Belajar di Rumah : Langkah-langkah Pembelajaran Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 2 Kelas 5 SD

Selamat berjumpa kembali sahabat pembaca terutama rekan-rekan pendidik. Senang sekali adminbisa kembali mengetengahkan kembali langkah-langkah pembelajaran di sekolah dasar khususnya pembelajaran di kelas 5.

Adapun langkah pembelajaran kali ini ialahpada pembelajaran 2 subtema 2 di tema 7. Sebelumnya admintelah membagikan langkah pembelajaran 1, yang bisa anda baca pada link di bawah ini.

Langkah-langkah Pembelajaran Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kelas 5 SD.

Adapun muatan mata pelajaran pada pembelajaran ini ialahmuatan Bahasa Indonesia, IPA, dan SBdP. Seperti biasanya, sebelum kita memulai membahas langkah-langkah pembelajaran. Sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Nah, tujuan pembelajaran pada artikel kali ini ialahsebagai berikut :


  1. Dengan melakukan percobaan, peserta didikmengetahui kalor dapat menyebabkan perubahan wujud benda dengan penuh tanggung jawab.
  2. Dengan membaca, peserta didikdapat mengidentifikasi peristiwa-peristiwa yang terjadi sebelum pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan dengan penuh kepedulian.
  3. Dengan bercerita, peserta didikdapat menyebutkan peristiwa-peristiwa setelah pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan dengan penuh kepedulian.
  4. Dengan mengamati gambar, peserta didikdapat mempraktikkan gerak tari dengan pola lantai yang benar.


Setelah mengetahui tujuan pembelajaran, maka langkah selanjutnya ialahmenyiapkan media pembelajaran. Nah untuk kegiatan ini anda bisa menggunbakalmedia gambar,  peristiwa proklamasi kemerdekaan.  Baik langsung saja mari kita ulas bagaimana langkah-langkah pembelajaran 2, subtema 2 tema 7 kelas 5 berikut ini :

A. Kegiatan Pendahuluan :

Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan pendidikpada tahap awal ini meliputi mempersiapkan peserta didiksecara mental dan menarik perhatian mereka sehingga dapat siap dan fokus menerima pelajaran.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan. Kita bisa mengajak peserta didikmelaksanbakaltanya jawab seputar pembelajaran sebelumnya. Tentunya pembelajaran tersebut masih memiliki keterkaitan dengan pembelajaran berikut ini.

Atau pendidikbisa membarengi dengan kegiatan yel-yel penyemangat. Misalnya dengan tepuk semangat atau kegiatan sejenisnya yang intinya meningkatkan perhatian dan minat siswa.

Setelah proses tersebut dilakukan, jangan lupa untuk menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan saat ini. Sebab penyampaian tujuan pembelajaran sangat penting untuk disampaikan.


B. Kegiatan Inti :

Kegiatan berikutnya ialahtahapan kegiatan iti. Kegiatan yang menjadi fokus pendidikdalam mencapai tujuan pembelajaran. Disinilah model pembelajaran yang sudah dirancang bakaldilaksanbakaldengan baik.
Langsung saja berikut ini langkah-langkah kegiatan inti yang dapat dilakukan guru.


  1. Siswa diajak mendengarkan lagu hari merdeka dari MP3 atau Video.
  2. Siswa memperhatikan notasi angka pada lagu Hari Merdeka yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu sesuai dengan notasinya.
  3. Guru memberikan contoh cara menyanyikan lagu Hari Mederka sesuai dengan notasinya.
  4. Guru mengajak peserta didikuntuk melakukan kegiatan tarian sesuai dengan iringan musik lagu Hari Merdeka.
  5. Siswa kembali mengingat pola lantai tari.
  6. Guru melakukan tanya jawab bersama peserta didiktentang apa itu pola lantai tari dan hal-hal apa yang dipersiapkan dalam pementasan sebuah tarian.
  7. Guru memperlihatkan video sebuah tarian daerah. Selanjutnya peserta didikmenganalisis pola lantai tari yang dimainkan oleh penari tersebut.
  8. Siswa mempresentasikan hasil karya mereka tentang pola lantai tari.
  9. Guru mengaitkan kegiatan menari dengan suhu tubuh yang terjadi akibat gerbakalmenari.
  10. Guru kembali mengingatkan peserta didiktentang pengaruh kalor terhadap suhu suatu benda.
  11. Guru mempersiapkan peserta didikuntuk mengikuti kegiatan berikutnya yaitu percobaan tentang kalor dapat mengubah wujud benda.
  12. Siswa mempersiapkan alat dan bahan dan selanjutnya peserta didikbekerja secara berkelompok.
  13. Siswa  mengerjbakalpercobaan dengan bimbingan guru.
  14. Kemudian peserta didikmencatat temuan mereka tentang perubahan wujud benda yang disebabkan karena kalor.
  15. Siswa menuliskan kesimpulan atas percobaan yang telah dilaksanakan.
  16. Guru memberikan kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
  17. Guru memberikan penguatan dan penjelasan penegasan atas apa yang telah dipelajari peserta didikterkait dengan perubahan wujud benda yang disebabkan karena kalor.
  18. Guru mengajak peserta didikuntuk mengumandangkan yel-yel kelas.
  19. Berikutnya pendidikmengaitkan materi pelajaran dengan peristiwa pembacaan proklamasi kemerdekaan. (Anak-anak adakah yang tahu pada pukul berapa peristiwa pembacaan teks proklamasi itu dilaksanakan? **jawaban pukul 10.00)
  20. Bagaimana kondisi suhu pada waku itu,tentu panas bukan?)
  21. “Nah adakah yang tahu bagaimana cara penyampaian informasi tentang proklamasi kemerdekaan kepada masyarakat pada waktu itu?
  22. Siswa diberikan kesempatan untuk melakukan investigasi menemukan bagaimana peristiwa menjelang dan sesudah proklamasi kemerdekaan.
  23. Siswa mencatat informasi penting yang mereka temukan dari melakukan investigasi, seperti studi pustaka dan mengajukan pertanyaan.
  24. Siswa menyampaikan temuan mereka secara tertulis dan lisan tentang peristiwa sebelum dan sesudah proklamasi kemerdekaan.


C. Kegiatan Penutup


  1. Siswa diajak merenungkan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
  2. Siswa bersama pendidikmenyimpulkan kegiatan yang telah dilaksanakan.
  3. Guru melaksanbakalpenilaian formatif dan selanjutnya memberikan tindak lanjut.

Demikian langkah-langkah pembelajaran yang bisa dilakukan dalam pembelajaran 2 subtema 2 tema 7 di kelas 5. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Langkah-langkah Pembelajaran Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 2 Kelas 5 SD"