Belajar di Rumah : Langkah-langkah Pembelajaran 1 Subtema 1 Tema 8 Kelas 5 SD


Tujuan pembelajaran 

  1. Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, peserta didikmampu menyebutkan peristiwa-peristiwa atau tindbakalpada teks nonfiksi dengan benar.
  2. Melalui kegiatan melakukan pengamatan dan diskusi, peserta didikmampu mengidentifikasi manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman dengan baik.
  3. Melalui kegiatan berdiskusi, peserta didikmampu membuat peta pikiran mengenai manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman dengan benar.




Pendahuluan

  1. Kelas dibuka dengan salam, menanybakalkabar, dan mengecek kehadiran siswa.
  2. Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
  3. Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, pendidikdapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
  4. Guru mengajak peserta didikmelakukan tepuk dan yel-yel penyemangat di awal pembelajaran.
  5. Guru mengajukan pertanyaan terkait dengan gambar yang terdapat pada buku peserta didikpembelajaran 1.
  6. Guru mengajukan pertanyaan, seperti : “Apa perbedaan kedua gambar tersebut?”
  7. Siswa menyampaikan jawaban mereka masing-masing sesuai dengan kondisi gambar yang diamati.
  8. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kali ini.


Kegiatan Inti


  1. Siswa ditugaskan untuk membaca buku peserta didikdengan judul Demi Air Bersih, Warga Desa Waborobo Rela berjalan Sejauh 15 Kilometer.
  2. Siswa mencatat kata-kata sulit yang belum mereka ketahui.
  3. Siswa berdiskusi untuk menentukan makna kata-kata sulit yang mereka temukan.
  4. Siswa mengisi peta pikiran terkait dengan peristiwa yang mereka temukan dari teks bacaan non fiksi. 
  5. Siswa menyampaikan hasil temuan mereka terkait dengan persitiwa penting yang ada pada teks bacaan tersebut.
  6. Guru memberikan penguatan terhadap hasil kerja peserta didikdalam menyusun peta pikiran.
  7. Guru mengaitkan topik  air, untuk mempelajari materi selanjutnya.
  8. Siswa berdiskusi dengan kelompok untuk menentukan fungsi air bagi makhluk hidup.
  9. Siswa membuat bagan sederhana tentang manfaat air bagi makhluk hidup.
  10. Siswa mempresentasikan hasil karya di depan kelas. 
  11. Guru memberikan penguatan atas karya siswa, serte memberikan penjelasan penekanan terhadap konsep-konsep yang masih kurang peserta didikpahami.


Kegiatan Penutup
1. Siswa bersama pendidikmelakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung, dengan mengajukan pertanyaan :
Pengetahuan apa yang sudah kamu pelajari hari ini?
Keterampilan apa yang kamu latih pada hari ini?
Sikap apa yang harus dilakukan ketika kita berdiskusi?
2. Siswa bersama pendidikmenyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3. Guru melaksanbakaltindak lanjut dengan menugaskan peserta didikberdiskusi dengan orang tua , untuk mengetahui kegiatan apa saja di lingkungan keluarganya yang memanfaatkan air.



Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Langkah-langkah Pembelajaran 1 Subtema 1 Tema 8 Kelas 5 SD"