Belajar di Rumah : Contoh Soal Muatan IPA Berbasis High Order Thinking Skill Pembelajaran Tematik Kelas 5 Tema 6 Kurikulum 2013 Materi Perpindahan Energi Panas
Memasuki pembelajaran di semester 2 kelas 5 SD pada pembelajaran K13 Kurikulum 2013dimulai pada tema 6. Di tema 6 tersebut terdapat muatan IPA dengan materi perpindahan energi panas.
Pembelajaran tematik tidak hanya memadukan beberapa mata pelajaran di dalam kegiatan belajarnya dan pembelajaran yang menumbuhkan sikap dan karakter yang kuat.
Namun lebih dari pada itu, pembelajaran tematik di K13 Kurikulum 2013juga melatih peserta didikuntuk berpikir tingkat tinggi. Untuk mengukur kemampuan tingkat tinggi tersebut diperlukan pembelajaran yang berlefel tinggi pula.
Disamping itu juga, dalam setiap penilaiannya diperlukan alat ukur yang juga berfungsi untuk mengukur kemampuan tingkat tinggi dan bukan kemampuan tingkat rendah.
Selama ini kita jarang menggunbakalsoal-soal yang memberikan pengalaman kepada peserta didikuntuk berpikir tingkat tinggi. Nah berikut ini dua contoh soal yang penulis sajikan dan bisa digunbakalsebagai soal untuk mengukur kemampuan peserta didikberpikir tingkat tinggi tentang materi pelajaran perpindahan energi panas.
1. Wahyu, Amir, dan Doni membuat sebuah api unggun. Mereka duduk bersama dekat api unggun. Tiba-tiba badan Doni merasbakalhangat yang begitu cepat daripada Amir dan Wahyu. Doni pun menambahkan kayu bakar lagi pada api unggun, dan tiba-tiba apinya membesar. Doni tidak tahan dengan panasnya api unggun.
a) Perpindahan panas dengan cara apa, yang terjadi pada cerita diatas?
b) Mengapa kamu menyebut perpindahan panas tersebut demikian?
c) Bagaimana menurutmu posisi Doni bila dibandingkan dengan teman-temannya?
2. Sebuah gelas berisikan air panas kemudian dimasukan tiga buah sendok dari bahan yang berbeda. Sendok 1 dari bahan plastik, sendok 2 dari bahan aluminum, dan sendok 3 dari bahan kayu.
a) Agar tidak kepanasan sendok mana yang harus Wahyu ambil terlebih dahulu?
b) Susunlah sendok yang pertama hingga terakhir diambil dan berikan alasanmu mengapa susunannya seperti itu?
c) Disebut perpindahan panas apakah dalam peristiwa tersebut, mengapa kamu menyebutnya demikian?
Demikianlah dua contoh soal berpikir tingkat tinggi melalui contoh kasus pengalaman peserta didiksehari-hari. Semoga soal-soal tersebut ada manfaatnya bagi rekanpembaca.
Wasalam.
Pembelajaran tematik tidak hanya memadukan beberapa mata pelajaran di dalam kegiatan belajarnya dan pembelajaran yang menumbuhkan sikap dan karakter yang kuat.
Namun lebih dari pada itu, pembelajaran tematik di K13 Kurikulum 2013juga melatih peserta didikuntuk berpikir tingkat tinggi. Untuk mengukur kemampuan tingkat tinggi tersebut diperlukan pembelajaran yang berlefel tinggi pula.
Disamping itu juga, dalam setiap penilaiannya diperlukan alat ukur yang juga berfungsi untuk mengukur kemampuan tingkat tinggi dan bukan kemampuan tingkat rendah.
Selama ini kita jarang menggunbakalsoal-soal yang memberikan pengalaman kepada peserta didikuntuk berpikir tingkat tinggi. Nah berikut ini dua contoh soal yang penulis sajikan dan bisa digunbakalsebagai soal untuk mengukur kemampuan peserta didikberpikir tingkat tinggi tentang materi pelajaran perpindahan energi panas.
1. Wahyu, Amir, dan Doni membuat sebuah api unggun. Mereka duduk bersama dekat api unggun. Tiba-tiba badan Doni merasbakalhangat yang begitu cepat daripada Amir dan Wahyu. Doni pun menambahkan kayu bakar lagi pada api unggun, dan tiba-tiba apinya membesar. Doni tidak tahan dengan panasnya api unggun.
a) Perpindahan panas dengan cara apa, yang terjadi pada cerita diatas?
b) Mengapa kamu menyebut perpindahan panas tersebut demikian?
c) Bagaimana menurutmu posisi Doni bila dibandingkan dengan teman-temannya?
2. Sebuah gelas berisikan air panas kemudian dimasukan tiga buah sendok dari bahan yang berbeda. Sendok 1 dari bahan plastik, sendok 2 dari bahan aluminum, dan sendok 3 dari bahan kayu.
a) Agar tidak kepanasan sendok mana yang harus Wahyu ambil terlebih dahulu?
b) Susunlah sendok yang pertama hingga terakhir diambil dan berikan alasanmu mengapa susunannya seperti itu?
c) Disebut perpindahan panas apakah dalam peristiwa tersebut, mengapa kamu menyebutnya demikian?
Demikianlah dua contoh soal berpikir tingkat tinggi melalui contoh kasus pengalaman peserta didiksehari-hari. Semoga soal-soal tersebut ada manfaatnya bagi rekanpembaca.
Wasalam.
Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Contoh Soal Muatan IPA Berbasis High Order Thinking Skill Pembelajaran Tematik Kelas 5 Tema 6 Kurikulum 2013 Materi Perpindahan Energi Panas"
Posting Komentar