Belajar di Rumah : Kisi-kisi Dan Soal Ulangan Harian Tema 2 Subtema 2 Kelas 5 Kurikulum 2013
Kegiatan ulangan harian merupbakalaktivitas rutin yang dilakukan oleh pendidikuntuk mengukur tingkat kemampuan peserta didikdalam memahami materi pembelajaran, atau dengan kata lain ulangan harian merupbakalbentuk penilaian untuk mengetahui sejauh mana peserta didikbisa menuntaskan sebuah kompetensi dasar.
Penting untuk dilaksanbakaloleh para pendidiksebelum melaksanbakalulangan harian, yaitu merumuskan ksisi-kisi soal terlebih dahulu. Kisi-kisi soal ini disusun untuk memudahkan pendidikdi dalam membuat soal ulangan harian.
Kisi-kisi soal ulangan harian juga bakalmembuat pendidiklebih terinci dalam membuat soal. Sehingga tidak ada soal yang tumpang tindih dalam mengukur sebuah indikator.
Nah, untuk memudahkan sahabat pendidik dalam membuat kisi-kisi soal, pada kesempatan kali ini admin bakalmenyajikannya. Kisi-kisi soal yang kami sajikan disini tentu masih belum terlalu sempurna. Namun kompetensi dasar (KD) yang admin sajikan sudah sesuai dengan KD termuat dalam kurikulum.
Muatan pelajaran yang termuat pada tema 2 subtema 2 terdiri dari muatan PPKN, Bahasa Indonesia, IPA IPS dan SBDP. Langsung saja berikut ini kisi-kisi soalnya.
Muatan PPKN
Kompetensi Dasar : 3.2 Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari
A. Indikator Soal PPKN
1.Siswa mampu menentukan pengertian hak dengan benar.
2. Disajikan sebuah pernyataan, peserta didikdapat melengkapi pernyataan tersebut dengan benar..
3. Siswa dapat melengkapi pernyataan yang berhubungan dengan hak dan kewajiban.
4. Disajikan sebuah kasus, peserta didikdapat mengidentifikasi bentuk tanggung jawab dalam kasus tersebut.
5. Siswa mampu menguraikan bentuk hak sebagai warga masyarakat
B. Bentuk soal PPKN:
1. PG
2. Isian
3. Isian
4. Uraian
5. Uraian
C. Rumusan butir soal PPKN :
1. Pengertian hak yang benar berikut ini ialah….
a. melaksanbakalsegala tugas dengan baik
b. segala sesuatu yang menjadi tanggung jawab
c. sesuatu yang menjadi milik seseorang sejak lahir
d. mengerjbakalpekerjaan rumah dengan tepat waktu
2.Mematuhi tata tertib sekolah merupbakal…seluruh warga sekolah.
3. Pelaksanaan hak dan kewajiban secara bertanggung jawab bakalmenciptbakalkehidupan masyarakat yang . . . .
4. Udara panas begitu terik, membuat beberapa pohon yang ada di desa Lokasari hangus terbakar. Dalam konsisi seperti itu, ternyata Pak Susila malah membakar kebun untuk membuka lahan baru. Menurut kalian apakah bentuk tanggung jawab yang dilakukan Pak Susila untuk menjaga kebersihan udara.
5. Tuliskan 3 contoh bentuk hak sebagai warga masyarakat !
A. Indikator soal Bahasa Indonesia
1. Disajikan sebuah paragraf, peserta didikmampu mengidentifikasi kata tanya yang tepat untuk menemukan informasi dari paragraf tersebut.
2. Disajikan sebuah pernyataan, peserta didikdapat menentukan kalimat tanya yang tepat.
3. Siswa mampu mengidentifikasi makna kata tanya dari sebuah kalimat tanya?
4. Disajikan teks bacaan, peserta didikmampu mengklasifikasi informasi berdasarkan kata tanya kapan.
5. Disajikan teks bacaan, peserta didikmampu mengklasifikasi informasi berdasarkan kata tanya bagaimana.
B. Bentuk soal Bahasa Indonesia:
1. PG
2. Isian
3. Isian
4. Uraian
5. Uraian
C. Rumusan butir soal Bahasa Indonesia
1. Bacalah paragraf berikut dengan seksama.
Sebelum melakukan kerja bakti, seminggu sebelumnya warga bermusyawarah untuk mencari pemecahan dari masalah sampah. Selain menggunung dan berbau busuk, kadang-kadang tempat sampah itu terlihat berantbakalkarena ada beberapa orang yang berusaha mencari botol-botol bekas untuk didaur ulang. Akibatnya, pemandangan dan udara di lingkungan sekitar tempat sampah jadi kotor dan bau.
Kalimat tanya yang tepat untuk informasi yang terdapat pada paragraf diatas ialah….
a. Siapa yang memimpin musyawarah warga?
b. Bagaimana masyarakat mengatasi masalah sampah?
c. Mengapa warga terganggu dengan sampah di desanya?
d. Dimana warga melaksanbakalkegiatan musyawarah?
2. Kebersihan udara merupbakaltanggung jawab seluruh warga.
Kalimat tanya yang tepat untuk jawaban diatas ialah…
3. Bagaimana situasi daerah yang mengalami kabut asap?
Katanya yang digunbakalpada kalimat tanya tersebut memiliki makna ….
Bacalah teks bacaan berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 4-5
Muda-mudi ST Umadesa melaksanbakalmusyawarah untuk membahas kegiatan kerja bakti yang bakaldilaksanbakalpada hari Minggu dua hari lagi. Musyawarah tersebut dipimpin oleh ketua muda-mudi. Musyawarah berjalan dengan aman dan lancar, sebab seluruh peserta mengetahui tanggung jawab mereka masing-masing.
Proses musyawarah didahului dengan pembukaan oleh sekretaris. Selanjutnya menyerahkan kepada ketua untuk memimpin musyawarah. Seluruh peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan pandapat. Setelah berlangsung beberapa jam, akhirnya musyawarah pun memperoleh keputusan yang menjadi mufakat dalam kegiatan tersebut.
4. Kapan ST Umadesa melaksanbakalmusyawarah pembahasan sampah?
5. Bagaimana muda-mudi melaksanbakalmusyawarah agar berjalan dengan aman dan lancar?
A. Indikator Soal IPA
1. Siswa mampu mengidentifikasi perubahan wujud benda yang bersifat sementara.
2. Siswa mampu mengidentifikasi penyebab penyakit TBC
3. Siswa mampu mengidentifika si jenis gangguan pernapasan dari gejalanya.
4. Siswa mampu mengidentifikasi penyakit sistem pernapasan berdasarkan gejalanya.
5. Siswa mampu menguraikan gejala berat penyakit asama
B. Butir soal IPA
1. PG
2. Isian
3. Isian
4. Uraian
5. Uraian
C. Rumusan butir soal IPA
1. Asma merupbakalpenyakit penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan oleh …
a. bakteri
b. virus
c. cedera
d. alergi
2. Penyakit TBC yang menyerang sistem pernapasan disebabkan oleh ….
3. Penyakit saluran pernapasan pembengkbakalpada paru-paru disebabkan karena pembuluh darah pada paru-paru kemasukan udara disebut ….
4. Bagaimanakah gejala dari penyakit influensa?
5. Tuliskan 3 gelaja yang dialami penderita sakit asma dengan gejala berat!
A. Indikator Soal IPS
1. Disajikan tabel, peserta didikmampu mengidentifika si ciri usaha perorangan.
2. Siswa mampu mengidentifikasi usaha berkelompok berdasarkan cirinya.
3. Siswa mampu mengidentifikasi Bapak Koperasi Indonesia
4. Siswa mampu mengidentifikasi pengertian saham dalam sebuah perseroan terbatas?
5. Siswa mampu mengidentifikasi perbedaan bentuk-bentuk koperasi
B. Butir soal IPS
1. PG
2. Isian
3. Isian
4. Uraian
5. Uraian
C. Rumusan Butir soal IPS
1. Perhatikan tabel dibawah ini !
No Ciri-ciri
1 Modalnya terbatas
2 Modalnya besar
3 Dibidang insdustri vital
4 Dibidang agraris dan perdagangan
Ciri usaha ekonomi yang dikelola secara berkelompok ditunjukan pada nomor …
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 4 dan 1
2. Usaha ekonomi bersama yang didirikan oleh sekurangnya dua sekutu dan pendirinya sudah saling kenal satu dengan yang lain disebut usaha ekonomi ….
3. Salah seorang tokoh pendiri perkoperasian di Indonesia dan menjadi Bapak Koperasi Indonesia ialah….
4. Apakah yang dimaksud dengan saham dalam sebuah perseroan terbatas?
5 . Apakah perbedaan koperasi konsumsi dengan koperasi simpan pinjam?
A. Indikator Soal SBDP
1. Siswa mampu mengidentifikasi properti yang digunbakaldalam sebuah tarian.
2. Siswa mampu mengidentifikasi properti tari tarian daerah.
3. Siswa mampu menjelaskan pengertian properti tari
4. Siswa mampu menjelaskan salah satu tarian tradisional lengkap dengan propertinya.
5. Siswa mampu menyebutkan persiapan yang harus dilakukan sebelum melaksanbakalperagaan karya tari
B. Butir soal SBdP
1. PG
2. Isian
3. Isian
4. Uraian
5. Uraian
C. Rumusan Butir Soal SBDP
1. Berikut ini yang bukan merupakan properti tari ialah….
a. selendang
b. piring
c. tas
d. tombak
2. Tari Reog menggunbakalproperti berupa ….
3. Properti tari ialah….
4. Sebutkan sebuah tarian lengkap dengan asal dan properti yang digunakannya !
5. Uraibakalpersiapan yang harus dilakukan sebelum melaksanbakalperagaan/pementasan sebuah karya tari !
Demikian informasi terkait kisi-kisi soal ulangan harian tema 2 subtema 2 kelas 5 yang dapat admin sajikan. Semoga kisi-kisi soal ulangan harian ini bisa bermanfaat bagi para pendidik khususnya pendidikkelas 5.
Apa yang kami sajikan disini masih jauh dari katagori sempurna. Tentunya masukan dan saran dari pembaca sangat kami butuhkan.
Selamat bekerja, Wasalam.
Penting untuk dilaksanbakaloleh para pendidiksebelum melaksanbakalulangan harian, yaitu merumuskan ksisi-kisi soal terlebih dahulu. Kisi-kisi soal ini disusun untuk memudahkan pendidikdi dalam membuat soal ulangan harian.
Kisi-kisi soal ulangan harian juga bakalmembuat pendidiklebih terinci dalam membuat soal. Sehingga tidak ada soal yang tumpang tindih dalam mengukur sebuah indikator.
Nah, untuk memudahkan sahabat pendidik dalam membuat kisi-kisi soal, pada kesempatan kali ini admin bakalmenyajikannya. Kisi-kisi soal yang kami sajikan disini tentu masih belum terlalu sempurna. Namun kompetensi dasar (KD) yang admin sajikan sudah sesuai dengan KD termuat dalam kurikulum.
Muatan pelajaran yang termuat pada tema 2 subtema 2 terdiri dari muatan PPKN, Bahasa Indonesia, IPA IPS dan SBDP. Langsung saja berikut ini kisi-kisi soalnya.
Muatan PPKN
Kompetensi Dasar : 3.2 Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari
A. Indikator Soal PPKN
1.Siswa mampu menentukan pengertian hak dengan benar.
2. Disajikan sebuah pernyataan, peserta didikdapat melengkapi pernyataan tersebut dengan benar..
3. Siswa dapat melengkapi pernyataan yang berhubungan dengan hak dan kewajiban.
4. Disajikan sebuah kasus, peserta didikdapat mengidentifikasi bentuk tanggung jawab dalam kasus tersebut.
5. Siswa mampu menguraikan bentuk hak sebagai warga masyarakat
B. Bentuk soal PPKN:
1. PG
2. Isian
3. Isian
4. Uraian
5. Uraian
C. Rumusan butir soal PPKN :
1. Pengertian hak yang benar berikut ini ialah….
a. melaksanbakalsegala tugas dengan baik
b. segala sesuatu yang menjadi tanggung jawab
c. sesuatu yang menjadi milik seseorang sejak lahir
d. mengerjbakalpekerjaan rumah dengan tepat waktu
2.Mematuhi tata tertib sekolah merupbakal…seluruh warga sekolah.
3. Pelaksanaan hak dan kewajiban secara bertanggung jawab bakalmenciptbakalkehidupan masyarakat yang . . . .
4. Udara panas begitu terik, membuat beberapa pohon yang ada di desa Lokasari hangus terbakar. Dalam konsisi seperti itu, ternyata Pak Susila malah membakar kebun untuk membuka lahan baru. Menurut kalian apakah bentuk tanggung jawab yang dilakukan Pak Susila untuk menjaga kebersihan udara.
5. Tuliskan 3 contoh bentuk hak sebagai warga masyarakat !
Muatan Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar : 3.2 Mengklasifi kasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimanaA. Indikator soal Bahasa Indonesia
1. Disajikan sebuah paragraf, peserta didikmampu mengidentifikasi kata tanya yang tepat untuk menemukan informasi dari paragraf tersebut.
2. Disajikan sebuah pernyataan, peserta didikdapat menentukan kalimat tanya yang tepat.
3. Siswa mampu mengidentifikasi makna kata tanya dari sebuah kalimat tanya?
4. Disajikan teks bacaan, peserta didikmampu mengklasifikasi informasi berdasarkan kata tanya kapan.
5. Disajikan teks bacaan, peserta didikmampu mengklasifikasi informasi berdasarkan kata tanya bagaimana.
B. Bentuk soal Bahasa Indonesia:
1. PG
2. Isian
3. Isian
4. Uraian
5. Uraian
C. Rumusan butir soal Bahasa Indonesia
1. Bacalah paragraf berikut dengan seksama.
Sebelum melakukan kerja bakti, seminggu sebelumnya warga bermusyawarah untuk mencari pemecahan dari masalah sampah. Selain menggunung dan berbau busuk, kadang-kadang tempat sampah itu terlihat berantbakalkarena ada beberapa orang yang berusaha mencari botol-botol bekas untuk didaur ulang. Akibatnya, pemandangan dan udara di lingkungan sekitar tempat sampah jadi kotor dan bau.
Kalimat tanya yang tepat untuk informasi yang terdapat pada paragraf diatas ialah….
a. Siapa yang memimpin musyawarah warga?
b. Bagaimana masyarakat mengatasi masalah sampah?
c. Mengapa warga terganggu dengan sampah di desanya?
d. Dimana warga melaksanbakalkegiatan musyawarah?
2. Kebersihan udara merupbakaltanggung jawab seluruh warga.
Kalimat tanya yang tepat untuk jawaban diatas ialah…
3. Bagaimana situasi daerah yang mengalami kabut asap?
Katanya yang digunbakalpada kalimat tanya tersebut memiliki makna ….
Bacalah teks bacaan berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 4-5
Muda-mudi ST Umadesa melaksanbakalmusyawarah untuk membahas kegiatan kerja bakti yang bakaldilaksanbakalpada hari Minggu dua hari lagi. Musyawarah tersebut dipimpin oleh ketua muda-mudi. Musyawarah berjalan dengan aman dan lancar, sebab seluruh peserta mengetahui tanggung jawab mereka masing-masing.
Proses musyawarah didahului dengan pembukaan oleh sekretaris. Selanjutnya menyerahkan kepada ketua untuk memimpin musyawarah. Seluruh peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan pandapat. Setelah berlangsung beberapa jam, akhirnya musyawarah pun memperoleh keputusan yang menjadi mufakat dalam kegiatan tersebut.
4. Kapan ST Umadesa melaksanbakalmusyawarah pembahasan sampah?
5. Bagaimana muda-mudi melaksanbakalmusyawarah agar berjalan dengan aman dan lancar?
Muatan IPA
Kompetensi Dasar : 3.2 Menjelaskan organ pernafasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusiaA. Indikator Soal IPA
1. Siswa mampu mengidentifikasi perubahan wujud benda yang bersifat sementara.
2. Siswa mampu mengidentifikasi penyebab penyakit TBC
3. Siswa mampu mengidentifika si jenis gangguan pernapasan dari gejalanya.
4. Siswa mampu mengidentifikasi penyakit sistem pernapasan berdasarkan gejalanya.
5. Siswa mampu menguraikan gejala berat penyakit asama
B. Butir soal IPA
1. PG
2. Isian
3. Isian
4. Uraian
5. Uraian
C. Rumusan butir soal IPA
1. Asma merupbakalpenyakit penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan oleh …
a. bakteri
b. virus
c. cedera
d. alergi
2. Penyakit TBC yang menyerang sistem pernapasan disebabkan oleh ….
3. Penyakit saluran pernapasan pembengkbakalpada paru-paru disebabkan karena pembuluh darah pada paru-paru kemasukan udara disebut ….
4. Bagaimanakah gejala dari penyakit influensa?
5. Tuliskan 3 gelaja yang dialami penderita sakit asma dengan gejala berat!
Muatan IPS
Kompetensi Dasar : 3.3 Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterbakalkehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa.A. Indikator Soal IPS
1. Disajikan tabel, peserta didikmampu mengidentifika si ciri usaha perorangan.
2. Siswa mampu mengidentifikasi usaha berkelompok berdasarkan cirinya.
3. Siswa mampu mengidentifikasi Bapak Koperasi Indonesia
4. Siswa mampu mengidentifikasi pengertian saham dalam sebuah perseroan terbatas?
5. Siswa mampu mengidentifikasi perbedaan bentuk-bentuk koperasi
B. Butir soal IPS
1. PG
2. Isian
3. Isian
4. Uraian
5. Uraian
C. Rumusan Butir soal IPS
1. Perhatikan tabel dibawah ini !
No Ciri-ciri
1 Modalnya terbatas
2 Modalnya besar
3 Dibidang insdustri vital
4 Dibidang agraris dan perdagangan
Ciri usaha ekonomi yang dikelola secara berkelompok ditunjukan pada nomor …
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 4 dan 1
2. Usaha ekonomi bersama yang didirikan oleh sekurangnya dua sekutu dan pendirinya sudah saling kenal satu dengan yang lain disebut usaha ekonomi ….
3. Salah seorang tokoh pendiri perkoperasian di Indonesia dan menjadi Bapak Koperasi Indonesia ialah….
4. Apakah yang dimaksud dengan saham dalam sebuah perseroan terbatas?
5 . Apakah perbedaan koperasi konsumsi dengan koperasi simpan pinjam?
MUATAN SBDP
Kompetensi Dasar : 3.3 memahami pola lantai dalam tari kreasi daerahA. Indikator Soal SBDP
1. Siswa mampu mengidentifikasi properti yang digunbakaldalam sebuah tarian.
2. Siswa mampu mengidentifikasi properti tari tarian daerah.
3. Siswa mampu menjelaskan pengertian properti tari
4. Siswa mampu menjelaskan salah satu tarian tradisional lengkap dengan propertinya.
5. Siswa mampu menyebutkan persiapan yang harus dilakukan sebelum melaksanbakalperagaan karya tari
B. Butir soal SBdP
1. PG
2. Isian
3. Isian
4. Uraian
5. Uraian
C. Rumusan Butir Soal SBDP
1. Berikut ini yang bukan merupakan properti tari ialah….
a. selendang
b. piring
c. tas
d. tombak
2. Tari Reog menggunbakalproperti berupa ….
3. Properti tari ialah….
4. Sebutkan sebuah tarian lengkap dengan asal dan properti yang digunakannya !
5. Uraibakalpersiapan yang harus dilakukan sebelum melaksanbakalperagaan/pementasan sebuah karya tari !
Demikian informasi terkait kisi-kisi soal ulangan harian tema 2 subtema 2 kelas 5 yang dapat admin sajikan. Semoga kisi-kisi soal ulangan harian ini bisa bermanfaat bagi para pendidik khususnya pendidikkelas 5.
Apa yang kami sajikan disini masih jauh dari katagori sempurna. Tentunya masukan dan saran dari pembaca sangat kami butuhkan.
Selamat bekerja, Wasalam.
Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Kisi-kisi Dan Soal Ulangan Harian Tema 2 Subtema 2 Kelas 5 Kurikulum 2013"
Posting Komentar