Belajar di Rumah : Teknik Penilaian Pengetahuan Kurikulum 2013 yang Bisa Diterapkan Guru


Selamat berjumpa kembali rekanpembaca yang budiman, kali ini adminbakalkembali menyajikan sebuah artikel terkait dengan penilaian dalam pembelajaran dengan kurikulum 2013.
Penilaian dalam K13 Kurikulum 2013tentu tidak hanya mencakup aspek pengetahuan saja. Akan tetapi juga mencakup aspek keterampilan dan sikap. Pada kesempatan ini adminbakalmemfokuskan pada aspek penilaian pengetahuan.

Penilaian merupbakalsebuah kegiatan yang tidak bisa dilepaskan dalam sebuah proses pembelajaran. Dengan penilaian, seorang pendidikbakalmampu mengetahui tingkat pengetahuan peserta didik pada materi pelajaran dan keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

Semakin baik penilaian hasil belajar peserta didik, maka semakin berhasil proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Terkait dengan penilaian pembelajaran dalam K13 Kurikulum 2013memang tidak hanya dilakukan penilaian pada satu aspek saja, melainkan pada ketiga aspek penting lainnya seperti sikap dan keterampilan.

Penilaian pengetahuan pembelajaran pada K13 Kurikulum 2013dapat dilaksanbakaldengan berbagai macam teknik. Mungkin selama ini anda hanya menggunbakalteknik tes tertulis saja, bakaltetapi sebenarnya ada teknik penilaian tertulis lainnya yang bisa anda gunakan.

Berikut ini teknik penilaian tertulis yang dapat anda gunbakaldalam menilai hasil belajar siswa, yang adminkutip dalam buku Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar yang diterbitkan oleh Direktoran Pembinaan Sekolah Dasar, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2016.

Penilaian pengetahuan (KD dari KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir.

Prosedur penilaian pengetahuan dimulai dari penyusunan perencanaan, pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan, serta pemanfaatan hasil penilaian.

Hasil penilaian pencapaian pengetahuan dilaporkan dalam bentuk angka, predikat, dan deskripsi. Angka menggunbakalrentang nilai 0 sampai dengan 100. Predikat disajikan dalam huruf A, B, C, dan D. Rentang predikat (interval) ini ditentukan oleh Satuan Pendidikan dengan mempertimbangkan KKM.

Teknik penilaian pengetahuan menggunbakaltes tertulis, lisan, dan penugasan.


1) Tes Tertulis

Tes tertulis ialahtes yang soal dan jawabannya secara tertulis, antara lain berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen tes tertulis dikembangkan dengan mengikuti
langkah-langkah berikut.
• Melakukan analisis KD.
• Menyusun kisi-kisi soal sesuai dengan KD.
• Menulis soal berdasarkan kisi-kisi dan mengacu pada kaidah-kaidah penulisan soal.
• Menyusun pedoman penskoran.
• Melakukan penskoran berdasarkan pedoman penskoran.

2) Tes Lisan
Tes lisan berupa pertanyaan-pertanyaan, perintah, kuis yang diberikan pendidik secara lisan dan peserta didik merespon pertanyaan tersebut secara lisan. Tes lisan bertujuan menumbuhkan sikap berani berpendapat, mengecek penguasaan pengetahuan untuk perbaikan pembelajaran, percaya diri, dan kemampuan berkomunikasi secara efektif. Langkah-langkah pelaksanaan tes lisan sebagai berikut:
• Melakukan analisis KD.
• Menyusun kisi-kisi soal sesuai dengan KD.
• Membuat pertanyaan atau perintah.
• Menyusun pedoman penilaian
• Memberikan tindak lanjut hasil tes lisan

3) Penugasan
Penugasan ialahpemberian tugas kepada peserta didik untuk mengukur pengetahuan dan memfasilitasi peserta didik memperoleh atau meningkatkan pengetahuan. Tugas dapat dikerjbakalsecara individu atau kelompok sesuai karakteristik tugas. Tugas tersebut
dapat dilakukan di sekolah, di rumah, atau di luar sekolah.

Nah, demikian ulasan singkat terkait dengan teknik penilaian pengetahuan yang bisa anda terapkan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum 2013. Apapun teknik yang anda gunakan, pastikan teknik tersebut dapat mengukur ketercampaian KD secara menyeluruh. Kalau adminsendiri dalam melaksanbakalpenilaian menggunbakallebih dari satu teknik.

Selamat mencoba dan sukses selalu,

Wasalam !

Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Teknik Penilaian Pengetahuan Kurikulum 2013 yang Bisa Diterapkan Guru"