Belajar di Rumah : Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 SD/MI Kurikulum 2013

Hallo rekanpendidik, senang sekali adminbisa kembali membagikan soal ulangan harian, khusunya untuk peserta didikkelas 5 sekolah dasar yang melaksanbakalpembelajaran dengan kurikulum 2013.

Sesuai dengan K13 Kurikulum 2013pembelajaran di kelas 5 menggunbakalpendekatan tematik. Tentu sangat berbeda dengan pembelajaran sebelumnya pada kurikulum 2006.

Pembelajaran tematik memadukan beberapa mata pelajaran ke dalam sebuah tema. Nah, untuk tema 3 di kelas 5 yang berjudul Makanan Sehat terdiri atas 3 buah subtema.

Pada kesempatan kali ini, adminmembagikan soal ulangan harian untuk subtema 3 pada tema 3.

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, soal ulangan harian disusun secara mandiri oleh pendidiksesuai dengan kompetensi dasar pada setiap muatan mata pelajaran.

Soal ulangan harian yang adminbagikan disini, tentunya masih jauh dari kategori sempurna. Maka dari itu sangat diharapkan kebijbakalpendidikdalam menggunbakalsoal ini dan disesuaikan dengan kondisi di sekolahnya masing-masing.

Adapun soal ulangan harian yang bakaladminbagikan kali ini terdiri dari soal pilihan ganda dan soal uraian. Soal juga bakaladminlengkapi dengan kunci jawaban, sehingga membantu anda nanti dalam melaksanbakalpengoreksian. Oke langsung saja berikut ini

Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 3 Subtema 3  SD/Mi Kurikulum 2013

Soal Pilihan Ganda

1. Indonesia merupbakalnegara yang kaya bakalkeberagaman. Hal tersebut mengharuskan kita untuk...
A. berpisah
B. bersatu
C. bercerai
D. bertengkar

2. Keberagaman budaya di Indonesia dapat kita lihat salah satunya dari perbedaan....
A. warna kulit
B. pakain adat
C. bentang alam
D. jenis rambut

3. Semboyan Bhineka Tunggal Ika memiliki makna.....
A. bersatu dalam perbedaan
B. berbeda beda namun tetap bersama
C. walaupun berbeda namun berbeda
D. berbeda-beda namun tetap satu

4. Salah satu tradisi unik yang ada di Nusa Tenggara Timur dibawah ini adalah....
A. Rambu Solo
B. Sisingaan
C. Pasola
D. Lompat Batu

5. Keberagaman di Indonesia tidak meliputi keragaman . . . .
A.suku
B.agama
C. budaya
D. pemimpin negara

6. Iklan yang tayangkan melalui televisi dan radio, termauk kedalam iklan media . . ..
A. cetak
B. hiburan
C. elektronik
D. masa

7. Perbedaan yang paling menonjol antara iklan media cetak dan elektronik ialahadanya . . . .
a. barang dan jasa yang diiklankan
b. melalui media massa
c. adanya gambar dan suara
d. informasi kepada konsumen

8. Bahasa iklan yang digunbakalsebaiknya ialah. . . .
a. berbelit-belit
b. sulit dipahami
c. mudah diingat
d. singkat dan jelas

9. media iklan audio visual ialah. . . . .
a. radio
b. televisi
c. poster
d. brosur

10. unsur dalam sebuah iklan elektronik ialah. . . .
a. adanya gambar pendukung
b. gambar yang bergerak
c. kata kunci
d. tulisan

11.  Fungsi usus halus adalah  . .. .
a. membunuh kuman penyakit
b. menyerao sari-sari makanan
c. meyerap air dan garam mineral
d. sebagai alur pembuangan akhir

12. Kelebihan asam lambung dapat menyebabkan mengalami gangguan . . . .
a. disentri
b. tifus
c. sembelit
d. maag

13. Kandungan protein pada makanan bermanfaat sebagai . .. .bagi tubuh.
a. sumber energi
b. zat pembangun
c. sumber pengatur
d. membantu kesehatan

14. Pemberian imunisasi tifoid dapat membantu mencegah terjadinya penyakit .. . .
a. disentri
b. maag
c. tifus
d. gondok

15. Penyakit gondok disebabkan karena kekurangan . . . .
a. zat besi
b. kalsium
c. fosfor
d. yodium


16. Interaksi sosial dilakukan dengan tujuan untuk . . . kebutuhan hidup.
a. mencari
b. memenuhi
c. merencankan
d. mengadakan

17. Bentuk interaksi sosial manusia dengan lingkungan terjadi pada kegiatan. . . .
a. bermain bersama teman
b. membangun rumah
c. menanam pohon
d. membayar pajak

18. Salah satu wujud pembangunan sosial budaya dapat dilakukan dengan . . . .
a. membuat lapangan pekerjaan
b. menanam pepohonanan
c. membentuk sanggar tari
d. mendirikan usuaha jahit

19. Pembangunan sosial budaya dapat  . . . .kebudayaan.
a. menghilangkan
b. menumbuhkan
c. melestarikan
d. menghadirkan

20. Pembangunan sosial merupbakalbentuk pengamalan dari sila . . . . Pancaisila.
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5

21. Seni rupa yang dalam pengerjaannya mementingkan keterampilan tangan disebut seni rupa . . . .
a. kriya
b. modern
c. pisahan
d. persatuan

22. Teknik membuat batik dengan menggunbakalcanting termasuk dalam teknik . . .
a. cetak
b. sablon
c. tulis
d. gambar

23. Batik dan lukisan termasuk dalam karya seni rupa jenis . .. . .
a. satu dimensi
b. dua dimensi
c. tiga dimensi
d. empat dimensi

24. Salah satu daerah penghasil batik terkenal di Indonesia ialah. . . .
a. Makasar
b. Bali
c. Solo
d. Madura

25. Salah satu contoh karya tiga dimensi ialah. . . .
a. batik
b. lukisan
c. patung
d. gambar


Demikian soal ulangan harian kelas 5 tema 3 subtema 3 SD/MI Kurikulum 2013 yang dapat adminbagikan pada kesempatan kali ini. Tentunya soal-soal ini mungkin dirasa belum sempurna, maka dari itu sekali lagi diperlukan kebijbakalanda untuk menggunbakalsoal-soal tersebut dengan bijak.

Sebagai akhir kata semoga bermanfaat dan jangan lupa nantikan soal-soal  selanjutnya hanya di riyanpedia.com




Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 SD/MI Kurikulum 2013"