Belajar di Rumah : Langkah-langkah Pembelajaran 1 Subtema 3 Tema 7 Kelas 5
Memasuki semester 2, tentunya pembelajaran di kelas 5 sudah bakalan di mulai pada tema 6. Dan untuk bulan Maret pembelajaran di kelas 5 tentunya sudah berada pada tema 7 Subtema 3.
Nah pada kesempatan kali ini, adminbakalmembagikan bagaimana langkah kreatif yang bisa Bapak/Ibu laksanakan. Sehingga pembelajaran di kelas semakin kondusif dan tentunya membuat peserta didikanda semakin tertantang untuk belajar lebih giat lagi.
Sebelum kita lanjutkan ada baiknya kita ketahui dulu tujuan pembelajaran yang bakaldicapai untuk pembelajaran 1 Subtema 3 tema 7 Kelas 5 sekolah dasar.
Tujuan Pembelajaran
Untuk tujuan pembelajaran, kita bakalkembangkan sendiri dengan tetap mengacu pada materi dan kompetensi dasar yang ingin dicapai pada pembelajaran kali ini.
Untuk muatan mata pelajaran yang muncul pada pembelajaran 1 terdiri dari Bahasa Indonesia, IPA
Adapun tujuan pembelajaran ialahsebagai berikut :
1. Dengan mengamati contoh surat undangan resmi dan tidak resmi, peserta didikmampu menemukan perbedaan kedua surat tersebut.
2. Melalui latihan, peserta didikmampu membuat surat undangan tidak resmi dengan terampil.
3. Melalui latihan, peserta didikmampu menyusun surat undangan resmi dengan menggunbakalbahasa yang baku.
4. Melalui percobaan peserta didikdapat memenjelaskan perubahan wujud benda dengan benar.
Setelah tujuan pembelajaran kita susun, maka langkah selanjutnya ialahmembuat langkah pembelajaran.
Adapun langkah pembelajaran ialahsebagai berikut :
A. KEGIATAN PENDAHULUAN
Nah pada kesempatan kali ini, adminbakalmembagikan bagaimana langkah kreatif yang bisa Bapak/Ibu laksanakan. Sehingga pembelajaran di kelas semakin kondusif dan tentunya membuat peserta didikanda semakin tertantang untuk belajar lebih giat lagi.
Sebelum kita lanjutkan ada baiknya kita ketahui dulu tujuan pembelajaran yang bakaldicapai untuk pembelajaran 1 Subtema 3 tema 7 Kelas 5 sekolah dasar.
Tujuan Pembelajaran
Untuk tujuan pembelajaran, kita bakalkembangkan sendiri dengan tetap mengacu pada materi dan kompetensi dasar yang ingin dicapai pada pembelajaran kali ini.
Untuk muatan mata pelajaran yang muncul pada pembelajaran 1 terdiri dari Bahasa Indonesia, IPA
Adapun tujuan pembelajaran ialahsebagai berikut :
1. Dengan mengamati contoh surat undangan resmi dan tidak resmi, peserta didikmampu menemukan perbedaan kedua surat tersebut.
2. Melalui latihan, peserta didikmampu membuat surat undangan tidak resmi dengan terampil.
3. Melalui latihan, peserta didikmampu menyusun surat undangan resmi dengan menggunbakalbahasa yang baku.
4. Melalui percobaan peserta didikdapat memenjelaskan perubahan wujud benda dengan benar.
Setelah tujuan pembelajaran kita susun, maka langkah selanjutnya ialahmembuat langkah pembelajaran.
Adapun langkah pembelajaran ialahsebagai berikut :
A. KEGIATAN PENDAHULUAN
1. Guru memasuki ruang kelas dengan suasana yang ramah dan penuh kehangatan.
2. Siswa memberikan salam kepada guru, yang dilanjutkan dengan pelaksanaan doa bersama dipimpin oleh salah seorang siswa.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
4. Guru menugaskan peserta didikmembaca buku peserta didikSubtema 3 lembelajar 1 terlebih dahulu.
B. KEGIATAN INTI
1. Siswa membaca penjelasan tentang surat undangan resmi, surat undangan setengah resmi dan surat undangan tidak resmi.
2. Siswa ditugaskan menemukan perbedaan surat undangan resmi dan tidak resmi.
3. Siswa diberikan bagian-baguan surat resmi yang kemudian mereka susun menjadi sebuah surat undangan resmi.
4. Guru berkeliling untuk memastikan seluruh peserta didikbekerja dengan benar dalam menyusun surat undangan resmi.
5. Siswa mempresentasikan hasil karya surat resminya ke depan kelas.
6. Guru bersama peserta didiklainnya mengamati dan menemukan lebihan dan kekurangan penulisan surat tersebut.
7. Guru memberikan penjelasan lebih dalam lagi terhadap penulisan surat undangan resmi.
8. Guru menghubungkan topik peristiwa dengan materi selanjutnya.
9. Peristiwa yang dapat dilakukan dalam mengisi kemerdekaan.
10. Siswa mendaftar sikap-sikap yang dapat dilakukan dalam mengisi kemerdekaan.
11. Siswa mendiskusikan kegiatan yang dapat dilakukan dalam mengisi kemerdekaan.
12. Siswa mempresentasikan hasil kerja mereka ke depan kelas.
13. Guru memberikan penguatan terhadap hasil presentasi peserta didikdan menegaskan konsep dasar dalam mengisi kemerdekaan sebagai seorang siswa.
14. Guru mengajak peserta didikuntuk mengumandangkan yel penyemangat.
15. Kegiatan dilanjutkan dengan melaksanbakalpercobaan untuk mengetahui perubahan wujud benda.
16. Siswa melaksanbakalpercobaan sesuai dengan arahan dan petunjuk pada buku siswa.
17. Guru mendampingi peserta didikmelakukan percobaan dengan memperhatikan petunjuk yang ada.
18. Siswa membuat laporan atas percobaan yang telah dilaksanakan.
19. Siswa mempresentasikan percobaan yang telah dilaksanakan.
20. Guru memberikan penjelasan penegasan atas apa yang telah dicapai siswa.
C. KEGIATAN PENUTUP
1. Siswa bersama pendidikmenyimpulkan kegiatan yang telah dilaksanakan.
2. Membuat resume.
3. Melaksanbakaltindak lanjut.
Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Langkah-langkah Pembelajaran 1 Subtema 3 Tema 7 Kelas 5 "
Posting Komentar