Belajar di Rumah : Soal Penilaian Harian Tema 6 Subtema 2 Kelas 5 SD Kurikulum 2013
Pembelajaran tematik di kelas 5 SD pada semester 2 dimulai dengan pembelajaran pada tema 6. Dimana kita ketahui bersama pembelajaran tematik di sekolah dasar memadukan beberapa muatan mata pelajaran, diantaranya : PPKN, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan SBdP.
Adapun kompetensi dasar pada setiap muatan mata pelajaran ialahsebagai berikut :
Kompetensi dasar PPKN
3.2 Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi dasar Bahasa Indonesia
3.3 Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.
4.3 Menyajikan ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunbakalkosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual.
Kompetensi dasar IPA
3.6 Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari.
4.6 Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor.
Kompetensi dasar IPS
3.2 Menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap
pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
Kompetensi dasar SBdP
3.3 Memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah.
4.3 Mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi daerah.
Adapun soal penilaian harian untuk tema 6 subtema 2 kelas 5 ialahsebagai berikut :
PILIHAN GANDA
Pilihlah a, b, c atau d sebagai jawaban paling benar.
. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran. Hal tersebut tercantum dalam UUD 1945 pasal.....
a. Pasal 28 UUD 1945
b. Pasal 29 UUD 1945
c. Pasal 30 UUD 1945
d. Pasal 31 UUD 1945
2. Segala sesuatu yang seharusnya diperoleh seseorang disebut...
a. Kewajiban
b. Tata Tertib
c. Peraturan
d. Hak
3. Hak warga negara dalam menyampaikan pendapat sesuai dengan UUD 1945 Pasal....
a. Pasal 28 UUD 1945
b. Pasal 29 UUD 1945
c. Pasal 30 UUD 1945
d. Pasal 31 UUD 1945
4. Setiap warga negara memiliki kewajiban dalam membela dan mempertahankan kedaulatan negara sesuai dengan UUD 1945 pasal.....
a. Pasal 28 UUD 1945
b. Pasal 29 UUD 1945
c. Pasal 30 UUD 1945
d. Pasal 31 UUD 1945
5. Kewajiban seorang peserta didikdisekolah adalah....
a. Mendapatkan pelajaran.
b. MengerjbakalTugas Sekolah
c. Mendapatkan perhatian guru
d. Mbakaldi kantin sekolah
Perpindahan kalor secara konduksi disebut juga perpindahan kalor secara hantaran, yaitu perpindahan kalor tanpa memindahkan zat perantaranya. Pada peristiwa perpindahan kalor secara konduksi, yang berpindah hanya energi kalornya saja. Umumnya, perpindahan kalor secara konduksi terjadi pada zat padat.
6. Berdasarkan teks diatas. Gagasan utama paragraf diatas adalah...........
a. Kalor
b. Perpindahan kalor secara konduksi
c. zat perantara
d. Energi Kalor
Banyak warga yang sekarang ini sudah mulai sadar menjaga kebersihan lingkungan. Memilah sampah merupbakalsalah satu bentuk menjaga kelestarian lingkungan. Sehingga sampah tidak mengganggu lingkungan bahkan sampah yang sudah dipilah bisa didaur ulang dan dijadikan kompos.
7. Pokok pikiran dari paragraf diatas ialah….
a. bahaya sampah plastik
b. manfaat memilah sampah
c. cara membuat pupuk kompos
d. bahaya dari membuang sampah
8. Perhatikan Kalimat berikut !
Tempat pelelangan ikan rame setiap hari pada musim tangkap ikan.
Kata baku pada kata yang bergaris bawah adalah.......
a. Berisik
b. Bising
c. Ramai
d. Ribut
Bacaah teks berikut !
Proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat perantara dinambakalradiasi. Dapatkah kamu memberikan contoh lainnya perambatan kalor secara radiasi? Ketika kamu dan teman- temanmu pergi berkemah kepegunungan, udara di pegunungan sangat dingin. Untuk menghangatkan badan, kamu perlu membuat api unggun. Nah, panas dari api unggun tersebut dapat sampai ke tubuhmu tanpa melalui zat perantara. Perpindahan panas seperti ini dikatbakalsecara radiasi.
Pernahkah kamu pergi ke luar rumah pada siang hari yang terik dengan menggunbakalbaju hitam? Apa yang kamu rasakan? Ketika kamu keluar rumah pada siang hari yang terik dengan menggunbakalbaju hitam, badanmu bakalterasa panas. Hal ini disebabkan warna hitam merupbakalpenyerap kalor radiasi yang paling baik. Benda-benda berwarna hitam lebih banyak menyerap kalor dan memantulkan sebagian kalor jika dibandingkan dengan benda-benda yang berwarna putih dan berkilap. Sebaliknya, pada malam hari orang yang memakai baju hitam merasa lebih dingin daripada orang yang mengenbakalbaju putih. Tahukah kamu mengapa hal ini dapat terjadi? Hal tersebut dapat terjadi karena pakaian yang berwarna hitam menyerap kalor yang dikeluarkan tubuh.
9. Kata Kunci paragraf pertama adalah....
a. Kalor
b. Perambatan Kalor secara radiasi
c. Zat perantara
d. Panas
10. Ide pokok pada paragraf kedua adalah....
a. Penyerap kalor
b. Warna hitam merupbakalpenyerap kalor radiasi yang paling baik.
c. Pernahkah kamu pergi ke luar rumah pada siang hari yang terik
d. Orang yang memakai baju hitam merasa lebih dingin
11. Perpindahan kalor yang disertai zat perantaranya disebut...
a. Konduksi
b. Konveksi
c. Radiasi
d. Kalor
12. Contoh perpindahan kalor yang terjadi secara Konduksi adalah....
a. Setrika Listrik
b. Angin Darat
b. Angin Laut
c. Cerobong Asap Pabrik
13. Seorang anak yang sedang duduk didekat api Unggun merasbakalpanas dari api. peristiwa tersebut merupbakalproses perpindahan panas secara.....
a. Konduksi
b. Konveksi
c. Radiasi
d. Kalor
14. Perpindahan kalor tanpa disertai peprindahan zat perantaranya disebut....
a. Konduksi
b. Konveksi
c. Radiasi
d. Kalor
15. Terjadinya angin darat dan angit laut merupbakalcontoh peristiwa,.....
a. Konduksi
b. Konveksi
c. Radiasi
d. Kalor
16. Pekerjaan yang cocok untuk wilayah didekat pantai adalah.....
a. Guru
b. Nelayan
c. Petani
d. Polisi
17. Tempat Pelelangan ikan biasanya dibangun didaerah...
a. Bandara
b. Dermaga
c. Pasar
d. Pelabuhan Ikan
18. Contoh Interaksi yang baik antara manusia dan lingkungan adalah....
a. Membuat sampah pada tempatnya
b. MenggunbakalBom Ikan
c. Menggunbakalpestisida yang berlebihan
d. Membuang sampah ke sungai
19. Contoh Interaksi manusia dengan alam adalah...
a. Bayu yang sedang bermain badminton
b. Nelayan yang sedang menagkap ikan dilaut
c. Guru yang sedang mengajar
d. regu yang sedang bertanding sepakbola
20. Akibat interaksi negatif manusia dengan alam maka......
a. Lingkungan yang bersih
b. Udara yang sejuk
c. Terjadi Banjir
d. Tanah yang subur
21. Garis yang dilalui penari pada saat melakukan gerak tari disebut....
a. Pola lantai
b. Properti
c. Gerak Tari
d. Iringan Tari
22. Tari Sekapur Sirih berasal dari daerah....
a. Aceh
b. Bali
c. Banten
d. Bengkulu
23. alat tambahan yang dibawa penari ketika menarikan tariannya disebut ….
a. properti tari
b. ritme tari
c. pola lantai
d. isntrumen
24. Salah satu tari tradisional bali yang sangat populer dan dipentaskan secara berpasangan atau secara massal dengan membawa perlengkapan berupa bokor, sesajen, dan bunga ialah tari.....
a. Legong
b. Pendet
c. Piring
d. Jaran kepang
25. Tari yang merupbakalciri khas masyarakat sumatera selatan adalah.....
a. Tari Piring
b. Tari Pendet
c. Tari Tanggai
d. Tari Jaran Kepang
Demikian soal penilaian harian tema 6 subtema 2 kelas 5 SD K13 Kurikulum 2013yang dapat adminbagikan pada kesempatan kali ini. Soal ini hanyalah sebagai bahan untuk menambah perbendaharaan bank soal anda.
Tentunya soal ini masih jauh dari kreteria sempurna. Maka diperlukan kebijbakalanda dalam menggunbakalsoal tersebut di kelas yang anda ampu.
Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Soal Penilaian Harian Tema 6 Subtema 2 Kelas 5 SD Kurikulum 2013"
Posting Komentar