermanfaat.
1. Guru memberi contoh
Praktek di lapangan (sekolah) beberapa pendidikcenderung menyuruh anak untuk mengerjbakaltugas piket. Bersihkan ini dan bersihkan bagian itu.
Praktek di lapangan (sekolah) beberapa pendidikcenderung menyuruh anak untuk mengerjbakaltugas piket. Bersihkan ini dan bersihkan bagian itu.
Saya yakin semasih anda berdiri diantara mereka dan memandangi mereka bekerja, maka peserta didikanda bakalmelakukannya. Namun, beberapa hari kedepan apakah anda yakin mereka bakalmengambil tugas itu dengan sepenuh hati?
Berdasarkan pengalaman saya, kadang peserta didikdengan pola seperti ini malah bakalmelakukan tugas piket ketika ada yang mengawasi saja. Dan cenderung mengabaikan ketika tidak ada guru. Jika sudah demikian maka sebaiknya kita harus mengubah pandangan kita.
Caranya jangan menyuruh bakaltetapi marilah memberi contoh. Ketika anda ingin peserta didikanda peduli dengan kelasnya, maka anda pun harus ikut memberi contoh bagaimana membersihkan ruang kelas setiap harinya.
Jika anda ingin peserta didikanda peka dengan kebersihan lingkungan sekolah, maka anda sendiri yang harus pertama menunjukkan kepekaan terhadap kenersihan lingkungan sekolah. Misalnya ketika anda berjalan menuju kelas, dan melihat ada kertas, cobalah anda pungut dan masukan di tong sampah.
Siswa anda yang melihat anda melakukan hal tersebut bakalan mencotoh apa yang anda lakukan. Apalagi anda memberikan pengaragan setelah anda mencontohkan kepada mereka.
2. Berikan reward
Anak bakaltermotivasi untuk melakukan perbuatan kembali jika anda memberikan sebuah reward atas kebaikan yang sudah mereka lakukan.
Anak bakaltermotivasi untuk melakukan perbuatan kembali jika anda memberikan sebuah reward atas kebaikan yang sudah mereka lakukan.
Artinya disini, saat anda melihat peserta didikanda dan kelompoknya mampu menyelesaikan tugas dengan baik dan menunjukkan hasil yang cukup baik pula, maka jangan menunggu lama segera berikan reward kepada kelompok atau anak tersebut.
Ini bakalmenggugah semangat mereka untuk mengulang kembali hal yang baik tadi.
Reward yang anda berikan tidak harus berupa benda, cukup dengan gestur badan, senyuman dan acungan jempol maka meraka bakalbersemangat lagi.
3. Berikan semangat dan perhatian
Untuk tetap menjaga motivasi peserta didikdalam mengerjbakaltugas piket. Maka jangan lupa anda sering mungkin memberikan dorongan dan semangat kepada peserta didikanda.
Untuk tetap menjaga motivasi peserta didikdalam mengerjbakaltugas piket. Maka jangan lupa anda sering mungkin memberikan dorongan dan semangat kepada peserta didikanda.
Semangat dan perhatian yang anda berikan kesadaran kepada mereka bahwasannya anda benar-benar peduli dan penuh perhatian kepada mereka.
4. Amati selalu dan segera berikan nasihat saat perbuatan mereka lali bakaltugas
Guru senantiasa mengamati bagaimana peserta didikbekerja dalam kelompok saat mengerjbakalpiket. Penting bagi pendidikuntuk melakukan pengamatan atas aktivitas peserta didiksetiap harinya.
Ketika peserta didiksudah merasa nyaman, dihargai pekerjaan mereka, maka tanpa anda awasi pun mereka bakalmengerjbakaltugas piket dengan penuh tangung jawab.
Yang terpenting ialahkita membiasbakaldiri untuk lebih mengerti bahwa peserta didikmerupbakalpribadi yang masih berkembang. Maka dari itu mereka masih membutuhkan perhatian, contoh dan penghargaan.
Selamat mencoba semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Cara Saya Memotivasi Siswa Mengerjakan Tugas Piket "
Posting Komentar