Belajar di Rumah : Soal Penilaian Harian Tema 5 Subtema 3 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013

SelAmat berjumpa kembali dan berkunjung di blog pendidikan sekolah dasar, riyanpedia.com.Kali ini kami bakalmengetengahkan sebuah informasi terkait dengan pelaksanaan penilaian harian di kelas 5.

Penilaian harian atau ulangan harian pada pembelajaran Kurikulum 2013 merupbakalsebuah kegiatan yang bakalan rutin dilaksanbakaloleh guru. Penilaian harian ini dilakukan setiap akhir SUBTEMA.

Seperti yang kita ketahui bersama, pembelajaran tematik pada K13 Kurikulum 2013berlaku untuk semua jenjang kelas, jadi tanpa terkecuali untuk kelas tinggi yaitu dari kelas 4-6. Pembelajaran tematik memadukan beberapa muatan pembelajaran dalam setiap pelaksanaannya.


Sehingga dalam penilaiannya  juga mengukur sejumlah kompetensi dasar dari muatan mata pelajaran. Soal penilaian harian bisa dibuat dalam bentuk soal pilihan ganda, uraian maupun menggabungkan bentuk soal pilihan ganda dan uraian.

Soal penilaian biasanya dibuat secara mandiri oleh pendidikkelas dengan merumuskannya dalam bentuk kisi-kisi soal terlebih dahulu.

Pembelajaran semester 1 di kelas 5 di akhir dengan tema 5. Nah, pada kesempatan kali ini, admin bakalmembagikan soal penilaian harian untuk kelas 5 pada tema 5 subtema 3.

Oke langsung saja berikut ini soal penilaian harian untuk tema 5 subtema 3 kelas 5 yang bisa anda copy sekaligus dijadikan perbendaharaan soal.
SelAmat berjumpa kembali dan berkunjung di blog pendidikan sekolah dasar Belajar di Rumah :  Soal Penilaian Harian Tema 5 Subtema 3 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013


Pilihan Ganda

A. Berilah tanda silang pada huruf a,b,c atau d sebagai jawaban yang dianggap paling benar.

1. Pesan yang terkandung dari peristiwa sumpah pemuda ialah. . .
a. Pentingnya persatuan dan kesatuan
b. Pentingnya bahasa
c. Pentingnya pemuda indonesia
d. Pentingnya putra indonesia

2. Berikut ini contoh gotong royong di lingkungan keluarga ialah. . .
a. Mengerjbakalulangan bersama-sama
b. Mengerjbakaltugas piket
c. Nonton tv sambil makan
d. Membantu pekerjan ibu

3. Yang Termasuk tanggung jawab sebagai warga sekolah adalah.....
a. Memilih rekanbermain
b. Beribadah menurut agama dan kepercayaan
c. Belajar dengan giat
d. Gotong Royong bersama RT

4. Contoh Kegiatan Yang dapat mengganggu Keamanan dan ketertiban di masyarakat....
a. Kerja bakti membersihkan lingkungan
b. Ronda di pos kamling
c. Tawuran antar pemuda
d. Membantu warga yang kesusahan

5. Manfaat adanya sikap persatuan dan kesatuan adalah........
a. Terjadinya perpecahan
b. Terciptanya keamanan dan ketertiban
c. Tidak saling menghargai
d. Terjadinya kerusuhan

        Rantai makanan sebagai bagian jaring-jaring makanan pada sebuah ekosistem tidak bakalterputus selama semua bagian dari rantai tersebut tetap berperan. Rantai makanan di sawah bakalterus terbentuk selama makhluk hidup penyusunnya ada. Jika salah satu dari penyusun rantai makanan
tersebut tidak ada, karena berbagai faktor, penyusun rantai makanan lain bakalterganggu. Jika tidak ada padi, tikus sawah bakalkelaparan, ular sawah pun demikian, sehingga burung elang pun kesulitan mendapatkan makanan. Rantai makanan itu bakalterganggu dan merugikan apabila ular sawah yang
seharusnya memangsa tikus sawah ternyata memangsa hewan lain, misal anak ayam yang dipelihara manusia.

6. Pokok pikiran utama pada paragraf diatas adalah.....
a. Rantai Makanan
b. Mahluk Hidup
c. Sawah
d. Ekosistem

7. Hubungan lebah dan bunga merupbakalcontoh simbiosis mutualisme. Pada hubungan tersebut, baik lebah maupun bunga, sama-sama memperoleh keuntungan. Bunga menghasilkan madu yang merupbakalmakanan lebah. Lebah membantu proses penyerbukan pada tumbuhan. Pada saat lebah mengisap madu, kaki-kakinya menyentuh serbuk sari. Serbuk sari yang menempel pada kaki lebah bakalterbawa oleh lebah yang masih berkelana dari satu bunga ke bunga yang lain. Saat kaki lebah yang ditempeli oleh serbuk sari tersebut menempel pada putik bunga lain, terjadilah penyerbukan yang kelak bakalterjadi proses pembuahan.

Bacaan di atas merupbakalteks nonfiksi tentang . . .
a. Bunga
b. Lebah
c. Simbiosis mutualisme
d. Madu

8. Kalimat utama pada paragraf diatas adalah....
a. Bunga Menghasilkan madu yang merupbakalmakanan lebah
b. Hubungan lebah dan Bunga merupbakalcontoh simbiosis mutualisme
c. Lebah dan bunga sama mempeoleh keuntungan
d. Lebah dan bunga

9. Sebagai Predator, buaya, elang dan harimau menduduki rantai puncak dalam setiap ekosistem.
Arti kata Predator pada kalimat di atas ialah. . .
a. Pemangsa
b. Mangsa
c. Hewan
d. ekosistem

10. Secara geografis, Indonesia diapit dua samudra dan juga dua benua. Di sebelah barat laut, Indonesia berbatasan dengan Benua Asia. Di sebelah tenggara, Indonesia berbatasan dengan Benua Australia. Di sebelah barat daya, wilayah Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia dan di sebelah timur laut berbatasan dengan Samudra Pasifik. Batas-batas geografis ini memberi
sejumlah pengaruh bagi Indonesia sebagai sebuah negara dengan kebudayaan yang beragam.

Pikiran Utama pada paragraf diatas adalah......
a. Letak Geografis Indonesia
b. Samudra
c. Benua
d. Asia

11. Mahluk hidup yang membakalmakanan tanpa bisa membuat sendiri disebut....
a. Produsen
b. Konsumen
c. Ekosistem
d. Rantai Makanan

12. Kumpulan dari rantai makaanan didalam sebuah Ekosistem disebut......
a. Habitat
b. Predator
c. Jaring-jaring makanan
d. Ekosistem

13. Konsumen yang berburu makanan disebut....
a. Predator
b. Mangsa
c. Hewan
d. Produsen

14. Yang bukan menyebabkan perubahan ekosistem secara tiba-tiba adalah......
 a. Pemanasan Global
 b. Kebakaran Hutan
 c. Reproduksi
 d. Pencemaran Lingkungan

15. Hewan pembakaltumbuhan dinamakan.....
a. Herbivora
b. Karnivora
c. Omnivora
d. Predator

16. Disebelah barat daya Indonesia berbatasan dengan...
a. Benua australia
b. Samudra Hindia
c. Samudra Pasifik
d. Benua Asia

17. Mengapa letak geografis Indonesia sangat Menguntungkan.....
a. Karena terletak di Benua Asia
b. Karena berada diantara dua Samudra
c. Karena Indonesia wilayah Agraris
d. Karena Indonesia berada ditengah-tengah jalur perdagangan Dunia

18. Sebagian besar penduduk Indonesia bermata pencaharian sebagai petani, sehingga Indonesia disebut sebagai .....
a. Negara maritim
b. Lambung padi asia
c. Negara agraris
d. Negara pancasila

19. Kenampbakalalam yang sangat cocok untuk usaha perkebunan teh  ialah....
a. Lembah
b. Dataran rendah
c. Pesisir pantai
d. Dataran tinggi

20. Cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya dengan mengutambakalpesatuan dan kesatuan dinamakan......
a. Gotong royong
b. Kebersamaan
c. Interaksi
d. Wawasan Nusantara

21.Properti yang digunbakalpada tari topeng ialah. . .
a.Piring
b.Tanggai
c. Keris
d. Topeng

22. Tari Jaipong ialahtari yang berasal dari daerah.....
a. Jawa Timur
b. Jawa Tengah
c. Jawa Barat
d. Yogyakarta

23. Alat dan barang tambahan yang digunbakaldalam pementasan tari disebut......
a. Properti tari
b. Pola lantai tari
c. Gerak Tari
d. Alat Tari

24. Warna pada topeng bertujuan untuk menggambarkan...
a. Bahannya
b. Keindahannya
c. Karakternya
d. Harganya

25. Bersifat sedih, mempunyai tempo lambat dan biasanya diawali dengan nada la. itu merupbakalciri tangga nada.....
a. Diatonis Mayor
b. Diatonis Minor
c. Pentatonis
d. Slendro

Demikian RekanPendidik soal  penilaian harian untuk subtema 3 tema 5 kelas 5 SD/MI. 

Soal penilaian tersebut tentunya masih jauh dari kategori sempurna. Untuk itu, sangat dibutuhkan kebijbakalpara pembaca untuk menggunbakalsoal-soal ini sebagai penilaian harian yang bakalanda lasanbakaldi kelas yang anda ampu.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk berkunjung di blog Riyanpedia.com

Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Soal Penilaian Harian Tema 5 Subtema 3 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013"