Belajar di Rumah : Pengalaman Menulis Buku Mini untuk Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 2

Mugkin menjadi seorang penulis buku bukanlah pekerjaan yang mudah. Mengapa demikian, jawabannya sederhana bagi saya. Karena orang tersebut belum terlatih untuk menulis.
Keterampilan menulis bukanlah sesuatu bakat yang menurun dari pendahulu kita*. (Hal tersebut merupbakalpendapat adminpribadi)

Menulis bagi saya, ialahketerampilan yang terus dilatih agar semakin mahir. Demikian halnya dengan peserta didikkelas 5 sekolah dasar yang menerapkan pembelajaran dengan kurikulum 2013. Pada pembelajaran di tema 6 untuk muatan bahasa Indonesia, anak  benar-benar dibelajarkan untuk bisa menulis salah satunya membuat ringkasan buku teks ekaplanasi yang dibaca.

Di pembelajaran tema 6 subtema 2 pembelajaran 3 terdapat sebuah pengalaman peserta didikmembuat buku mini tentang kegiatan sosial ekonomi masyarakat serta hak dan kewajiban dalam menjalankan kegiatan sosial ekomomi tersebut. 

Pengalaman belajar peserta didiktentang menulis buku mini, sengat dipengaruhi oleh peran serta dukungan dari pendidikdan orang tua. Guru berperan memberikan fasilitas dan dorongan bagi peserta didikketika belajar di rumah, dan sebaliknya orang tua memiliki tugas mendampingi dan memastikan bahwa anak memang memperoleh pengalaman belajar mengenai keterampilan kepenulisan. 

Berikut ini bakalpenulis sajikan aktivitas yang bisa dilakukan pendidikdi sekolah dalam membelajarkan peserta didikmenulis dan aktivitas orang tua di rumah mendampingi anak belajar. 

Kegiatan pendidikdi sekolah:

1. Berikan pengalaman kepada anak untuk mengamati kondisi lingkungan sosial ekonomi masyarakat sekitar. Guru bisa mensiasati sebelumnya dengan menyajikan tayangan video jika memang dinilai terlalu sulit mengajak peserta didikmengamati lingkungan secara langsung.

2. Ajukan pertanyaan-pertanyaan yang menggali daya nalar peserta didikketika mengamati aktivitas tayangan video.

3. Berikan bahan referensi bacaan untuk menambah wawasan peserta didikterkait dengan aktivitas sosial ekomomi masyarakat.
4. Buatkan daftar panduan pengamatan yang bakaldiisi peserta didikterkait dengan informasi tentang kegiatan ekonomi masyarakat.
5. Biarkan peserta didikmenemukan sendiri peran para pelaku kegiatan ekonomi yang mereka temukan dalam tayangan video. Guru bisa memberikan bantuan ketika memang peserta didikbenar-benar mengalami kesulitan.
6. Berikan panduan pada peserta didiksaat menyusun tulisan mereka. Untuk mempermudah, pendidikbisa menggunbakallangkah-langkah yang terdapat pada buku siswa, atau menegembangkan sendiri isi yang bakaldibuat peserta didikpada buku mini mereka.
7. Berikan kesempatan kepada peserta didikuntuk mempresentasikan draff buku yang baru mereka tulis. Selanjutnya pendidikbisa mengumpulkan kembali tulisan siswa, dan selanjutnya menjilidnya.
Ketika tugas tersebut dijadikan tugas proyek oleh pendidikdan dilanjutkan di rumah, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan  pendidikdi sekolah untuk mendampingi anak belajar di rumah.
1. Berikan kesempatan kepada anak untuk menceritbakalsendiri tugas yang diperolehnya di sekolah.
2. Biarkan anak bekerja secara mandiri, dan sesekali tanybakalkesulitan mreka. Ingat membantu disini bukan berarti mengerjbakalsecara utuh tugas tersebut, melainkan memberikan penjelasan dan fasilitas agar anak tidak mengalami stres atau tertekan dengan tugas tersebut.
3. Berikan penguatan dan dorongan kalau anak anda mampu menyelesaikan tugas tersebut.
4. Baca hasil tulisan anak dan berikan masukan serta penguatan atas kinerja mereka.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua.

Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Pengalaman Menulis Buku Mini untuk Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 2 "