Belajar di Rumah : Ulangan Harian
Kelas X Semester 1
ULANGAN HARIAN KE - 1
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : X / 1
Waktu : 45 menit
ü Jawablah pertanyaan berikut di bawah ini dengan memilih jawaban di sebelah kanan !
A. MEMILIH !
1. Hak Asasi Manusia ialahhak-hak yang diberikan langsung oleh Tuhan Yang Maha Pencipta sebagai hak kodrati ialahpengertian HAM menurut ......
2. Hak Asasi Manusia diatur dalam undang – undang .....
3. Sikap pembatasan yang ketat oleh pemegang kekuasaan terhadap sipil dan hak politik warga negara disebut ......
4. Pengadilan Hak Asasi Manusia diatur dalam undang-undang .....
5. Hak Asasi Manusia merupbakalkebutuhan dasar manusia yang harus .....
6. Marsinah (1993) dan Munir (2004) ialahcontoh .....
7. Sikap atau perbuatan yang mengurangi, menghalangi, membatasi, mengganggu dan mencabut hak asasi setiap orang disebut .....
8. UU No 23 Tahun 2002 mengatur tentang .....
9. Lembaga yang berwenang memeriksa dan memutus perkara pelanggaran HAM berat ialah.....
10. Sikap atau perbuatan yang dilakukan dengan maksud mengahncurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa, ras, etnis atau agama disebut .....
11. “Menekankan pada hak untuk merdeka, hak kebebasan untuk berserikat dan menyampaikan pendapat ...” ialahupaya pemajuan dan penegbakalHAM pada .....
12. Hak Asasi Manusia di dalam UUD Negara RI Tahun 1945 diatur dalam .....
13. “Perlindungan, pemajuan, penegbakaldan pemenuhan hak asasi manusia ialahtanggung jawab negara terutama pemerintah” ialahbunyi dalam UUD Negar RI Tahun 1945, pasal .....
14. Contoh kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia yang terjadi pada tahun 1984 dan 1998 ialah.....
15. Contoh sikap yang patut kita munculkan dalam upaya penegbakalHAM ialah.....
Pilihan Jawaban
(untuk soal no 1 s.d 15) :
· Hak Asasi Manusia
· Pelanggaran HAM
· Pasal 28A – 28J
· Periode 1945 - 1950
· John Locke
· Menolak dengan tegas setiap terjadinya pelanggaran HAM
· Restriktif
· Perlindungan Anak
· Pasal 28I ayat (4)
· UU No 39 Tahun 1999
· Prof Mr Koentjoro P
· Kasus Pelanggaran HAM
· Periode 1959 – 1966
· UU no 26 Tahun 2000
· Pengadilan HAM
· Kasus Tanjung Priok dan Tragedi Semanggi
· UU No 9 Tahun 1998
· Genocida
· Diperjuangkan, dihormati dan dilindungi
B. ESSAY !
16. Jelaskan pengertian HAM menurut UU No 39 Tahun 1999 !
17. Mengapa setiap orang perlu menghormati dan menghargai hak asasi orang lain ?
18. Apakah hambatan-hambatan yang dirasbakaldalam upaya penegbakalHAM ?
ULANGAN HARIAN KE - 1
Kelas XI Semester 2
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : XI / 2
Kompetensi Keahlian : AK, AP, TKR dan UPW
Waktu : 45 menit
ü Jawablah pertanyaan berikut di bawah ini dengan memilih jawaban di sebelah kanan !
A. MEMILIH !
1. Seperangkat hak yang melekat dalam diri manusia dalam kedudukannya sebagai anggota dari sebuah negara .....
2. Segala sesuatu yang harus dilaksanbakaldengan penuh tanggungjawab sebagai anggota dari sebuah negara .....
3. Hak dasar yang dianugerahkan Tuhan YME kepada manusia sejak lahir .....
4. Sikap, tekad, tindbakalwarga negara yang teratur, terpadu, menyeluruh dan berkelanjutan, yang dilandasi oleh kecintaan seseorang pada tanah air dan memiliki kesadaran hidup berbangsa dan bernegara disebut ......
5. Hak-hak yang dijamin di dalam dan oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ialah....
6. Hak dan kewajiban memiliki hubungan sebab akibat, artinya seseorang mendapatkan haknya, dikarenbakaldipenuhinya kewajiban. Hubungan ini dinamakan hubungan .....
7. Kewajiban membayar pajak diatur dalam UUD Negara RI Tahun 1945 pasal ....
8. Pasal 27 ayat (3) UUD Negara RI Tahun 1945 mengatur tentang hak dan kewajiban .....
9. “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara”, ialahbunyi UUD Negara RI Tahun 1945, pasal .....
10. Contoh kewajiban warga negara ......
11. Contoh bentuk pelanggaran hak warga negara .....
12. Contoh bentuk pengingkaran kewajiban warga negara .....
B. ESSAY !
13. Mengapa terjadi pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara ?
14. Bagaimanakah cara kalian untuk menghindari melakukan pelanggaran terhadap hak orang lain dan pengingkaran terhadap kewajiban ?
15. Berikan contoh kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara ! masing-masing 4 (empat) contoh !
Pilihan Jawaban
(untuk soal no 1 s.d 12) :
· Hak Asasi Manusia
· Hak Konstitusional
· Angka putus sekolah yang cukup tinggi
· Pasal 30 ayat (1)
· Kewajiban Warga Negara
· Membela negara
· Hak Warga Negara
· Pasal 23 A
· Pertahanan dan keamanan
· Memperoleh pendidikan
· Kausalitas
· Pasal 27 ayat (3)
· Membayar pajak
· Hak dan kewajiban warga negara
· Melanggar aturan berlalulintas
· Serasi, Selaras, Seimbang
ULANGAN HARIAN KE - 2
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : XI / 2
Kompetensi Keahlian : AK, AP, TKR dan UPW
Waktu : 45 menit
ü Jawablah pertanyaan berikut di bawah ini dengan memilih jawaban di sebelah kanan !
A. MEMILIH !
1. Segala sesuatu yang membahaybakalkedaulatan nasional, kepribadian bangsa, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa dan negara disebut .....
2. Contoh ancaman militer ialah.....
3. Contoh ancaman non milter ialah....
4. Yang merupbakalkomponen cadangan dalam sistem pertahanan dan keamananan ialah.....
5. Adanya free fight liberalism, etatisme dan monopoli ialahcontoh bentuk ancaman non milter dalam bidang .....
6. Proses mempersatukan perbedaan-perbedaan yang ada pada suatu negara sehingga tercipta keserasian dan keselarasan secara nasional disebut ....
7. Yang termasuk komponen utama dalam sistem pertahanan dan keamanan negara adalah .....
8. Maraknya peredaran NARKOBA, Korupsi Kolusi dan Nepotisme ialahcontoh ancaman non militer dalam bidang .....
9. Pelanggaran wilayah oleh negara lain, pemberontbakaldan separatis bersenjata ialahcontoh ancaman .....
10. Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya ......
11. Sistem pertahanan yang melibatkan seluruh rakyat dalam menjaga bangsa dan negara ialah.....
12. ‘Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara’ ialahbunyi dalam UUD Negara RI Tahun 1945 pasal .....
B. ESSAY !
13. Jelaskan posisi silang negara Indonesia baik dari aspek kewilayahan maupun aspek kehidupan sosial !
14. Mengapa posisi silang negara Indonesia bukan hanya merupbakalpotensi yang harus disyukuri, tetapi juga merupakan tantangan sekaligus ancaman bagi integrasi nasional ?
15. Berikan masing-masing 3 (tiga) contoh ancaman Militer dan ancaman Non Militer !
Pilihan Jawaban
(untuk soal no 1 s.d 12) :
· Integrasi Nasional
· Ekonomi
· Pasal 30 ayat (1)
· Sishankamrata
· Pasal 27 ayat (3)
· Ancaman
· Agresi, invansi, sabotase, spionase
· Sosial Budaya
· Intimidasi, provokasi, blokade politik
· TNI dan POLRI
· Linmas
· SDM, SDA dan Sumber Daya Buatan
· Militer
· Pembelaan negara
ULANGAN HARIAN KE - 3
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : XI / 2
Kompetensi Keahlian : AK, AP, TKR dan UPW
Waktu : 45 menit
A. PILIHAN GANDA !
1. Secara etimologi ‘geopolitik’ berasal dari bahasa yunani, yaitu geo, polis dan teia. Kata ‘teia’ berarti ....
a. bumi yang menjadi wilayah hidup
b. negara atau kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri
c. pemerintahan yang berdaulat dan bermartabat
d. urusan (politik) atau kepentingan umum warga negara suatu bangsa
e. wilayah negara yang terdiri dari darat, laut dan udara
2. Ilmu penyelenggaraan negara yang setiap kebijakannya dikaitkan dengan masalah-masalah geografi wilayah atau tempat tinggal suatu bangsa ialah......
a. Geografi b. Geopolitik c. Geologi
d. Geostrategi e. Geofisika
3. Teori ‘Lebensraum’, yang menyatakan bahwa suatu negara harus berupaya memperluas wilayahnya sebagai ruang hidup untuk kesejahteraan dan keamanan warga negaranya ialahteori menurut.....
a. Frederich Ratzel b. Rudolf Kjellen c. Karl Haushofer
d. Halford Mackinder e. Alfred Thayer Mahan
4. Yang bukan konsep geopolitik Indonesia ialah....
a. ancaman terhadap suatu wilayah pada hakekatnya ancaman bagi seluruh wilayah Indonesia
b. kekayaan wilayah negara Indonesia ialahmodal dan milik bersama bangasa
c. Pancasila ialahsatu-satunya falsafah ideologi negara
d. masyarakat dan budaya Indonesia pada dasarnya ialahsatu
e. negara harus memperluas wilayahnya dengan melakukan invansi terhadap negara lain
5. Cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya dengan mengutambakalpersatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara disebut ....
a. Wawasan Kebangsaan b. Wawasan Wiyatamandala c. Wawasan Nusantara
d. Wawasan Politik Bangsa e. Wawasan Bhinneka Tunggal Ika
6. ‘Bangsa ialahsatu persatuan perangai yang timbul karena persatuan nasib’, ialahpendapat ....
a. Otto Bauer b. Ernest Renan c. Friederich Hertz
d. Alfred Thayer Mahan e. William Mitchel
7. Yang tidak termasuk perwujudan wawasan nusantara adalah ....
a. politik b. agama c. ekonomi
d. sosial budaya e. pertahanan dan keamanan
8. Yang tidak termasuk unsur-unsur yang melatarbelakangi munculnya rasa kebangsaan bangsa Indonesia ialah....
a. kehendak bersatu b. kesamaan nasib c. kesatuan wilayah
d. kesamaan cita-cita e. kesamaan agama
9. Yang tidak termasuk unsur-unsur aspirasi setiap bangsa menurut Friederich Hertz ialah....
a. keinginan untuk mencapai kesatuan nasional
b. keinginan untuk mencapai kemerdekaan dan kebebasan
c. keinginan dalam kemandirian, keunggulan, keaslaian atau kekahsan
d. keinginan untuk memperluas wilayah dengan jalan melakukan invansi terhadap negara lain
e. keinginan untuk unggul diantara bangsa-bangsa dalam menegejar kehormatan, prestise
10. Bahwa kekayaan wilayah nusantara baik potensial maupun efektif ialahmodal dan milik bersama bangsa, merupakan perwujudan wawasan nusantara sebagai satu kesatuan ....
a. politik b. ekonomi c. sosial budaya
d. hankam e. ideologi
11. Bahwa ancaman terhadap satu daerah pada hakikatnya merupbakalancaman bagi seluruh bangsa dan negara, merupakan perwujudan wawasan nusantara sebagai satu kesatuan ....
a. ideologi b. politik c. ekonomi
d. sosial budaya e. hankam
12. ‘Negara Kesatuan Republik Indonesia ialahsebuah negara kepulauan yang berciri Nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan undang-undang’, adalah bunyi UUD Negara RI Tahun 1945 .....
a. pasal 1 ayat (1) b. pasal 18B ayat (1) c. pasal 18B ayat (2)
d. pasal 25A e. pasal 37 ayat (5)
13. Yang tidak termasuk orang yang pertama kali memperkenalkan dan mengusulkan istilah ‘Indonesia’ bagi sebutan negara Hindia Belanda ialah....
a. Earl Richardison Logan b. Suwardi Suryaningrat c. Adolf Bastian
d. Ki Hajar Dewantara e. Muhammad Yamin
14. Yang tidak termasuk wujud kebanggaan terhadap bangsa dan negara ialah...
a. selalu menggunbakalproduk luar negeri
b. menggunbakalbahasa Indonesia dengan baik dan benar
c. mengunjungi tempat-tempat wisata yang bersejarah
d. tidak merusak hutan lindung dan benda-benda bersejarah
e. menjunjung tinggi nama baik bangsa dan negara
15. a
B. ESSAY !
16. Sebutkan 5 (lima) hal yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia ?
1
Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Ulangan Harian"
Posting Komentar