Belajar di Rumah : Cara Mengetahui Tingkat Ketertarikan Siswa Pada Pembelajaran di Kelas

Cara Mengetahui Tingkat  Ketertarikan Siswa Pada Pembelajaran di Kelas - Bila Anda melihat gambar postingan artikel adminyang satu Ini, mohon di abaikan gambar yang berwarna merah. Coba lihat sejenak tiga gambar emoji yang ada di sebelahnya. Kotak tersebut merupbakalkotak tingkat kepuasan pelayanan yang ada di salah satu kantor pajak Pratama tempat adminmelaporkan SPT masa pajak bos.

Melihat di salah satu sudut ada sebuah kotak layanan sebagai wujud timbal balik penilaian sebuah layanan di instansi pemerintahan, Saya jadi terbersit untuk membuat sebuah kotak tersebut untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa  dalam mengikuti pembelajaran di kelas. 

Ada pun beberapa manfat yang diperoleh dari mengetahui apakah peserta didiktertarik, senang dan puas pada pembelajaran yang telah kita laksanakan, diantaranya :

Mengetahui ketertarikan, perasaan senang dan puas  peserta didikterhadap pembelajaran Saya rasa hal tersebut sangat baik dilakukan, sebagai upaya untuk senantiasa memberikan layanan pendidikan kepada siswa.

Seperti yang kita ketahui dari sejumlah peserta didikdi kelas, memiliki minat dan kemampuan belajar yang berbeda. Disinilah peran pendidikuntuk memberikan sebuah rasa keadilan bagi peserta didiknya. Cukup berat memang, tapi sebagai seorang yang sudah kadung dinilai profesional dan kenyataan juga merupbakalorang yang profesional, maka hal tersebut harus diupayakan.



Selama ini mungkin teman-rekanjarang  ingin mengetahui apakah peserta didikkita senang mengikuti pembelajaran yang telah kita laksanbakalatau malah sebaliknya, mereka merasa bosan dan tertekan mengikuti pembelajaran di kelas.

Mengetahui tingkat ketertarikan, perasaan senang dan puas peserta didikbakalproses pembelajaran yang kita lakukan bakalmenjadi tolak ukur kemampuan kita sebagai pendidikdalam menciptbakalpembelajaran yang menarik dan menyenangkan.

Disamping itu pula, dengan mengetahui tingkat ketertarikan, rasa senang dan puas peserta didikbakalproses pembelajaran juga bakalberpengaruh baik bagi kerajinan peserta didikdi sekolah. Nah, sudahkah rekanpernah melakukan tindbakaluntuk mengetahui ketertarikan, rasa senang peserta didikpada kegiatan pembelajaran? Saya yakin rekansudah melakukannya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah peserta didikkita merasa tertarik dan senang pada pembelajaran yang telah kita lakukan.

Seperti apa yang admintemukan di kantor pajak tentang tingkat kepuasan layanan pajak, cukup memberikan adminide yang bisa kita jadikan sebagai balikan terhadap proses pembelajaran yang kita laksanbakaldi kelas.

Dengan memberikan peserta didikmenyampaikan perasaan mereka setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, maka kita bakalmengetahui sejauh mana keberhasilan kita dalam menciptbakalpembelajaran yang menyenangkan kepada siswa.

Anda bisa memberikan peserta didikselembar kertas kemudian suruh mereka menuliskan emoji yang mencerminkan perasaan mereka setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Misalnya :

untuk perasaan senang, gembira dan memiliki ketertarikan pada kegiatan pembelajaran.

Wajah sedih untuk perasaan yang kurang menyenangkan dan wajah dengan senyuman datar untuk tingkat perasaan yang bisa-biasa saja dalam mengikuti pembelajaran.

Suruh peserta didikmenggambarkan wajah tersebut tanpa menuliskan nama dan identitasnya. Kemudian anda kumpulkan. Darisana anda bakalmelihat, seberapa banyak memperoleh gambar emoiji wajah tersenyum. Makin banyak maka pembelajaran anda sangat menyenangkan, sebaliknya jika sedikit maka anda harus membenahi kembali proses pembelajaran yang anda ampu.

Demikian ulasan singkat kali ini, semoga bermanfaat. Wasalam.

Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Cara Mengetahui Tingkat Ketertarikan Siswa Pada Pembelajaran di Kelas "