Belajar di Rumah : Soal Ulangan Harian Kelas 3 Tema 3 Subtema 2 Kurikulum 2013 SD/MI Edisi Revisi 2018
Pembelajaran di kelas 3 sesuai dengan pembelajaran K13 Kurikulum 2013menggunbakalpendekatan tematik terpadu. Dimana dalam satu tema dipadukan beberapa mata pelajaran.
Adapun mata pelajaran yang dipadukan untuk kelas 3 SD/MI terdiri dari beberapa muatan yaitu, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP, Matematika dan PJOK.
Untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa, maka pendidikbakalmelaksanbakalkegiatan penilaian harian. Penilaian harian dilaksanbakalsetiap setelah menyelesaikan satu buah subtema.
Agar soal-soal ulangan harian yang kita susun sesuai dengan kompetensi dasar, maka ada baiknya kita ingat kembali kompetensi dasar yang muncul di tema 3 subtema 2.
Berikut ini kompetensi dasar (KD) yang muncul pada tema 3 subtema 2 kelas 3
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda
dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk
lisan, tulis, visual, dan dan/atau eksplorasi lingkungan.
PKn
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
SbdP
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.
Matematika
3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar
satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunbakaldalam kehidupan sehari-hari.
Berikut ini adminbakalbagikan soal ulangan harian untuk tema 3 subtema 2 kelas 3 SD/MI yang adminbuat berdasarkan buku peserta didikdan buku pendidikkelas 3 edisi revisi 2018.
1. Wujud benda terdiri dari padat, cair dan . . . .
A. gas
B. serbuk
C. lebab
D. keras
2. Bumbu dapur dibawah ini yang berwujud cair ialah. . . .
A. garam
B. vetsin
C. kecap
D. bawang
3. Gambaran tentang letak suatu tempat disebut . . . .
A. jejak
B. denah
C. gambar
D. peta
4. Air yang dimasukkan ke dalam botol, maka bentuknya bakalseperti botol. Ini menunjukkan jika bentuk air sesuai dengan . . .
A. bahan
B. ukurannya
C. tempatnya
D. letaknya
5. banyaknya zat penyusun suatu benda disebut . . . .
A. volume
B. massa
C. ukuran
D. perkembangan
6. Benda-benda berikut ini yang termasuk benda cair ialah. . . .
A. bawang
B. gula
C. tomat
D. minyak
7. Gotong royong bakalmembuat pekerjaan berat menjadi . . .
A. lama
B. sulit
C. ringan
D. susah
8. Bergotong royong merupbakalpengamalan Pancasila yang sesuai dengan sila . . .
A. kedua
B. ketiga
C. keempat
D. kelima
9. Ani membantu ayah membersihkan kandang ayam. Gotong royong yang dilakukan Ani terjadi di lingkungan . . . .
A. sekolah
B. rumah
C. masyarakat
D. kelurahan
10. Saat kita bernapas kita sedang menghirup . . .
A. angin
B. cairan
C. bau
D. udara
11. Udara merupbakalcontoh dari benda dengan wujud . . . .
A. cair
B. padat
C. gas
D. minyak
12. Alat untuk mengukur berat benda disebut . . . .
A. meteran
B. termometer
C. penggaris
D. timbangan
13. Jarak rumah Agus dan Susi dari sekolah ialah300 meter. Jarak rumah Wahyu dari rumah ke sekolah 100 meter sedangkan rumah Budi berjarak 5 kilometer. Anak yang paling jauh jarak rumahnya ialah. .. .
A. Agus
B. Wahyu
C. Budi
D. Susi
14. 6 Km + 500 m = . . . . m
A. 5500
B. 6000
C. 6500
D. 7000
15. Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m. Berapa jarak rumah Edo ke rumah nenek dalam satuan m?
A. 4.300
B. 5.300
C. 6.300
D. 7.300
II. Isilah dengan jawaban yang tepat, titik dibawah ini !
1. Menjaga kebersihan sekolah ialahtanggung jawab . . . . (warga sekolah)
2. Bentuk zat cair selalu bakal. . . . dengan wadahnya. (sama)
3. Tinta merupbakalcontoh benda . . . . (cair)
4. Pekerjaan bakalcepat selesai jika dilakukan dengan . . . .(gotong royong)
5. Untuk mengukur panjang sebuah meja, maka diperlukan alat ukur . . . (meteran)
6. Balon yang kempes lebih ringan dari balon yang ada udaranya. Itu berarti gas memiliki . . .(berat)
7. Mengerjbakaltugas piket bersama-sama, merupbakalcontoh gotong royong di lingkungan . . . .(sekolah)
8. 400 m + 2 km = . . . .m (2400km)
9. Satuan untuk berat ialah. . . (kg)
10. 50 kg + 150 kg = . . .kg (200 kg)
Demikian soal ulangan harian Soal Ulangan Harian Kelas 3 Tema 3 Subtema 2 Kurikulum 2013 SD/MI Edisi Revisi 2018 yang dapat adminbagikan.
Semoga soal-soal ini bermanfaat bagi rekanpendidik.
Adapun mata pelajaran yang dipadukan untuk kelas 3 SD/MI terdiri dari beberapa muatan yaitu, Bahasa Indonesia, PKn, SBdP, Matematika dan PJOK.
Untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa, maka pendidikbakalmelaksanbakalkegiatan penilaian harian. Penilaian harian dilaksanbakalsetiap setelah menyelesaikan satu buah subtema.
Agar soal-soal ulangan harian yang kita susun sesuai dengan kompetensi dasar, maka ada baiknya kita ingat kembali kompetensi dasar yang muncul di tema 3 subtema 2.
Berikut ini kompetensi dasar (KD) yang muncul pada tema 3 subtema 2 kelas 3
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda
dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk
lisan, tulis, visual, dan dan/atau eksplorasi lingkungan.
PKn
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
SbdP
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.
Matematika
3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar
satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunbakaldalam kehidupan sehari-hari.
Berikut ini adminbakalbagikan soal ulangan harian untuk tema 3 subtema 2 kelas 3 SD/MI yang adminbuat berdasarkan buku peserta didikdan buku pendidikkelas 3 edisi revisi 2018.
1. Wujud benda terdiri dari padat, cair dan . . . .
A. gas
B. serbuk
C. lebab
D. keras
2. Bumbu dapur dibawah ini yang berwujud cair ialah. . . .
A. garam
B. vetsin
C. kecap
D. bawang
3. Gambaran tentang letak suatu tempat disebut . . . .
A. jejak
B. denah
C. gambar
D. peta
4. Air yang dimasukkan ke dalam botol, maka bentuknya bakalseperti botol. Ini menunjukkan jika bentuk air sesuai dengan . . .
A. bahan
B. ukurannya
C. tempatnya
D. letaknya
5. banyaknya zat penyusun suatu benda disebut . . . .
A. volume
B. massa
C. ukuran
D. perkembangan
6. Benda-benda berikut ini yang termasuk benda cair ialah. . . .
A. bawang
B. gula
C. tomat
D. minyak
7. Gotong royong bakalmembuat pekerjaan berat menjadi . . .
A. lama
B. sulit
C. ringan
D. susah
8. Bergotong royong merupbakalpengamalan Pancasila yang sesuai dengan sila . . .
A. kedua
B. ketiga
C. keempat
D. kelima
9. Ani membantu ayah membersihkan kandang ayam. Gotong royong yang dilakukan Ani terjadi di lingkungan . . . .
A. sekolah
B. rumah
C. masyarakat
D. kelurahan
10. Saat kita bernapas kita sedang menghirup . . .
A. angin
B. cairan
C. bau
D. udara
11. Udara merupbakalcontoh dari benda dengan wujud . . . .
A. cair
B. padat
C. gas
D. minyak
12. Alat untuk mengukur berat benda disebut . . . .
A. meteran
B. termometer
C. penggaris
D. timbangan
13. Jarak rumah Agus dan Susi dari sekolah ialah300 meter. Jarak rumah Wahyu dari rumah ke sekolah 100 meter sedangkan rumah Budi berjarak 5 kilometer. Anak yang paling jauh jarak rumahnya ialah. .. .
A. Agus
B. Wahyu
C. Budi
D. Susi
14. 6 Km + 500 m = . . . . m
A. 5500
B. 6000
C. 6500
D. 7000
15. Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m. Berapa jarak rumah Edo ke rumah nenek dalam satuan m?
A. 4.300
B. 5.300
C. 6.300
D. 7.300
II. Isilah dengan jawaban yang tepat, titik dibawah ini !
1. Menjaga kebersihan sekolah ialahtanggung jawab . . . . (warga sekolah)
2. Bentuk zat cair selalu bakal. . . . dengan wadahnya. (sama)
3. Tinta merupbakalcontoh benda . . . . (cair)
4. Pekerjaan bakalcepat selesai jika dilakukan dengan . . . .(gotong royong)
5. Untuk mengukur panjang sebuah meja, maka diperlukan alat ukur . . . (meteran)
6. Balon yang kempes lebih ringan dari balon yang ada udaranya. Itu berarti gas memiliki . . .(berat)
7. Mengerjbakaltugas piket bersama-sama, merupbakalcontoh gotong royong di lingkungan . . . .(sekolah)
8. 400 m + 2 km = . . . .m (2400km)
9. Satuan untuk berat ialah. . . (kg)
10. 50 kg + 150 kg = . . .kg (200 kg)
Demikian soal ulangan harian Soal Ulangan Harian Kelas 3 Tema 3 Subtema 2 Kurikulum 2013 SD/MI Edisi Revisi 2018 yang dapat adminbagikan.
Semoga soal-soal ini bermanfaat bagi rekanpendidik.
Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Soal Ulangan Harian Kelas 3 Tema 3 Subtema 2 Kurikulum 2013 SD/MI Edisi Revisi 2018"
Posting Komentar