Belajar di Rumah : RingkasanSoal Tentang Iklan di Pembelajaran 1 Subtema 1 Tema 3 Kelas 5 SD/MI
Pembelajaran tematik di kelas 5 memasuki tema 3 dengan judul Makanan Sehat, dan subtema 1 dengan judul Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Sehat? Membelajarkan peserta didiktentang banyak hal terkait dengan bagaimana kita mempersiapkan makanan sehat.
Pada pembelajaran 1 memadukan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan IPA. Kemudian untuk materi Bahasa Indonesia lebih banyak menekankan tentang iklan. Sedangkan untuk mata pelajaran IPA membahas tentang pencernaan hewan.
Pada pembelajaran 1 tentang iklan, peserta didikkelas 5 diperkenalkan tentang jenis-jenis iklan dan media penyampaian iklan.
Iklan merupbakalsebuah berita atau pesan yang disampaikan pada khalayak ramai yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca atau pendengar untuk tertarik membeli barang atau jasa yang ditawarkan.
Terkait tentang jenis-jenis iklan, iklan memiliki jenis iklan layanan masyarakat dan iklan niaga. Media dalam penyampaian iklan tersebut terdiri dari media cetak dan elektronik. Media cetak terdiri dari koran, majalah, baliho, pamflet dan spanduk. Sedangkan iklan media elektronik, berupa iklan televisi, radio dan elektronik.
Di pembelajaran 1 kelas 5, pada buku peserta didikterdapat tugas yang melatih peserta didikuntuk peka dalam mengamati iklan media cetak.
Tugas 1.
Disajikan gambar beberama macam buah-buhan yang sering dikonsumsi secara rutin di beberapa kalangan masyarakat.
Setelah peserta didikmengamati gambar buah-buahan tersebut, selanjutnya peserta didikmenyelesaikan tugas yang tertera pada buku siswa.
1. Sebutkan contoh-contoh makanan yang menurutmu sehat.
Jawaban: makanan sehat berdasarkan gambar iklan tersebut ialahpisang, apel, paprika, brokoli, nanas, mentimun dan berbagai jenis sayuran dan buah-buahan lainnya.
2. Apakah kreteria makanan sehat?
Jawaban : Kreteria makanan sehat ialahmakanan yang hegienis, makanan terbebas dari kuman, makanan mengandung banyak gizi.
Kegiatan selanjutnya disajikan contoh iklan media cetak seperti gambar dibawah ini.
Siswa mengamati iklan tersebut, selanjutnya mengerjbakalbeberapa tugas berikut ini.
1. Apakah gambar yang terdapat pada iklan tersebut?
Jawaban : gambar iklan 1 berisikan gambar buah strowbery dan buah jeruk. Gambar iklan 2 berisikan gambar anak yang sedang mengkonsumsi buah semangka. Sedangkan gambar 3 beriksikan gambar buah yang dibentuk menjadi sebuah jantung hati.
2. Apakah kalimat iklan yang terdapat pada iklan tersebut?
Jawaban : kalimat iklan yang terdapat pada iklan tersebut ialahsebagai berikut :
Iklan 1 = Makanan sehat dan bergizi
Iklan 2 = Makanan sehat dan bergizi penting untuk pertumbuhan otak anak anda.
Iklan 3 = Cintai jantung anda, konsumsi sayur dan buah segar
Selanjutnya melengkapi peta pikiran :
Kata Kunci ialahkata inti yang terdapat pada iklan media cetak.
Ciri-ciri kata kunci ialahmembuat bagian dari iklan yang ditayangkan pada media cetak.
Kata kunci pada iklan 1 ialahMakanan, sehat dan bergizi.
Kata kunci pada iklan 2 ialahmakanan, sehat, pertumbuhan
Demikian alternatif penyelesaian untuk soal-soal yang terdapat pada buku peserta didikpembelajaran 1 subtema 1 tema 3 kelas 5 SD/MI.
Pada pembelajaran 1 memadukan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan IPA. Kemudian untuk materi Bahasa Indonesia lebih banyak menekankan tentang iklan. Sedangkan untuk mata pelajaran IPA membahas tentang pencernaan hewan.
Pada pembelajaran 1 tentang iklan, peserta didikkelas 5 diperkenalkan tentang jenis-jenis iklan dan media penyampaian iklan.
Iklan merupbakalsebuah berita atau pesan yang disampaikan pada khalayak ramai yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca atau pendengar untuk tertarik membeli barang atau jasa yang ditawarkan.
Terkait tentang jenis-jenis iklan, iklan memiliki jenis iklan layanan masyarakat dan iklan niaga. Media dalam penyampaian iklan tersebut terdiri dari media cetak dan elektronik. Media cetak terdiri dari koran, majalah, baliho, pamflet dan spanduk. Sedangkan iklan media elektronik, berupa iklan televisi, radio dan elektronik.
Di pembelajaran 1 kelas 5, pada buku peserta didikterdapat tugas yang melatih peserta didikuntuk peka dalam mengamati iklan media cetak.
Tugas 1.
Disajikan gambar beberama macam buah-buhan yang sering dikonsumsi secara rutin di beberapa kalangan masyarakat.
Setelah peserta didikmengamati gambar buah-buahan tersebut, selanjutnya peserta didikmenyelesaikan tugas yang tertera pada buku siswa.
1. Sebutkan contoh-contoh makanan yang menurutmu sehat.
Jawaban: makanan sehat berdasarkan gambar iklan tersebut ialahpisang, apel, paprika, brokoli, nanas, mentimun dan berbagai jenis sayuran dan buah-buahan lainnya.
2. Apakah kreteria makanan sehat?
Jawaban : Kreteria makanan sehat ialahmakanan yang hegienis, makanan terbebas dari kuman, makanan mengandung banyak gizi.
Kegiatan selanjutnya disajikan contoh iklan media cetak seperti gambar dibawah ini.
Siswa mengamati iklan tersebut, selanjutnya mengerjbakalbeberapa tugas berikut ini.
1. Apakah gambar yang terdapat pada iklan tersebut?
Jawaban : gambar iklan 1 berisikan gambar buah strowbery dan buah jeruk. Gambar iklan 2 berisikan gambar anak yang sedang mengkonsumsi buah semangka. Sedangkan gambar 3 beriksikan gambar buah yang dibentuk menjadi sebuah jantung hati.
2. Apakah kalimat iklan yang terdapat pada iklan tersebut?
Jawaban : kalimat iklan yang terdapat pada iklan tersebut ialahsebagai berikut :
Iklan 1 = Makanan sehat dan bergizi
Iklan 2 = Makanan sehat dan bergizi penting untuk pertumbuhan otak anak anda.
Iklan 3 = Cintai jantung anda, konsumsi sayur dan buah segar
Selanjutnya melengkapi peta pikiran :
Kata Kunci ialahkata inti yang terdapat pada iklan media cetak.
Ciri-ciri kata kunci ialahmembuat bagian dari iklan yang ditayangkan pada media cetak.
Kata kunci pada iklan 1 ialahMakanan, sehat dan bergizi.
Kata kunci pada iklan 2 ialahmakanan, sehat, pertumbuhan
Demikian alternatif penyelesaian untuk soal-soal yang terdapat pada buku peserta didikpembelajaran 1 subtema 1 tema 3 kelas 5 SD/MI.
Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : RingkasanSoal Tentang Iklan di Pembelajaran 1 Subtema 1 Tema 3 Kelas 5 SD/MI"
Posting Komentar