Belajar di Rumah : Langkah-langkah Pembelajaran 3 Subtema 1 Tema 8 Kelas 5 SD
Selamat berjumpa kembali rekanpendidik. Terutamanya untuk rekan sejawat pendidikkelas 5 sekolah dasar. Nah, pada artikel kali ini admin bakalmengetengahkan informasi tentang langkah pembelajaran.
Langkah pembelajaran pada artikel kali ini ialahpada pembelajaran 3 subtema 1 tema 8 kelas 5 sekolah dasar. Penting kita ketahui sebelum melangkah pada kegiatan pembelajaran ialahdengan mengetahui tujuan pembelajaran ialahsebagai berikut :
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui kegiatan berdiskusi, peserta didikmampu mengidentifikasi peristiwa pada teks.
2. Melalui kegiatan pengamatan, peserta didikmampu mengidentifikasi keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia.
3. Melalui kegiatan bermain peran, peserta didikmampu menunjukkan sikap toleransi yang dapat dilakukan dalam keragaman sosial budaya di Indonesia.
4. Melalui kegiatan mengamati, peserta didikmampu mengidentifikasi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia.
Langkah pembelajaran pada artikel kali ini ialahpada pembelajaran 3 subtema 1 tema 8 kelas 5 sekolah dasar. Penting kita ketahui sebelum melangkah pada kegiatan pembelajaran ialahdengan mengetahui tujuan pembelajaran ialahsebagai berikut :
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui kegiatan berdiskusi, peserta didikmampu mengidentifikasi peristiwa pada teks.
2. Melalui kegiatan pengamatan, peserta didikmampu mengidentifikasi keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia.
3. Melalui kegiatan bermain peran, peserta didikmampu menunjukkan sikap toleransi yang dapat dilakukan dalam keragaman sosial budaya di Indonesia.
4. Melalui kegiatan mengamati, peserta didikmampu mengidentifikasi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia.
Berikut ini langkah-langkah pembelajaran 3 subtema 1 tema 8 kelas 5.
Kegiatan Pendahuluan
- Kelas dibuka dengan salam, menanybakalkabar, dan mengecek kehadiran siswa.
- Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
- Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, pendidikdapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
- Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.
- Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
- Siswa memperhatikan penjelasan pendidiktentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang bakaldilakukan.
- Siswa menyimak penjelasan pendidiktentang pentingnya sikap disiplin yang bakaldikembangkan dalam pembelajaran.
- Pembiasaan membaca. Siswa dan pendidikmendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
- Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali.
Kegiatan Inti
- Siswa membaca teks “Rumah Betang Uluk Palin”.
- Siswa diajak bertanya jawab mengenai isi bacaan, misalnya sebagai berikut. “Di mana letak rumah betang uluk palin?
- “Rumah adat suku bangsa manakah itu? “
- “Berapa ukuran rumah betang uluk palin?”
- Selanjutnya, Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok terdiri atas 6-7 peserta didiksetiap kelompok.
- Bersama kelompoknya, peserta didikberdiskusi mengenai peristiwa pada bacaan dan keunikan rumah betang.
- Setiap kelompok juga mendiskusikan keunikan rumah adat di daerahnya.
- Kemudian secara bergantian setiap kelompok membacbakalhasil diskusinya. Jika ada perbedaan hasil diskusi dari tiaptiap kelompok, pendidikdapat meminta peserta didikmendiskusikan perbedaan itu.
- Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didiktentang mengurutkan dan menuliskan urutan peristiwa pada teks (Bahasa Indonesia KD 3.8 dan 4.8) serta menelaah keragaman social budaya dalam masyarakat Indonesia (PPKn KD 3.3 dan 4.3).
- Tahapan selanjutnya Siswa membaca teks “Keragaman Budaya Bangsa di Wilayah Indonesia” dengan cermat.Teknik membaca dapat menggunbakalteknik membaca senyap atau membaca keras bergantian.
- Siswa diajak bertanya jawab mengenai isi bacaan, misalnya sebagai berikut. “Apa saja jenis-jenis budaya di Indonesia?” “Bahasa daerah apa yang kamu ketahui?”Dapatkah kamu mengucapkan beberapa kata dalam bahasa daerah itu?Jawaban: sesuai pengetahuan tiap-tiap siswa.
- “Apa ragam kesenian daerah di Indonesia?” Jawaban: Ragam kesenian daerah di Indonesia di antaranya adalah:tari, alat musik, lagu, lukisan, dan patung.
- “Bagaimana sikapmu atas perbedaan budaya di Indonesia?” Jawaban: Siswa diarahkan kepada sikap saling menghargai atasadanya perbedaan budaya dan melestarikan aneka budaya diIndonesia.
- Kegiatan selanjutnya, peserta didikmendiskusikan sikap toleransi yang dapat dilakukan dalam keragaman budaya masyarakat Indonesia.
- Siswa bekerja dalam kelompok untuk membuat naskah drama pendek tentang sikap toleransi.
- Selanjutnya, setiap kelompok memeragbakalnaskah drama yang telah dibuat.
- Kemudian kelompok mengerjbakaltugas sesuai yang tertulis dalam Buku Siswa, dimana peserta didikmenentukan jenis kosakata dalam bahasa daaerahnya, mengidentifikasi keunikan budaya daerahnya, dan mengenal judul-judul lagu daerahnya masing-masing.
- Guru mengaitkan keragaman budaya di masyarakat dengan keragaman jenis usaha yang dilaukan oleh warga masyarakat.
- Siswa membaca senyap bacaan “Jenis Usaha dengan Mengolah Sumber Daya Alam”.
- Siswa diajak bertanya jawab mengenai isi bacaan.
- Siswa diajak bertanya jawab mengenai jenisjenis usaha di lingkungan sekitarnya.
- Siswa mendiskusikan jenis-jenis usaha di lingkungan sekitar yang mengolah sumber daya alam.
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok-kelompok lain.
- Siswa menyimpulkan keragaman social di lingkungannya dari jenis-jenis usaha masyarakatnya.
- Guru memberikan penguatan atas kemampuan peserta didikdalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
- Guru memberikan penekanan penjelasan terhadap konsep-konsep materi penting yang harus dimengerti siswa.
Kegiatan Penutup
- Siswa bersama pendidikmelakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
- Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
- Apa yang bakaldilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
- Siswa bersama pendidikmenyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
- Siswa menyimak penjelasan pendidiktentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritbakalpengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritbakalhasilnya kepada guru.
- Guru memberikan tindak lanjut kepada peserta didikdengan menugaskan kegiatan bekerja sama dengan orang tua yang terdapat pada buku siswa.
Demikian langkah-langkah pembelajaran yang memberikan pengalaman menyenangkan pada anak, khususnya pembelajaran 3 subtema 1 tema 8 kelas 5 SD. Langkah pembelajaran ini tentunya masih jauh dari kategori sempurna. Dan semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Langkah-langkah Pembelajaran 3 Subtema 1 Tema 8 Kelas 5 SD"
Posting Komentar