Belajar di Rumah : Mencari Ide Pokok Teks Bacaan yang Berjudul Kejayaan Bahari Masa Lalu, Materi Tema 1 Kelas 5 SD
Pembelajaran tema 1 kelas 5 SD pada muatan Bahasa Indonesia lebih banyak difokuskan pada materi menentukan ide pokok paragraf. Nah, pada kesempatan kali ini kita bakalmembahas mengenai menentukan ide pokok paragraf pada teks bacaan yang berjudul Kejayaan Bahari Masa Lalu.
Teks bacaan ini terdiri dari 9 paragraf, berikut ini kita bakalmemulai membahas dari paragraf pertama sampai dengan paragraf akhir. Baik langsung saja dibaca dengan seksama agar anak-anak kelas 5 makin memahami bagaimana cara menentukan ide pokok pada tiap paragrafnya.
Paragraf 1
Sejarah telah mencatat bahwa kejayaan bahari bangsa Indonesia sudah lahir sebelum kemerdekaan. Hal ini dibuktikan dengan adanya temuan-temuan situs prasejarah maupun sejarah.
Pembahasan :
Paragraf pertama cukup pendek, hanya terdiri dari dua buah kalimat. Dan paling banyak dibahas tentang kajayaan bahari Indonesia. Jadi ide pokoknya ialahKejayaan bahari bangsa Indonesia sudah lahir sebelum kemerdekaan.
Paragraf 2
Penemuan situs prasejarah di gua-gua Pulau Muna, Seram, dan Arguni yang dipenuhi oleh lukisan-lukisan perahu layar menggambarkan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia merupbakalbangsa pelaut. Selain itu, ditemukan kesamaan benda-benda sejarah suku Aborigin di Australia dengan benda-benda sejarah yang ditemukan di Pulau Jawa. Penemuan ini menggambarkan bahwa nenek moyang bangsa kita telah melakukan hubungan dengan bangsa lain, yang tentunya menggunbakalkapal-kapal layar.
Pembahasan :
Pada paragraf 2 lebih banyak membahas tentang bukti bahwa nenek moyang bangsa Indonesia ialahseorang pelaut. Banyak bukti prasejarah ditemukan di beberapa tempat di Indonesia. Jadi dapat disimpulkan ide pokok paragraf ke dua ialahBukti Bahwa bangsa Indonesia ialahbangsa pelaut.
Paragraf 3
Kerajaan Sriwijaya bahkan memiliki armada laut yang besar dan kuat. Armada laut Sriwijaya mampu menguasai jaur perdagangan laut dan memungut cukai atas penggunaan laut. Pengaruh Sriwijaya meliputi Asia Tenggara. Hal ini dibuktikan dengan catatan sejarah bahwa terdapat hubungan erat dengan Kerajaan Campa yang terletak di antara Kamboja dan Laos.
Pembahasan :
Pada paragraf 3 lebih banyak membahas tentang armada kerajaan Sriwijaya pada zaman dulu. Jadi dapat disimpulkan ide pokok paragraf 3 ialahKerajaan Sriwijaya memiliki armada laut yang besar dan kuat.
Paragraf 4
Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah mampu membangun Candi Borobudur. Pada Candi tersebut terdapat relief berupa gambar perahu layar dengan tiang-tiang layar yang kukuh dan menggunbakallayar segi empat yang lebar.
Pembahasan :
Pada paragraf 4 lebih banyak dibahas tentang Candi Borobudur dan pendirinya. Jadi dapat disimpulkan kalau ide pokok paragraf 4 ialahKerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah mampu membangun Candi Borobudur.
Paragraf 5
Kerajaan Singosari di bawah kepemimpinan Raja Kertanegara pun juga memiliki armada kapal dagang yang mampu mengadbakalhubungan-hubungan dagang lintas laut. Bahkan, perkembangan Kerajaan Singosari dianggap sebagai ancaman bagi Kerajaan Tiongkok dengan rajanya Khu Bilai Khan. Raja Khu Bilai Khan mengirimkan armada perangnya dan mendarat di Pulau Jawa.
Pembahasan :
Ide pokok : Kerajaan Singosari di bawah kepemimpinan Raja Kertanegara pun juga memiliki armada kapal dagang yang mampu mengadbakalhubungan-hubungan dagang lintas laut.
Paragraf 6
Pada masa itulah, Raden Wijaya mendirikan Kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit kemudian berkembang menjadi kerajaan maritim yang besar. Kerajaan Majapahit memiliki pengaruh dan kekuasaan yang luas meliputi wilayah Nusantara. Dengan kekuatan armada lautnya dan didukung oleh kemampuan perang Patih Gajah Mada, wilayah Kerajaan Majapahit kian luas.
Pembahasan :
Ide pokok ; Raden Wijaya mendirikan Kerajaan Majapahit.
Paragraf 7
Dengan bukti-bukti sejarah inilah tidak bisa dielakkan bahwa kejayaan bahari bangsa Indonesia telah ada sejak zaman dahulu. Namun dalam perjalanannya, kejayaan bahari ini mulai mengalami keredupan seiring terjadinya penjajahan Belanda dengan praktik kebaharian kolonialnya.
Pembahasan :
Ide pokok paragraf 7 : Kejaayan bahari bangsa Indonesia telah ada sejak zaman dahulu.
Paragraf 8
Pada masa kolonial Belanda, masyarakat Indonesia dibatasi berhubungan dengan laut, misalnya larangan berdagang selain dengan pihak Belanda, padahal sebelumnya telah muncul beberapa kerajaan bahari Nusantara. Hal ini mengakibatkan budaya bahari Indonesia memasuki masa suramnya.
Pembahasan :
Ide pokok paragraf 8 : , Masyarakat Indonesia dibatasi berhubungan dengan laut yang mengakibatkan suramnya budaya bahari Indonesia.
Paragraf 9
Pada masa kolonial Belanda juga terjadi pengikisan semangat bahari Bangsa Indonesia, dikarenbakalpemerintahan kolonial lebih mementingkan bidang agraris untuk kepentingan mereka dibandingkan dengan bidang kemaritiman. Pemerintahan kolonial menggenjot bidang agraris dengan tujuan untuk memenuhi kepentingan dagang rempahrempah mereka dengan negara-negara di Eropa.
Pembahasan :
Ide pokok paragraf 9 ; Pemerintahan kolonial menggenjot bidang agraris daripada kemaritiman dengan tujuan untuk memenuhi kepentingan dagang rempahrempah mereka dengan negara-negara di Eropa.
Nah, demikian sahabat pembaca yang budiman tetang ide pokok pada teks bacaan Kejayaan Bahari Masa Lalu pada buku peserta didiktema 1 kelas 5 sekolah dasar. Semoga informasi ini bisa membantu kesulitan pembaca dalam memahami ide pokok paragraf.
Jangan lupa nantikan artikel menarik lainnya hanya di .COM
WASALAM.
Teks bacaan ini terdiri dari 9 paragraf, berikut ini kita bakalmemulai membahas dari paragraf pertama sampai dengan paragraf akhir. Baik langsung saja dibaca dengan seksama agar anak-anak kelas 5 makin memahami bagaimana cara menentukan ide pokok pada tiap paragrafnya.
Paragraf 1
Sejarah telah mencatat bahwa kejayaan bahari bangsa Indonesia sudah lahir sebelum kemerdekaan. Hal ini dibuktikan dengan adanya temuan-temuan situs prasejarah maupun sejarah.
Pembahasan :
Paragraf pertama cukup pendek, hanya terdiri dari dua buah kalimat. Dan paling banyak dibahas tentang kajayaan bahari Indonesia. Jadi ide pokoknya ialahKejayaan bahari bangsa Indonesia sudah lahir sebelum kemerdekaan.
Paragraf 2
Penemuan situs prasejarah di gua-gua Pulau Muna, Seram, dan Arguni yang dipenuhi oleh lukisan-lukisan perahu layar menggambarkan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia merupbakalbangsa pelaut. Selain itu, ditemukan kesamaan benda-benda sejarah suku Aborigin di Australia dengan benda-benda sejarah yang ditemukan di Pulau Jawa. Penemuan ini menggambarkan bahwa nenek moyang bangsa kita telah melakukan hubungan dengan bangsa lain, yang tentunya menggunbakalkapal-kapal layar.
Pembahasan :
Pada paragraf 2 lebih banyak membahas tentang bukti bahwa nenek moyang bangsa Indonesia ialahseorang pelaut. Banyak bukti prasejarah ditemukan di beberapa tempat di Indonesia. Jadi dapat disimpulkan ide pokok paragraf ke dua ialahBukti Bahwa bangsa Indonesia ialahbangsa pelaut.
Paragraf 3
Kerajaan Sriwijaya bahkan memiliki armada laut yang besar dan kuat. Armada laut Sriwijaya mampu menguasai jaur perdagangan laut dan memungut cukai atas penggunaan laut. Pengaruh Sriwijaya meliputi Asia Tenggara. Hal ini dibuktikan dengan catatan sejarah bahwa terdapat hubungan erat dengan Kerajaan Campa yang terletak di antara Kamboja dan Laos.
Pembahasan :
Pada paragraf 3 lebih banyak membahas tentang armada kerajaan Sriwijaya pada zaman dulu. Jadi dapat disimpulkan ide pokok paragraf 3 ialahKerajaan Sriwijaya memiliki armada laut yang besar dan kuat.
Paragraf 4
Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah mampu membangun Candi Borobudur. Pada Candi tersebut terdapat relief berupa gambar perahu layar dengan tiang-tiang layar yang kukuh dan menggunbakallayar segi empat yang lebar.
Pembahasan :
Pada paragraf 4 lebih banyak dibahas tentang Candi Borobudur dan pendirinya. Jadi dapat disimpulkan kalau ide pokok paragraf 4 ialahKerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah mampu membangun Candi Borobudur.
Paragraf 5
Kerajaan Singosari di bawah kepemimpinan Raja Kertanegara pun juga memiliki armada kapal dagang yang mampu mengadbakalhubungan-hubungan dagang lintas laut. Bahkan, perkembangan Kerajaan Singosari dianggap sebagai ancaman bagi Kerajaan Tiongkok dengan rajanya Khu Bilai Khan. Raja Khu Bilai Khan mengirimkan armada perangnya dan mendarat di Pulau Jawa.
Pembahasan :
Ide pokok : Kerajaan Singosari di bawah kepemimpinan Raja Kertanegara pun juga memiliki armada kapal dagang yang mampu mengadbakalhubungan-hubungan dagang lintas laut.
Paragraf 6
Pada masa itulah, Raden Wijaya mendirikan Kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit kemudian berkembang menjadi kerajaan maritim yang besar. Kerajaan Majapahit memiliki pengaruh dan kekuasaan yang luas meliputi wilayah Nusantara. Dengan kekuatan armada lautnya dan didukung oleh kemampuan perang Patih Gajah Mada, wilayah Kerajaan Majapahit kian luas.
Pembahasan :
Ide pokok ; Raden Wijaya mendirikan Kerajaan Majapahit.
Paragraf 7
Dengan bukti-bukti sejarah inilah tidak bisa dielakkan bahwa kejayaan bahari bangsa Indonesia telah ada sejak zaman dahulu. Namun dalam perjalanannya, kejayaan bahari ini mulai mengalami keredupan seiring terjadinya penjajahan Belanda dengan praktik kebaharian kolonialnya.
Pembahasan :
Ide pokok paragraf 7 : Kejaayan bahari bangsa Indonesia telah ada sejak zaman dahulu.
Paragraf 8
Pada masa kolonial Belanda, masyarakat Indonesia dibatasi berhubungan dengan laut, misalnya larangan berdagang selain dengan pihak Belanda, padahal sebelumnya telah muncul beberapa kerajaan bahari Nusantara. Hal ini mengakibatkan budaya bahari Indonesia memasuki masa suramnya.
Pembahasan :
Ide pokok paragraf 8 : , Masyarakat Indonesia dibatasi berhubungan dengan laut yang mengakibatkan suramnya budaya bahari Indonesia.
Paragraf 9
Pada masa kolonial Belanda juga terjadi pengikisan semangat bahari Bangsa Indonesia, dikarenbakalpemerintahan kolonial lebih mementingkan bidang agraris untuk kepentingan mereka dibandingkan dengan bidang kemaritiman. Pemerintahan kolonial menggenjot bidang agraris dengan tujuan untuk memenuhi kepentingan dagang rempahrempah mereka dengan negara-negara di Eropa.
Pembahasan :
Ide pokok paragraf 9 ; Pemerintahan kolonial menggenjot bidang agraris daripada kemaritiman dengan tujuan untuk memenuhi kepentingan dagang rempahrempah mereka dengan negara-negara di Eropa.
Nah, demikian sahabat pembaca yang budiman tetang ide pokok pada teks bacaan Kejayaan Bahari Masa Lalu pada buku peserta didiktema 1 kelas 5 sekolah dasar. Semoga informasi ini bisa membantu kesulitan pembaca dalam memahami ide pokok paragraf.
Jangan lupa nantikan artikel menarik lainnya hanya di .COM
WASALAM.
Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Mencari Ide Pokok Teks Bacaan yang Berjudul Kejayaan Bahari Masa Lalu, Materi Tema 1 Kelas 5 SD"
Posting Komentar