Belajar di Rumah : Model Pembelajaran PPKn SMK Kelas 10 Semester 1
1. JIG SAW (Team Ahli)
Materi : BAB I Nilai-Nilai Pancasila dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara
Kelas / Semester : X /1
1. Siswa di kelas dibagi 6 kelompok (5-6 orang)
2. Tiap tiap kelompok diberi tugas untuk menganalisis / menelaah lembaga-lembaga negara RI yang bakaldi presentasikan pada 2 lembar kertas dan diberi nama kelompok / kelas (40 menit), dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Kelompok 1 : Analisis tentang Kekuasaan Konstitutif
b. Kelompok 2 : Analisis tentang Kekuasaan Legislatif
c. Kelompok 3 : Analisis tentang Kekuasaan Eksekutif
d. Kelompok 4 : Analisis tentang Kekuasaan Yudikatif
e. Kelompok 5 : Analisis tentang Kekuasaan Eksaminatif / Inspektif
f. Kelompok 6 : Analisis tentang Kekuasaan Moneter
Dengan indiator sebagai berikut :
a. Kelompok 1 : Analisis tentang Kekuasaan Konstitutif
b. Kelompok 2 : Analisis tentang Kekuasaan Legislatif
c. Kelompok 3 : Analisis tentang Kekuasaan Eksekutif
d. Kelompok 4 : Analisis tentang Kekuasaan Yudikatif
e. Kelompok 5 : Analisis tentang Kekuasaan Eksaminatif / Inspektif
f. Kelompok 6 : Analisis tentang Kekuasaan Moneter
Dengan indiator sebagai berikut :
· Tugas dan wewenang lembaga negara menurut UUD NRI Tahun 1945.
· Hubungan kerja dengan lembaga negara lainnya.
· Permasalahan dihadapi lembaga negara tersebut.
· Solusi terkait dengan permasalahan yang dihadapi.
3. Team Ahli dari kelompok 1,2,3 mempresentasikan hasil telaahnya kepada kelompok 4,5,6. Misalnya Kelompok 1 presentasi kepada kelompok 4 – 5 – dan 6 secara berputar dst, sebagai sesi pertama (45 menit)
4. Kemudian Team Ahli dari 4,5,6 mempresentasikan hasil telaahnya kepada kelompok 1,2,3 secara berputar, pada pertemuan berikutnya (45 menit)
5. Hasil analisisnya diserahkan kepada Guru sebagai bahan untuk penilaian
2. CEPAT TEPAT PPKN (CCP)
Materi : BAB II Ketentuan UUD NRI 1945 dalam kehidupan Berbangsa dan
Bernegara
Kelas / Semester : X /1
1. Siswa di kelas dibagi 6 kelompok (5-6 orang)
2. Beberapa siswa ditunjuk untuk menjadi : Moderator, Pencatat skor dan Pencatat Waktu dan Bell secara demokratis
3. Tiap tiap kelompok diberi tugas untuk membuat 5 soal / pertanyaan dengan menelaah materi (30 menit), dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Kelompok 1 : Warga Negara dan Penduduk Indonesia
b. Kelompok 2 : Kemerdekaan Beragama
c. Kelompok 3 : Kerukunan Beragama
d. Kelompok 4 : Wilayah Negara Kesatuan RI
e. Kelompok 5 : Pertahanan dan Keamanan NRI
f. Kelompok 6 : Kesadaran Bela Negara
a. Kelompok 1 : Warga Negara dan Penduduk Indonesia
b. Kelompok 2 : Kemerdekaan Beragama
c. Kelompok 3 : Kerukunan Beragama
d. Kelompok 4 : Wilayah Negara Kesatuan RI
e. Kelompok 5 : Pertahanan dan Keamanan NRI
f. Kelompok 6 : Kesadaran Bela Negara
4. Tiap-tiap kelompok membuat 5 (soal) pertanyaan : (4 soal pertanyaan wajib dan 1 soal untuk rebutan) dalam kertas 1 lembar tentang materi yang sudah ditentukan
5. Kelompok 4,5,6 menunjuk 3 perwakilan untuk tampil ke depan sebagai peserta Cepat Tepat PPKn (CCP) sebagai Regu A, B dan C (25 menit)
6. Moderator membacbakalpertanyaan yang dibuat oleh kelompok 1,2,3 (4 soal pertanyaan wajib dan 1 soal untuk rebutan) yang dibantu oleh Pencatat Skor dan Pencatat Waktu dan Bell
7. Kelompok 1,2,3 (pembuat soal) mengamati dan menyimak jalannya Cepat Tepat .
8. Kemudian Kelompok 1,2,3 menunjuk 3 perwakilan untuk tampil ke depan sebagai peserta Cepat Tepat PPKn (CCP) sebagai Regu A, B dan C (25 menit)
9. Moderator membacbakalpertanyaan yang dibuat oleh kelompok 1,2,3 (4 soal pertanyaan wajib dan 1 soal untuk rebutan) yang dibantu oleh Pencatat Skor dan Pencatat Waktu dan Bell
10. Kelompok 4,5,6 (pembuat soal) menyimak dan mengamati jalannya Cepat Tepat
11. Lembar soal dan hasil Cepat Tepat diserahkan kepada Guru sebagai bahan penilaian
3. TEKA TEKI SILANG PPKN (TTSP)
Materi : BAB III Kewenangan Lembaga-Lembaga Negara menurut UUD 1945
Kelas / Semester : X /1
1. Siswa di kelas dibagi 6 kelompok (5-6 orang)
2. Tiap tiap kelompok diberi tugas untuk membuat TTS (Teka Teki Silang) melalui telaah materi (45 menit), dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Tiap-tiap kelompok membuat master TTS dalam bentuk jadi, 5 soal mendatar dan 5 soal menurun
b. Tiap-tiap kelompok membuat 10 pertanyaan, 5 soal mendatar dan 5 soal menurun
c. Tiap-tiap kelompok membuat blanko TTS untuk 5 mendatar dan 5 menurun dengan melihat master yang sudah dibuat
d. Contoh Master TTS :
a. Tiap-tiap kelompok membuat master TTS dalam bentuk jadi, 5 soal mendatar dan 5 soal menurun
b. Tiap-tiap kelompok membuat 10 pertanyaan, 5 soal mendatar dan 5 soal menurun
c. Tiap-tiap kelompok membuat blanko TTS untuk 5 mendatar dan 5 menurun dengan melihat master yang sudah dibuat
d. Contoh Master TTS :
L | E | G | I | S | L | A | T | I | F |
D | |||||||||
P | R | E | S | I | D | E | N | ||
O | P | ||||||||
L | R | ||||||||
O | |||||||||
G | |||||||||
I | N | I | S | I | A | T | I | F |
3. TTS yang sudah dibuat oleh kelompok diserahkan pada kelompok lainnya untuk dijawab (20 menit). Misalnya Kelompok 1 ke kelompok 2, Kelompok 2 ke kelompok 3 .... dst
4. TTS yang sudah selesai dijawab, diserahkan kembali kepada kelompok pembuat untuk diperiksa (10 menit) dengan skor maksimal tiap soal 10 = 100
5. Hasil pemeriksaan TTS diserahkan kepada Guru untuk penilaian
4. JIG SAW (Team Ahli)
Materi : BAB IV Hubungan Struktural dan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah
Kelas / Semester : X /1
1. Siswa di kelas dibagi 6 kelompok (5-6 orang)
2. Tiap tiap kelompok diberi tugas untuk merangkum / menghapal / menelaah materi yang bakaldi presentasikan (30 menit), dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Kelompok 1 : Makna Desentralisasi dan Otonomi Daerah
b. Kelompok 2 : Otonomi daerah dalam konteks NKRI
c. Kelompok 3 : Nilai, Dimensi dan Prinsip Otonomi Daerah di Indonesia
d. Kelompok 4 : Kedudukan dan Peran Pemerintah Pusat
e. Kelompok 5 : Kedudukan dan Peran Pemerintah Daerah
f. Kelompok 6 : Hubungan Struktural dan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah
3. Tiap-tiap kelompok membuat 5 (soal) pertanyaan dalam kertas 2 lembar tentang materi secara keseluruhan
a. Kelompok 1 : Makna Desentralisasi dan Otonomi Daerah
b. Kelompok 2 : Otonomi daerah dalam konteks NKRI
c. Kelompok 3 : Nilai, Dimensi dan Prinsip Otonomi Daerah di Indonesia
d. Kelompok 4 : Kedudukan dan Peran Pemerintah Pusat
e. Kelompok 5 : Kedudukan dan Peran Pemerintah Daerah
f. Kelompok 6 : Hubungan Struktural dan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah
3. Tiap-tiap kelompok membuat 5 (soal) pertanyaan dalam kertas 2 lembar tentang materi secara keseluruhan
4. Team Ahli dari kelompok 1,2,3 mempresentasikan hasil telaahnya kepada kelompok 4,5,6.. Misalnya Kelompok 1 presentasi kepada kelompok 4 - 5 dan 6 secara berputar dst, sebagai sesi pertama (45 menit)
5. Kemudian Team Ahli dari 4,5,6 mempresentasikan hasil telaahnya kepada kelompok 1,2,3 secara berputar, pada pertemuan berikutnya (45 menit)
6. Kelompok 1,2,3 memberikan 5 soal pertanyaan kepada kelompok 4,5,6 untuk dijawab dan dikumpulkan (30 menit)
7. Soal dan hasil jawaban dikumpulkan kepada Guru sebagai bahan penilaian
Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Model Pembelajaran PPKn SMK Kelas 10 Semester 1"
Posting Komentar