Belajar di Rumah : Model Pembelajaran PPKn SMK Kelas 10 Semester 2

           1. JIG SAW dan Portofolio


Materi                          : BAB V Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal IKa 
                                      BAB VI Ancaman terhadap Negara dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Kelas / Semester        : X /2

1.    Siswa di kelas dibagi 6 kelompok (5-6 orang)
2.    Tiap Kelompok mempersiapkan bahan untuk pembuatan Portofolio, seperti Kertas Asturo, Kertas Origami, Spidol, Lem dan Gunting
3.    Tiap tiap kelompok diberi tugas untuk membuat Portofolio dari hasil telaah materi yang bakaldi presentasikan (45 menit), dengan ketentuan sebagai berikut :
a.    Kelompok 1     : Kebhinnekaan Bangsa Indonesia
b.    Kelompok 2     : Pentingnya Integrasi nasional
c.    Kelompok 3     : Peran serta Warga Negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan
d.    Kelompok 4     : Ancaman Terhadap Integrasi nasional
e.    Kelompok 5     : Ancaman di bidang Poleksosbudhankam
f.     Kelompok 6     : Peran serta Masyarakat dalam mengatasi berbagai Ancaman
4.    Tiap-tiap kelompok membuat Portofolio dari hasil telaah materi sesuai pembagian kelompok, dengan ketentuan sebagai berikut :
-       Menggunbakalkertas asturo,origami seperti mading atau jadwal piket / pelajaran
-       Konsep materi di tulis pada kertas origami, diprint, dan di tempel pada kertas asturo
-       Disisipkan gambar, pernak-pernik, ornament sesuai selera kelompok
5.    Portofolio dari kelompok 1,2,3, hasilnya ditempel pada dinding kelas secara berjauhan
6.    Team Ahli dari kelompok 1,2,3 mempresentasikan Portofolio hasil telaahnya kepada kelompok 4,5,6.. Misalnya Kelompok 1 presentasi kepada kelompok 4 -  5 dan 6 secara berputar (45 menit)
7.    Kemudian kelompok 4,5,6 menyimak, menanggapi dan menilai presentasi kelompok 1,2,3 dengan format seperti pada no 10
8.    Portofolio dari kelompok 4,5,6, hasilnya ditempel pada dinding kelas secara berjauhan
9.    Kemudian Team Ahli dari kelompok 4,5,6 mempresentasikan Portofolio hasil telaahnya kepada kelompok 1,2,3 secara berputar, pada pertemuan berikutnya (45 menit)
10.  Kemudian kelompok 1,2,3 menyimak, menanggapi dan menilai  presentasi kelompok 4,5,6 dengan format sebagai berikut :
No
Nama Kelompok
Nilai
Score
Presentasi
Prtofolio
Kerjasama
1
Kelompok 1




2
Kelompok 2




3
Kelompok 3




4
Kelompok 4




5
Kelompok 5




6
Kelompok 6





11.  Hasil Portofolio dan Penilaian tiap kelompok dikumpulkan kepada Guru untuk penilaian




 2. WORD SQUARE (Tebak Kata)

Materi                          : BAB VII Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI
Kelas / Semester        : X /2

1.    Siswa di kelas dibagi 6 kelompok (5-6 orang)
2.    Tiap tiap kelompok diberi tugas untuk membuat Word Square (Tebak Kata) melalui telaah materi (45 menit), dengan ketentuan sebagai berikut
a.    Tiap-tiap kelompok membuat master Word Square dalam bentuk jadi, 10 soal mendatar, menurun dan menyilang (diagonal)
b.    Tiap-tiap kelompok membuat 10 pertanyaan (soal) mendatar, menurun dan menyilang (Diagonal)
c.    Tiap-tiap kelompok membuat blanko Word Square untuk 10 soal dengan melihat master yang sudah dibua 
d.    Contoh Word Square :
W
A
W
A
S
A
N
N
U
S
A
N
T
A
R
A
A
P
I
A
B
C
D
E
F
G
H
I
J
K
L
M
B
O
R
D
Y
X
W
P
U
T
S
R
Q
P
O
N
C
N
S
Z
E


A
L
A
M
I
A
H


D
M
T
A
C
O










E
L
U
B


L









F
K
V
Z



O








G
J
W
Y




G







H
I
X
P
A
N
C
A
S
I
L
A





3.    Word Square yang sudah dibuat oleh kelompok diserahkan pada kelompok lainnya untuk dijawab (20 menit). Misalnya Kelompok 1 ke kelompok 2, Kelompok 2 ke kelompok 3 .... dst
4.    Word Square yang sudah selesai dijawab, diserahkan kembali kepada kelompok pembuat untuk diperiksa (10 menit) dengan skor maksimal tiap soal 10 = 100
5.    Hasil pemeriksaan Word Square diserahkan kepada Guru untuk penilaian

Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Model Pembelajaran PPKn SMK Kelas 10 Semester 2"