Belajar di Rumah : Langkah-langkah Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema 7 Kelas 5 Sekolah Dasar
Selamat berjumpa kembali rekanpembaca terutama para pendidik yang sedang membaca artikel dari Blog Riyanpedia.com, nah sekarang kita bakalmembahas langkah-langkah pembelajaran.
Jika kita baca secara detail langkah-langkah pembelajaran sebenarnya sudah dijelaskan pada buku pendidikdi semua tema yang terdapat pada buku tematik kelas 5. Namun, tidak ada salahnya kita mencoba langkah pembelajaran yang lebih sedikit kreatif agar terkesan tidak kaku dan monoton.
Oke langsung saja berikut ini kita bakalmulai membahas langkah-langkah pembelajaran pada pembelajaran 1 subtema 2 tema 7 kelas 5. Sebelum memulai pembelajaran, terlebih dahulu kita harus mengetahui atau tujuan pembelajarannya. Mengapa adminbilang mengetahui, karena pada buku guru, tujuan pembelajaran sudah dirumuskan. Akan tetapi, pendidikmasih bisa menyusun tujuan pembelajaran yang bakaldicapai.
Adapun tujuan pembelajaran yang terdapat pada pembelajaran 1 subtema 2 tema 7 kelas 5 sekolah dasar ialahsebagai berikut :
1. Dengan membaca, peserta didikdapat mengetahui peristiwa pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan dengan penuh kepedulian.
2. Dengan membuat peta pikiran, peserta didikdapat mengidentifikasi peristiwaperistiwa penting seputar pembacaan teks Proklamasi Kemederkaan dengan penuh tanggung jawab.
3. Dengan membaca, peserta didikdapat memahami kalor dapat mengubah suhu benda dengan penuh percaya diri.
4. Dengan mencoba, peserta didikdapat mengetahui kalor dapat mengubah suhu suatu benda dengan penuh tanggung jawab.
Setelah kita mengetahui tujuan pembelajaran yang bakaldicapai barulah kita bisa merancang langkah-langkah pembelajarannya. Seperti biasa dalam langkah pembelajaran pastinya kita bakalmenemukan tahapan mulai dari tahap pendahuluan, kegiatan inti dan tahapan kegiatan penutup.
A. Langkah pembelajaran pada tahap pendahuluan.
B. Langkah Pembelajaran pada Tahap Kegiatan Inti
C. Langkah Pembelajaran pada Tahap Kegiatan Penutup
Jika kita baca secara detail langkah-langkah pembelajaran sebenarnya sudah dijelaskan pada buku pendidikdi semua tema yang terdapat pada buku tematik kelas 5. Namun, tidak ada salahnya kita mencoba langkah pembelajaran yang lebih sedikit kreatif agar terkesan tidak kaku dan monoton.
Oke langsung saja berikut ini kita bakalmulai membahas langkah-langkah pembelajaran pada pembelajaran 1 subtema 2 tema 7 kelas 5. Sebelum memulai pembelajaran, terlebih dahulu kita harus mengetahui atau tujuan pembelajarannya. Mengapa adminbilang mengetahui, karena pada buku guru, tujuan pembelajaran sudah dirumuskan. Akan tetapi, pendidikmasih bisa menyusun tujuan pembelajaran yang bakaldicapai.
Adapun tujuan pembelajaran yang terdapat pada pembelajaran 1 subtema 2 tema 7 kelas 5 sekolah dasar ialahsebagai berikut :
1. Dengan membaca, peserta didikdapat mengetahui peristiwa pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan dengan penuh kepedulian.
2. Dengan membuat peta pikiran, peserta didikdapat mengidentifikasi peristiwaperistiwa penting seputar pembacaan teks Proklamasi Kemederkaan dengan penuh tanggung jawab.
3. Dengan membaca, peserta didikdapat memahami kalor dapat mengubah suhu benda dengan penuh percaya diri.
4. Dengan mencoba, peserta didikdapat mengetahui kalor dapat mengubah suhu suatu benda dengan penuh tanggung jawab.
Setelah kita mengetahui tujuan pembelajaran yang bakaldicapai barulah kita bisa merancang langkah-langkah pembelajarannya. Seperti biasa dalam langkah pembelajaran pastinya kita bakalmenemukan tahapan mulai dari tahap pendahuluan, kegiatan inti dan tahapan kegiatan penutup.
A. Langkah pembelajaran pada tahap pendahuluan.
- Guru memasuki ruang kelas dengan suasana yang hangat. Jangan sampai anda memasuki ruang kelas dengan wajah yang masam. Apalagi dengan mata merah dan berapi-api, wah bisa bahaya. Boro-boro peserta didikanda bakalmengikuti pembelajaran, malah mereka bakalan ketakutan. Jadi yang tepat anda lakukan berikan senyuman dan wajah yang ceria saat anda masuk ruang kelas.
- Sapa peserta didikdengan menanybakalkabar mereka hari ini. Jangan buru-buru langsung memulai pelajaran.
- Berikan yel-yel penyemangat di awal pembelajaran, hal ini dilakukan untuk menambah semangat dan daya tarik peserta didikagar siap menerima materi pada pembelajaran pagi ini.
- Berikan stimulus dengan menunjukkan gambar yang berhubungan dengan peristiwa Proklamasi Kemerdekaan.
- Setelah peserta didikmengamati gambar tersebut, berikan pertanyaan seputar gambar tersebut. Misalnya; Ada yang tahu siapa orang yang berdiri di depan mikrofon pada gambar yang Bapak bawa? Ada yang tahu peristiwa apakah yang terjadi pada gambar tersebut? Kapan peristiwa itu terjadi?
- Berikan peserta didikmenjawab sesuai dengan pengamalan yang mereka tahu. Ketika peserta didikmenjawab benar atas pertanyaan yang anda ajukan, jangan lupa untuk memberikan penguatan kepada siswa tersebut, jangan diabaikan begitu saja.
- Selanjutnya tugas anda sebagai pendidikuntuk memberikan penjelasan agar tidak terjadi kekaburan informasi atas jawaban-jawaban yang disampaikan siswa.
- Sampaikan tujuan pembelajaran yang bakaldicapai pada pertemuan kali ini.
B. Langkah Pembelajaran pada Tahap Kegiatan Inti
- Siswa membaca teks bacaan yang terdapat pada buku peserta didikdengan judul “Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi”
- Siswa menemukan kata-kata sulit yang belum mereka ketahui. Dalam kegiatan ini, pendidikmendampingi peserta didikmenganalisis kosakata yang baru bagi siswa. Kegiatan ini tidak dimonopoli guru, peserta didiklain juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan apa yangg mereka ketahui terkait dengan kosakata baru.
- Guru memberikan penekanan kepada peserta didikterkait dengan penulisan kosakata yang benar. Jadi pada tahapan ini ditekankan kata-kata baku dan tidak baku. Guru juga bisa memperluasnya menjadi pemahaman tentang kalimat efektif dan tidak efektif.
- Selanjutnya peserta didikmendaftar kosakata baku yang berhasil mereka temukan kemudian mencari arti dari kata tersebut. Fasilitas berupa kamus, perlu dipersiapkan oleh guru. Namun jika kamus tidak memungkinkan, pendidikbisa menggunbakalkamus bahasa Indonesia secara online, sehingga memudahkan dalam pencarian arti kata.
- Guru memberikan penjelasan kepada peserta didiktentang tahapan dalam mencari kata-kata dalam kamus.
- Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa. Tujuan kegiatan tersebut untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didikterhadap teks bacaan yang telah dibaca.
- Siswa menceritbakalinformasi terkait dengan peristiwa dalam pembacaan teks proklamasi. Siswa bisa menceritbakalsecara lisan di depan kelas.
- Guru melaksanbakaltanya jawab dan memberikan penjelasan penekanan terhadap konsep yang belum dikuasai siswa.
- Siswa menyimpulkan aktivitas yang telah dilaksanbakaltadi terkait dengan peristiwa dalam pembacaan proklamasi kemerdekaan.
- Guru mengaitkan peristiwa pembacaan teks proklamasi yang dilaksanbakalpada pukul 10.00 dengan kondisi udara pada terik panas di jam 10 pagi tersebut.
- Siswa mulai melakukan diskusi terkait dengan panas/kalor.
- Siswa melakukan percobaan sesuai dengan bahan dan peralatan yang ada pada buku siswa.
- Guru mendampingi peserta didikdalam melaksanbakalpercobaan untuk menyelediki kalor yang dapat mempengaruhi suhu benda.
- Siswa melakukan langkah sesuai dengan petunjuk.
- Guru membimbing peserta didikuntuk menuliskan temuannya.
- Siswa menyampaikan temuan mereka dalam melaksanbakalpercobaan untuk mengetahui kalor mampu mempengaruhi suhu benda.
- Siswa menyimpulkan kegiatan yang telah dilaksanakan. Guru memberikan penekanan pada beberapa konsep penting agar dipahami dengan baik oleh siswa.
- Guru memberikan penguatan atas hal-hal yang berhasil dicapai peserta didikdalam melaksanbakalkegiatan pembelajaran kali ini.
C. Langkah Pembelajaran pada Tahap Kegiatan Penutup
- peserta didikdiajak untuk merenungkan kembali kegiatan yang telah dilaksanakan.
- Guru bersama peserta didikmenyimpulkan kegiatan pembelajaran pada pertemuan kali ini.
- Guru memberikan tindak lanjut, kepada peserta didikuntuk membaca teks Proklamasi di depan orang tua dan anggota keluargamu yang lain. Selesai membaca teks Proklamasi, peserta didikditugaskan untuk meminta/menuliskan tanggapan dari orang tua.
- Guru melaksanbakalpenilaian formatif.
Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Langkah-langkah Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema 7 Kelas 5 Sekolah Dasar"
Posting Komentar