Belajar di Rumah : Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung pada Bacaan yang Berjudul “Bekerja Sama dalam Keberagaman” Tema 1 Kelas 4 SD
Pada pembelajaran sebelumnya telah kita bahas tentang apa itu gagasan pokok dan gagasan pendukung. Nah, ada baiknya kita ulang mengingatnya sekali lagi.
Gagasan pokok adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan, dapat berupa kalimat inti atau berupa pokok paragraf. Gagasan pendukung ialahuraian atau tambahan informasi untuk gagasan pokok.
Perlu kalian ingat sekali lagi, bahwasannya gagasan pokok itu tidak selalu berada di awal paragraf. Gagasan pokok bisa berada di tengah paragraf maupun di akhir paragraf. Sedangkan gagasan pendukung, tersebar di dalam paragraf tersebut.
Kunci pokok yang harus diingat ketika bakalmenentukan gagasan pokok ialahmembaca paragraf tersebut secara keseluruhan. Jangan membaca paragraf tersebut sepotong-sepotong. Baca dari awal sampai akhir, dan pahami apa yang diceritbakalpada paragraf tersebut.
Berikut ini contoh-contoh paragraf yang terdapat pada teks bacaan yang berjudul Bekerja Sama dalam Keberagaman,yang terdapat pada buku peserta didikkelas 4 SD pada tema 1.
Paragraf 1
Edo dan kelima temannya mendapat tugas untuk melakukan percobaan tentang bunyi. Sepulang sekolah, mereka berkumpul di rumahnya. Setiap orang sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Lani dan Siti membawa beberapa kaleng yang sudah dilubangi. Udin dan Beni membawa benang kasur. Mereka berkumpul di halaman depan rumah. Keenam sekawan siap bekerja sama melakukan percobaan.
Penjelasan:
Nah, tadi kita sudah membaca bersama pada paragraf 1. Apakah pembaca bisa menemukan dimana gagasan pokoknya? Baik kita ulas sekarang. Seperti yang terdapat pada paragraf 1, terdiri dari tujuh buah kalimat. Dari ketujuh kalimat tersebut tersebar beberapa gagasan pendukung dan hanya memiliki sebuah gagasan pokok.
Adapun gagasan pokok dari paragraf 1 tersebut ialahTugas melakukan percobaan tentang bunyi. Adapun kalimat pendukungnya ialahSetiap orang sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Lani dan Siti membawa beberapa kaleng yang sudah dilubangi. Udin dan Beni membawa benang kasur. Mereka berkumpul di halaman depan rumah. Keenam sekawan siap bekerja sama melakukan percobaan.
Selanjutnya,
Paragraf 2
Saat percobaan bakaldimulai, tiba-tiba terdengar adzan. Siti dan Udin meminta izin teman-temannya untuk shalat. Teman-temannya mengijinkan mereka untuk melakukan ibadah. Edo meminjamkan ruang makannya untuk digunbakalSiti dan Udin Shalat. Meskipun Edo beragama Katolik, ia tidak keberatan rumahnya dipakai untuk shalat. Beni yang beragama Kristen, Dayu yang beragama Hindu, dan Lani yang beragama Budha menunggu dengan sabar temannya beribadah. Keenam sahabat selalu menghargai satu dengan yang lain.
Penjelasan
Pada paragraf kedua, gagasan pokok paragraf 2 terdapat pada kalimat terakhir, yakni berbunyi Keenam sahabat selalu menghargai satu dengan yang lain. Sedangkan kalimat yang lainnya merupbakalgagasan pendukung dari terbentuknya paragraf tersebut.
Mari kita lanjutkan,
Paragraf 3
Tiba saatnya keenam sekawan melakukan percobaan. Setiap orang menunjukkan tanggung jawabnya dalam bekerja. Tidak ada satu pun di antara mereka yang duduk diam atau memberi perintah saja. Semuanya ikut bagian dalam percobaan. Saat Dayu membutuhkan pertolongan memotong benang, Udin datang membawbakalgunting. Saat Edo kesulitan menalikan benang di kaleng, Siti ikut membantu. Keenam sahabat bekerja sama dengan semangat. Mereka hidup rukun, saling membantu meskipun berbeda agama.
Penjelasan:
Paragraf ketiga tersusun atas delapan kalimat. Untuk gagasan pokok pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat terakhir, yakni : Mereka hidup rukun, saling membantu meskipun berbeda agama. Sedangkan kalimat yang lainnya merupbakalgagasan pendukung.
Demikian penjelasan cara menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada wacana teks bacaan kelas 4 semester 1 SD yang berjudul “Bekerja Sama dalam Keberagaman” semoga pembahasan diatas dapat mencerahkan dan bermanfaat bagi para pembaca.
Gagasan pokok adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan, dapat berupa kalimat inti atau berupa pokok paragraf. Gagasan pendukung ialahuraian atau tambahan informasi untuk gagasan pokok.
Perlu kalian ingat sekali lagi, bahwasannya gagasan pokok itu tidak selalu berada di awal paragraf. Gagasan pokok bisa berada di tengah paragraf maupun di akhir paragraf. Sedangkan gagasan pendukung, tersebar di dalam paragraf tersebut.
Kunci pokok yang harus diingat ketika bakalmenentukan gagasan pokok ialahmembaca paragraf tersebut secara keseluruhan. Jangan membaca paragraf tersebut sepotong-sepotong. Baca dari awal sampai akhir, dan pahami apa yang diceritbakalpada paragraf tersebut.
Berikut ini contoh-contoh paragraf yang terdapat pada teks bacaan yang berjudul Bekerja Sama dalam Keberagaman,yang terdapat pada buku peserta didikkelas 4 SD pada tema 1.
Paragraf 1
Edo dan kelima temannya mendapat tugas untuk melakukan percobaan tentang bunyi. Sepulang sekolah, mereka berkumpul di rumahnya. Setiap orang sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Lani dan Siti membawa beberapa kaleng yang sudah dilubangi. Udin dan Beni membawa benang kasur. Mereka berkumpul di halaman depan rumah. Keenam sekawan siap bekerja sama melakukan percobaan.
Penjelasan:
Nah, tadi kita sudah membaca bersama pada paragraf 1. Apakah pembaca bisa menemukan dimana gagasan pokoknya? Baik kita ulas sekarang. Seperti yang terdapat pada paragraf 1, terdiri dari tujuh buah kalimat. Dari ketujuh kalimat tersebut tersebar beberapa gagasan pendukung dan hanya memiliki sebuah gagasan pokok.
Adapun gagasan pokok dari paragraf 1 tersebut ialahTugas melakukan percobaan tentang bunyi. Adapun kalimat pendukungnya ialahSetiap orang sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Lani dan Siti membawa beberapa kaleng yang sudah dilubangi. Udin dan Beni membawa benang kasur. Mereka berkumpul di halaman depan rumah. Keenam sekawan siap bekerja sama melakukan percobaan.
Selanjutnya,
Paragraf 2
Saat percobaan bakaldimulai, tiba-tiba terdengar adzan. Siti dan Udin meminta izin teman-temannya untuk shalat. Teman-temannya mengijinkan mereka untuk melakukan ibadah. Edo meminjamkan ruang makannya untuk digunbakalSiti dan Udin Shalat. Meskipun Edo beragama Katolik, ia tidak keberatan rumahnya dipakai untuk shalat. Beni yang beragama Kristen, Dayu yang beragama Hindu, dan Lani yang beragama Budha menunggu dengan sabar temannya beribadah. Keenam sahabat selalu menghargai satu dengan yang lain.
Penjelasan
Pada paragraf kedua, gagasan pokok paragraf 2 terdapat pada kalimat terakhir, yakni berbunyi Keenam sahabat selalu menghargai satu dengan yang lain. Sedangkan kalimat yang lainnya merupbakalgagasan pendukung dari terbentuknya paragraf tersebut.
Mari kita lanjutkan,
Paragraf 3
Tiba saatnya keenam sekawan melakukan percobaan. Setiap orang menunjukkan tanggung jawabnya dalam bekerja. Tidak ada satu pun di antara mereka yang duduk diam atau memberi perintah saja. Semuanya ikut bagian dalam percobaan. Saat Dayu membutuhkan pertolongan memotong benang, Udin datang membawbakalgunting. Saat Edo kesulitan menalikan benang di kaleng, Siti ikut membantu. Keenam sahabat bekerja sama dengan semangat. Mereka hidup rukun, saling membantu meskipun berbeda agama.
Penjelasan:
Paragraf ketiga tersusun atas delapan kalimat. Untuk gagasan pokok pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat terakhir, yakni : Mereka hidup rukun, saling membantu meskipun berbeda agama. Sedangkan kalimat yang lainnya merupbakalgagasan pendukung.
Demikian penjelasan cara menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada wacana teks bacaan kelas 4 semester 1 SD yang berjudul “Bekerja Sama dalam Keberagaman” semoga pembahasan diatas dapat mencerahkan dan bermanfaat bagi para pembaca.
Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung pada Bacaan yang Berjudul “Bekerja Sama dalam Keberagaman” Tema 1 Kelas 4 SD"
Posting Komentar