Belajar di Rumah : Soal Ulangan Harian Tema 1 Subtema 2 Kelas 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018

Selamat berjumpa kembali sahabat pembaca yang budiman. Kali ini edisi artikel yang bakaladminbagikan terkait degan soal ulangan harian kelas 6 untuk subtema 2.

Seperti yang kita ketahui pada tahun pelajaran 2018/2019 ini beberapa sekolah yang sudah menerapkan pembelajaran dengan K13 Kurikulum 2013untuk kelas lima bakalberlanjut dengan kurikulum yang sama di kelas 6. Sehingga para dewan pendidikyang bakalbertugas mengajar di kelas 6 harus sudah mempersiapkan bahan-bahan mengajar salah satunya ialahbank soal untuk melaksanbakalulangan harian nantinya.

Ulangan harian merupbakalkegiatan rutin yang dilakukan oleh pendidikdalam mengukur hasil belajar peserta didik di jenjang pendidikan tersebut. Ulangan harian untuk pembelajaran tematik K13 Kurikulum 2013dilaksanbakalsetelah menyelesaikan satu buah subtema yang terdiri dari 6 kali pembelajaran.

Dimana seperti kita ketahui, untuk setiap pembelajaran dialokasikan mampu diselesaikan oleh pendidikuntuk satu kali pertemuan. Semua itu kembali pada kondisi sekolah masing-masing, sehingga ada pendidikyang mungkin tidak mampu menuntaskan satu pembelajaran untuk satu hari maka bakaldilanjutkan esok harinya.

Ulangan harian yang dilakukan oleh pendidiktentunya selalu mengacu pada kompetensi dasar (KD) yang telah dibelajarkan pada subtema tersebut. Untuk tema 1 subtema 2 kelas 6 membahas beberapa kompetensi dasar (KD) dalam setiap mata pelajaran. Untuk soal ulangan harian ini adminbakalmembagikan soal yang memuat beberapa materi pelajaran diantaranya PKN, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, SBK dan Matematika. Untuk mata pelajaran PJOK adminbakalpisahkan karena diampu oleh pendidikmatapelajaran PJOK dan bukan pendidikkelas.

Adapun kompetensi dasar yang muncul pada tema 1 subtema 2 di kelas 6 K13 Kurikulum 2013ialahsebagai berikut :

Mata Pelajaran PKN :

3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari
4.1 Menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia :

3.1 Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1 Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.

Mata pelajaran IPA :

3.1 Membandingkan cara perkembangbibakaltumbuhan dan hewan.
4.1 Menyajikan karya tentang perkembangangbibakaltumbuhan.

Mata pelajaran IPS :

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.

Mata pelajaran SBdP

3.4 Memahami patung.
4.4 Membuat patung

Mata pelajaran Matematika

3.3 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi


Demikian susunan kompetensi dasar yang dibelajarkan pada tema 1 subtema 2 kelas 6 kurikulum 2013. Langsung saja berikut ini contoh soal yang bisa anda unduhdalam melaksanbakalkegiatan ulangan harian di kelas 6 sesuai dengan kurikulum 2013.

Soal ulangan harian tema 1 subtema 2 kelas 6 Kurikulum 2013 Edisi revisi 2018


1. Sila keempat Pancasila berlambangkan . . . .
A. Bulan dan Bintang
B. Padi Kapas
C. Beringin
D. Kepala banteng

2. Dalam berdiskusi kita sebaiknya tidak . . . .
A. mendengarkan pendapat orang lain
B. mengajukan interuksi dengan lantang
C. menyampaikan pendapat dengan sopan
D. memilih pendapat rekanyang menguntungkan

3. Menyelesaikan segala permasalahan melalui musyawarah merupbakalcerminan dari pengalaman sila . . . Pancasila.
A. kesatu
B. kedua
C. ketiga
D. keempat


4. Dalam bermusyawarah sebaiknya kita lebih memperhatikan kepentingan . . . .
A. pribadi
B. orang banyak
C. Golongan
D. individu

5. Pelaksanaan pengamalan sikap yang sesuai dengan sila ke-empat Pancasila dalam lingkungan sekolah terlihat dalam . . . .
A. melaksanbakaldoa
B. menjenguk rekansakit
C. membantu pengemis
D. memilih ketua kelas

6.  Bacalah wacana berikut ini !
Setiap hewan memiliki cara perkembangbiakannya sediri. Semua itu merupbakalkarunia dari Tuhan Yang Maha Esa. Sebagai manusia kita harus bisa menjaga dan melestarikan keberadaan makhluk hidup, karena makhluk hidup banyak berjada pada kehidupan kita. Mulai dari membajak sawah dengan kerbau, dan nutrisi gizi yang kita peroleh juga berasal dari hewan.

Kesimpulan dari bacaan diatas adalah.....
A. Hewan berkembangbiak dengan banyak cara
B. Hewan banyak membantu manusia
C. Kita harus melestsrikan keberadaan hewan
D. Hewan membantu kita untuk membajak sawah

7. Bacalah bacaan dibawah ini !
Indonesia mengekspor hasil bumi seperti timah, tembaga, besi, minyak,
gas, dan nikel. Selain itu, Indonesia menghasilkan pupuk, tapioka, karet,
kopi, kelapa sawit, dan tembakau. Ikan tuna, udang, dan teh juga diekspor
ke negara lain.

Kesimpulan yang tepat untuk bacaan tersebut diatas adalah....
A. Indonesia negara yang kaya
B. Indonesia mampu membeli bahan baku
C. Ekspor Iindonesia sangat banyak
D. Ekspor Indonesia mulai dari bahan tambang dan lainnya

8. Bacalah bacaan dibawah ini !
Kebersamaan masyarakat di Desa Maju Jaya memang tidak bisa diragukan lagi. Setiap hari minggu warga desa selalu melaksanbakalkerja bakti membersihkan lingkungan desa. Tidak hanya diikuti oleh warga desa saja bakaltetapi seluruh peserta didikyang bersekolah di lingkungan Desa Maju Jaya turut ambil bagian. Bahkan setiap bakalmelaksanbakalkegiatan besar lainnya, seluruh pengurus desa melaksanbakalrapat bersama, agar kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Kesimpulan yang tepat untuk bacaan tersebut adalah....
A. Warga Desa Maju Jaya melaksanbakalnilai Pancasila dengan baik
B. Tidak terjadi keributan antara warga desa yang tinggal di Maju Jaya
C. Kerjasama warga desa sangat bagik di lingkungan desa
D. Pengurus desa melaksanbakalmusyawarah dalam merencanbakalkegiatan

9. Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur disebut....
A. ovovipar
B. vivipar
C. ovovivipar
D. ovarium

10.  Contoh hewan dibawah ini yang berkembangbiak dengan cara beranak adalah....
A. kucing dan ayam
B. bebek dan burung
C. kelelawar dan anjing
D. buaya dan cicak

11. Hewan tidak memiliki daun telinga dan kelenjar susu, ciri fisik hewan tersebut menandbakalbahwa berkembangbiak dengan cara....
A. beranak
B. bertelur
C. bertelur dan beranak
D. tidak berkembangbiak

12. Rusa dan cicak merupbakalcontoh hewan yang berkembangbiak dengan cara....
A. vivipar dan ovovivipar
B. Vivipar dan ovovipar
C. vivipar dan vivipar
D. ovovipar dan vivipar

13. Kelompok hewan manakah berikut ini yang berkembangbiak denggan cara ovovivipar!
A. buaya dan kadal
B. ayam dan ikan
C. burung dan kura-kura
D. rusa dan kambing

14. Berikut ini merupbakalhewan yang bekembangbibakaldengan cara bertelur yaitu ....
a. itik, angsa, dan bebek
b. hiu, ayam, dan cicak
c. kera, bebek, dan ayam
d. angsa, bebek, dan kelinci

15. Perkembangbibakalsecara bertelur dan beranak dinambakaljuga dengan perkembangbibakal....
a. Spora
b. Vivipar
c. Ovipar
d. Ovovivipar

16. Berdirinya ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967 didasarkan pada.....
A.Protokol Brunei Darusalam 1967
B. Persetujuan Manila 1967
C. Deklarasi Bersama Jakarta 1967
D. Persetujuan Bangkok 1967

17.  Mata uang negara Singapura ialah....
    a. Dong
    b. Dollar Singapura
    c. Baht
    d. Rupee

18.  Negara anggota ASEAN yang belum pernah mengalami penjajahan ialah....
    a. Myanmar
    b. Indonesia
    c. Kamboja
    d. Thailand

19. Negara yang mendapat julukan lumbung Asia Tenggara ialah. . .
A. Filipina
B. Indonesia
C. Thailand
D. Myanmar

20.  Ibu Kota Negara Malaysia adalah…….
a.   Selangor  
 b. Bangkok   
 c.  Kualalumpur      
 d.  Singapura

Demikian dulu soal-soal untuk ulangan harian tema 1 subtema 2 kelas 6 K13 Kurikulum 2013yang dapat adminbagikan. Soal-soal ini tentunya belum bisa dikategorikan sempurna, maka dari itu diharapkan kebijbakalpengguna untuk memperbaiki kembali soal-soal ini. Baik dari segi struktur dan penulisan soal.

Saya hanya menyajikan sebagai bahan referensi yang bisa membantu anda dalam membuat soal-soal dan juga bagi orang tua dalam mendampingi buah hatinya belajar di rumah.

Selanjutnya soal-soal ini bakalkami perbaharui lagi. Mohon bersabar.

Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Soal Ulangan Harian Tema 1 Subtema 2 Kelas 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 "