Belajar di Rumah : Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 SD/MI Kurikulum 2013
Selamat berjumpa kembali rekanpendidik, senang sekali adminbisa kembali menghadirkan soal-soal ulangan harian khususnya soal ulangan harian kelas 5.
Memasuki tema 3 kelas 5 yang berjudul Makanan Sehat, pembelajaran diketengahkan dengan tiga buah subtema. Nah, untuk saat ini adminbakalmenghadirkan soal ulangan harian subtema 1 pada tema 3 yang berjudul Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Sehat?
Sebelum kita sampai pada soal ulangan harian tema 3 subtema 1, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu masing-masing kompetensi dasar (KD) muatan mata pelajaran.
Kompatensi dasar PPKN
3.3 Menelaah keragaman sosial budaya masyarakat.
Kompetensi dasar Bahasa Indonesia
3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik.
Kompetensi dasar IPA
3.3. Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia.
Kompetensi dasar IPS
3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
Kompetensi SBdP
3.2 Memahami tangga nada.
Soal ulangan harian tema 3 subtema 1 kelas 5 SD/MI yang bakalpenulis sajikan disini lebih banyak menggunbakalsoal uraian. Hal ini penulis dasari untuk melatih peserta didikberpikir tingkat tinggi.
Kelebihan soal uraian dalam pelaksanaan ulangan harian ialahsoal lebih mudah dibuat, dapat mengukur gaya berpikir tingkat tinggi. Meskipun demikian soal uraian juga ada kelemahannya, namun adminrasa lebih banyak dalam teknis pemeriksaan saja.
Ya benar sekali, soal uraian memerlukan waktu pemeriksaan yang lebih lama, kadang juga muncul penilaian subjektif saat pendidikmelakukan penilaian.
Langsung saja, berikut ini Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 SD/MI Kurikulum 2013
Soal muatan PPKn
1. Semboyan Bhineka Tunggal Ika dikutip dari sebuah kitab yang bernama kitab . . . .
a. Mahabrata c. Sutasoma
b. Ramayana d. Lubdaka
2. Bagaimanakah cara bersikap toleransi terhadap keberagaman antar warga masyarakat?
3. Sebutkan 3 sikap yang dilakukan ketika kita memiliki rekanyang berbeda suku?
4. Apakah akibat yang ditimbulkan jika kita tidak menjaga persatuan dan kesatuan?
5. Berikan 3 contoh sikap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa !
Soal muatan Bahasa Indonesia
6.Sebutkan 3 kata kunci pada iklan tersebut!
7. Informasi apakah yang terdapat dalam iklan tersebut?
8. Sebutkan 3 unsur-unsur iklan media cetak !
9. Apakah yang dimaksud dengan iklan media cetak?
10. Kepada siapa tepatnya iklan tersebut ditujukan?
Soal muatan IPA
11. Makanan setelah dicerna bakaldiserap dan disalurkan ke seluruh
bagian tubuh. Penyerapan sari-sari makanan terjadi pada . . . .
a. lambung
b. usus halus
c. usus besar
d. kerongkonga
12. Sebutkan tiga bentuk gigi manusia dan fungsinya!
13. Apakah fungsi enzim pepsin pada lambung?
14. Apakah fungsi usus besar pada sistem pencernaan manusia?
15.Sebutkan 3 fungsi lidah dalam proses pencernaan manusia?
Soal muatan IPS
16. Apakah yang dimaksud dengan interaksi sosial?
17.Berikan 3 contoh bentuk interaksi sosial antara individu dengan individu di lingkungan masyarakat !
18. Apakah yang dimaksud dengan interaksi lingkungan?
19.Sebutkan 3 contoh bentuk interaksi lingkungan yang dilakukan oleh masyarakat !
20.Bagaimana cara menjaga hubungan yang harmonis antara manusia dengan lingkungannya?
Soal muatan SBdP
21. Sebutkan 3 ciri tangga nada diatonis mayor !
22. Sebutkan 3 ciri tangga nada diatonis minor !
23.Apakah yang dimaksud dengan alat musik ritmis?
24.Sebutkan 3 contoh alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul !
25. Apakah yang dimaksud dengan alat musik melodis?
Kunci Jawaban
1. C
2. Saling menghormati sesama, tidak menjelek-jelekan, dan tenggang rasa.
3. Saling menghormati, menggunbakalbahasa yang sopan, ikut mengajaknya bermain bersama.
4. Akan menimbulkan perpecahan.
5. Menggunbakalbahasa Indonesia yang baik, rajin belajar seni dan budaya, menonton pementasan budaya.
6. mastin, kesehatan, kulit dan tubuh
7. Manfaat mastin untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh
8. gambar pendukung, kalimat singkat jelas dan padat, kalimat bersifat persuasif.
9. iklan media cetak ialahiklan yang menawarkan barang/jasa melalui koran, majalah, baliho dan brosur.
10. kepada masyarakat yang menginginkan kulit bersih
11. C
12. gigi seri untuk memotong makanan, gigi taring untuk merobek makanan, dan gigi geraham untuk mengunyah makanan
13. mengubah protein menjadi asam amino
14. menyerap air dan garam-garam mineral
15. mengatur posisi makanan, menelan makanan, pengecap
16. hubungan timbal balik anatara individu dengan individu, individu kelompok dan kelompok dengan kelompok.
17. berbelanja ke warung, menelpon paman , menyapa teman.
18. hubungan timbal balik dengan alam.
19. bertani, bermain layang-layang, memancing
20. tidak membuang sampah sembarangan, tidak menebang pohon sembarangan dan melakukan penghijauan.
21. lagu bersemangat, diawali dengan nada do, interval 111/2 1 1 1 ½
22. lagu kurang bersemangat, sedih, diawali dan diakhiri dengan nada la.
23. alat musik yang tidak bernada.
24. gong, bedug, rebana, triangel.
25. alat musik yang memiliki nada.
Demikian Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 SD/MI Kurikulum 2013, yang bisa penulis sajikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi rekanpendidik sekalian.
Memasuki tema 3 kelas 5 yang berjudul Makanan Sehat, pembelajaran diketengahkan dengan tiga buah subtema. Nah, untuk saat ini adminbakalmenghadirkan soal ulangan harian subtema 1 pada tema 3 yang berjudul Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Sehat?
Sebelum kita sampai pada soal ulangan harian tema 3 subtema 1, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu masing-masing kompetensi dasar (KD) muatan mata pelajaran.
Kompatensi dasar PPKN
3.3 Menelaah keragaman sosial budaya masyarakat.
Kompetensi dasar Bahasa Indonesia
3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik.
Kompetensi dasar IPA
3.3. Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia.
Kompetensi dasar IPS
3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
Kompetensi SBdP
3.2 Memahami tangga nada.
Soal ulangan harian tema 3 subtema 1 kelas 5 SD/MI yang bakalpenulis sajikan disini lebih banyak menggunbakalsoal uraian. Hal ini penulis dasari untuk melatih peserta didikberpikir tingkat tinggi.
Kelebihan soal uraian dalam pelaksanaan ulangan harian ialahsoal lebih mudah dibuat, dapat mengukur gaya berpikir tingkat tinggi. Meskipun demikian soal uraian juga ada kelemahannya, namun adminrasa lebih banyak dalam teknis pemeriksaan saja.
Ya benar sekali, soal uraian memerlukan waktu pemeriksaan yang lebih lama, kadang juga muncul penilaian subjektif saat pendidikmelakukan penilaian.
Langsung saja, berikut ini Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 SD/MI Kurikulum 2013
Soal muatan PPKn
1. Semboyan Bhineka Tunggal Ika dikutip dari sebuah kitab yang bernama kitab . . . .
a. Mahabrata c. Sutasoma
b. Ramayana d. Lubdaka
2. Bagaimanakah cara bersikap toleransi terhadap keberagaman antar warga masyarakat?
3. Sebutkan 3 sikap yang dilakukan ketika kita memiliki rekanyang berbeda suku?
4. Apakah akibat yang ditimbulkan jika kita tidak menjaga persatuan dan kesatuan?
5. Berikan 3 contoh sikap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa !
Soal muatan Bahasa Indonesia
6.Sebutkan 3 kata kunci pada iklan tersebut!
7. Informasi apakah yang terdapat dalam iklan tersebut?
8. Sebutkan 3 unsur-unsur iklan media cetak !
9. Apakah yang dimaksud dengan iklan media cetak?
10. Kepada siapa tepatnya iklan tersebut ditujukan?
Soal muatan IPA
11. Makanan setelah dicerna bakaldiserap dan disalurkan ke seluruh
bagian tubuh. Penyerapan sari-sari makanan terjadi pada . . . .
a. lambung
b. usus halus
c. usus besar
d. kerongkonga
12. Sebutkan tiga bentuk gigi manusia dan fungsinya!
13. Apakah fungsi enzim pepsin pada lambung?
14. Apakah fungsi usus besar pada sistem pencernaan manusia?
15.Sebutkan 3 fungsi lidah dalam proses pencernaan manusia?
Soal muatan IPS
16. Apakah yang dimaksud dengan interaksi sosial?
17.Berikan 3 contoh bentuk interaksi sosial antara individu dengan individu di lingkungan masyarakat !
18. Apakah yang dimaksud dengan interaksi lingkungan?
19.Sebutkan 3 contoh bentuk interaksi lingkungan yang dilakukan oleh masyarakat !
20.Bagaimana cara menjaga hubungan yang harmonis antara manusia dengan lingkungannya?
Soal muatan SBdP
21. Sebutkan 3 ciri tangga nada diatonis mayor !
22. Sebutkan 3 ciri tangga nada diatonis minor !
23.Apakah yang dimaksud dengan alat musik ritmis?
24.Sebutkan 3 contoh alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul !
25. Apakah yang dimaksud dengan alat musik melodis?
Kunci Jawaban
1. C
2. Saling menghormati sesama, tidak menjelek-jelekan, dan tenggang rasa.
3. Saling menghormati, menggunbakalbahasa yang sopan, ikut mengajaknya bermain bersama.
4. Akan menimbulkan perpecahan.
5. Menggunbakalbahasa Indonesia yang baik, rajin belajar seni dan budaya, menonton pementasan budaya.
6. mastin, kesehatan, kulit dan tubuh
7. Manfaat mastin untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh
8. gambar pendukung, kalimat singkat jelas dan padat, kalimat bersifat persuasif.
9. iklan media cetak ialahiklan yang menawarkan barang/jasa melalui koran, majalah, baliho dan brosur.
10. kepada masyarakat yang menginginkan kulit bersih
11. C
12. gigi seri untuk memotong makanan, gigi taring untuk merobek makanan, dan gigi geraham untuk mengunyah makanan
13. mengubah protein menjadi asam amino
14. menyerap air dan garam-garam mineral
15. mengatur posisi makanan, menelan makanan, pengecap
16. hubungan timbal balik anatara individu dengan individu, individu kelompok dan kelompok dengan kelompok.
17. berbelanja ke warung, menelpon paman , menyapa teman.
18. hubungan timbal balik dengan alam.
19. bertani, bermain layang-layang, memancing
20. tidak membuang sampah sembarangan, tidak menebang pohon sembarangan dan melakukan penghijauan.
21. lagu bersemangat, diawali dengan nada do, interval 111/2 1 1 1 ½
22. lagu kurang bersemangat, sedih, diawali dan diakhiri dengan nada la.
23. alat musik yang tidak bernada.
24. gong, bedug, rebana, triangel.
25. alat musik yang memiliki nada.
Demikian Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 SD/MI Kurikulum 2013, yang bisa penulis sajikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi rekanpendidik sekalian.
Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 SD/MI Kurikulum 2013"
Posting Komentar