Belajar di Rumah : Langkah-langkah Pembelajaran 1 Subtema 1 Tema 8 Kelas 5 SD
Tujuan pembelajaran
- Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, peserta didikmampu menyebutkan peristiwa-peristiwa atau tindbakalpada teks nonfiksi dengan benar.
- Melalui kegiatan melakukan pengamatan dan diskusi, peserta didikmampu mengidentifikasi manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman dengan baik.
- Melalui kegiatan berdiskusi, peserta didikmampu membuat peta pikiran mengenai manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman dengan benar.
Pendahuluan
- Kelas dibuka dengan salam, menanybakalkabar, dan mengecek kehadiran siswa.
- Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
- Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, pendidikdapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
- Guru mengajak peserta didikmelakukan tepuk dan yel-yel penyemangat di awal pembelajaran.
- Guru mengajukan pertanyaan terkait dengan gambar yang terdapat pada buku peserta didikpembelajaran 1.
- Guru mengajukan pertanyaan, seperti : “Apa perbedaan kedua gambar tersebut?”
- Siswa menyampaikan jawaban mereka masing-masing sesuai dengan kondisi gambar yang diamati.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kali ini.
Kegiatan Inti
- Siswa ditugaskan untuk membaca buku peserta didikdengan judul Demi Air Bersih, Warga Desa Waborobo Rela berjalan Sejauh 15 Kilometer.
- Siswa mencatat kata-kata sulit yang belum mereka ketahui.
- Siswa berdiskusi untuk menentukan makna kata-kata sulit yang mereka temukan.
- Siswa mengisi peta pikiran terkait dengan peristiwa yang mereka temukan dari teks bacaan non fiksi.
- Siswa menyampaikan hasil temuan mereka terkait dengan persitiwa penting yang ada pada teks bacaan tersebut.
- Guru memberikan penguatan terhadap hasil kerja peserta didikdalam menyusun peta pikiran.
- Guru mengaitkan topik air, untuk mempelajari materi selanjutnya.
- Siswa berdiskusi dengan kelompok untuk menentukan fungsi air bagi makhluk hidup.
- Siswa membuat bagan sederhana tentang manfaat air bagi makhluk hidup.
- Siswa mempresentasikan hasil karya di depan kelas.
- Guru memberikan penguatan atas karya siswa, serte memberikan penjelasan penekanan terhadap konsep-konsep yang masih kurang peserta didikpahami.
Kegiatan Penutup
1. Siswa bersama pendidikmelakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung, dengan mengajukan pertanyaan :
• Pengetahuan apa yang sudah kamu pelajari hari ini?
• Keterampilan apa yang kamu latih pada hari ini?
• Sikap apa yang harus dilakukan ketika kita berdiskusi?
2. Siswa bersama pendidikmenyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3. Guru melaksanbakaltindak lanjut dengan menugaskan peserta didikberdiskusi dengan orang tua , untuk mengetahui kegiatan apa saja di lingkungan keluarganya yang memanfaatkan air.
Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Langkah-langkah Pembelajaran 1 Subtema 1 Tema 8 Kelas 5 SD"
Posting Komentar