Belajar di Rumah : Soal Ulangan Tema 4 Subtema 2 Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Selamat berjumpa kembali rekanpendidik dimanapun anda berada, kali ini adminbakalbagikan soal-soal ulangan harian untuk pembelajaran di kelas 5 semester 1 , khusus bagi sekolah yang menerapkan  pembelajaran dengan kurikulum 2013.

Pembelajaran K13 Kurikulum 2013di kelas 5 pada tahun pembelajaran 2017/2018 kali ini, menggunbakalbuku pembelajaran peserta didikdan pendidikedisi 2017. Beberapa media online sudah menyebarkan link untuk menunduhbeberapa buku edisi revisi 2017. Saya rasa rekanpedia pastilah sudah melakukan hal tersebut.

Pelaksanaan ulangan harian di masing-masing tema, disesuaikan dengan waktu subtema terselesaikan. Dalam pembelajaran di kelas 5 edisi revisi 2017, setiap temanya terdiri dari 4 subtema dimana pada subtema 4 lebih banyak dibelajarkan kegiatan berbasis proyek.

Untuk kelancaran pelaksanaan pembelajaran di semua tema tersebut, sangat diharapkan rekan pendidikmengatur alokasi waktu setiap  tema dan subtema dalam program semester maupun program tahunan yang telah dibuat pada awal tahun pembelajaran.

Untuk membantu rekanpendidik dimanapun anda sedang bertugas pada kesempatan kali ini, adminbagikan beberapa contoh soal ulangan harian tema 4 subtema 2 pada pembelajaran tematik kelas 5 di semester 1 yang sudah merupbakaledisi revisi 2017.

untuk muatan pembelajaran yang terkandung pada tema 4 masih tetap sama dengan tema sebelumnya, yaitu muatan Pkn, Bahasa  Indonesia, IPA, IPS dan SBdp.

Hanya saja yang membedbakalialahmuatan KD ( Kompetensi dasar ) pada setiap tema. Adapun KD untuk tema 4 kali ini ialahsebagai berikut :

PKn
3.2 Memahamihak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari.

Bahasa Indonesia
3.6 Menggaliisi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.

IPA
3.4 Memahami organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan  dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia

Berikut contoh soal ulangan yang  bisa rekan rekanpendidik kembangkan lagi tingkat kesukarannya, anda tidak perlu mendownloadnya karena soal-soal berikut ini tinggal anda copy paste saja pada tempat lembar ms word atau note pad. Selamat menggunbakaldan semoga bermanfaat !

1. Bentuk peran serta tanggug jawab warga masyarakat dalam melaksanbakalhasil keputusan bersama ialah. . . .
a. membiarkan jika ada pelanggaran
b. menghormati jalannya pemilihan
c. tidak ikut memilih karena tidak cocok
d. mewakili anggota untuk memilih

2. Jika dalam musyawarah tidak ditemukan kata sepakat, maka tindbakalyang diambil ialah. . . .
a. voting
b. aklamasi
c. demokrasi
d. mobilasasi

3.
1. Pendaftaran calon ketua RT
2. Pelantikan ketua RT
3. Pembentukan Panitia Pemilihan
4. Pelaksanaan pemilihan ketua RT

Tata cara pemilihan ketua RT yang benar ialahmulai dari nomor . . . .
a. 1 -2 -3- 4
b. 3-2-1-4
c. 3 – 1 – 4 -2
d. 4 -3-2-1


4. Dayu dan kakaknya memperoleh surat penggilan untuk ikut memilih kepala desa, saat itu kakak Dayu tidak bisa ikut memilih karena bekerja. Dayu pun pergi ke tempat pemilihan sendiri dan tidak mewakilkan kakaknya. Sikap yang dilakukan oleh Dayu sudah mencerminkan asas . .
a. umum
b. bebas
c. rahasia
d. langsung

5. Bentuk tanggung jawab yang dapat dilakukan oleh seorang peserta didikdi masyarakat ketika dilaksanbakalpemilihan kades ialah. . . .
a. bermain di tempat pemilihan
b. mengamati jalannya pemilihan
c. mencoret gambar calon
d. membantu mewakili dalam pemilihan

6. Ciri-ciri sebuah pantun ialah. . .
a. memiliki sajak  b,a,b,a
b. baris kedua dan ketiga ialahsampiran
c. dua baris terakhir ialahisi pantun
d. memiliki tiga baris dalam satu bait


7. Pantun tua lebih lebih banyak menceritbakaltentang . . . .
a. nasihat
b. suka-cita
c. rumah tangga
d. canda tawa

8. Manakah pantun kiasan dibawah ini?
a. Kapal berlayar di laut jawa
Nakhoda mengacungkan jempol
Adik menangis lalu tertawa
Melihat kakak masih mengompol

b. Ari menari sampur melebar.
Tersenyum ceria semua terhibur.
Berbadan besar telingannya lebar.
Hidungnya panjang suka menyembur?

c. Merah muda baju si bibi
Di tangan ada bayam seikat
Masalah warga datang bertubi
Berkumpulah untuk mufakat

d. Diam lisan banyak merenung.
Lompat tinggi anak tupai.
Hendak hati memeluk gunung.
Apa daya tangan tak sampai


9. Jalan-jalan ke kota hujan
Naik turun melewati bukit
Jangan lupa gerakkan badan
Supaya kita tak pernah sakit

Makna dari pantun diatas ialah. . . .
a. kita harus jalan-jalan
b. jika kekota harus naik gunung
c. agar sehat harus rajin bergerak
d. berobat ke dokter agar tidak sakit

10. Bacalah pantun dibawah ini !
Si Dayu menari-nari
Jangan lupa pakai selendang
Wajah dia berseri-seri
     Karena kamu selalu berdendang
    Jenis pantun termasuk jenis pantun . . . .
a. pantun muda
b. pantun kanak-kanak
c. pantun tua
d. pantun jenaka

11. Letak jantung dalam tubuh kita ialahdi dalam ….
a. rongga perut sebelah kanan
b. rongga dada sebelah kanan
c. rongga perut sebelah kiri
d. rongga dada sebelah kiri

12. Jika produksi sel darah putih berlebihan, seseorang bakalmenderita penyakit ….
a. leukemia
b. hemofilia
c. anemia
d. hipertensi

13. Sistem peredaran darah kecil ialahaliran darah dari ....
a. paru-paru-seluruh tubuh-paru-paru
b. jantung-seluruh tubuh-jantung
c.  jantung-paru-paru-jantung
d. jantung-paru-paru-seluruh tubuh jantung

14. Penyakit yang darahnya tidak mau membeku pada saat terluka disebut
….
a. leukemia
b. hemofilia
c. hipertensi
d. anemia

15. Darah putih berfungsi untuk ... .
a. menyerap sari makanan
b. membantu pembekuan darah
c. mengedarkan oksigen
d. membunuh bibit penyakit


16. Bentuk interaksi sosial antara manusia dengan lingkungan ialah. . . .

17. Apa yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusbakalalam?

18. Apakah bentuk ketergantungan antara petani dengan penjual pupuk?

19. Apa saja bentuk aktivitas yang dapat meningkatkan pembangunan sosial budaya?


20. Apakah terjadi bentuk ketergantungan antara penambang pasir dengan alam? Jika ya apa yang sebaiknya dilakukan oleh penambang pasir?


21. Apakah yang disebut dengan properti tari?


22. Apa saja yang bisa digunbakalsebagai properti tari?


23. Bagaimana kita bisa mengetahui pola lantai dalam tarian?



24. Apakah perbedaan antara tari legong dengan tari baris, jika dilihat dari properti yang digunakan?


25. Gambarlah satu buah pola lantai tari!


Nah, rekanpendidik yang budiman. soal-soal yang adminsajikan disini hanyalah sebatas contoh saja. Pengembangan dan pemodifikasian tentu  sangat diharapkan untuk kemajuan soal yang dihasilkan.

yang paling penting ialahsoal ulangan yang anda susun, senantiasa memperhatikan cakupan kompetensi dasar yang bakaldiukur.

Selamat bekerja dan semoga bermanfaat.




Tidak ada komentar untuk "Belajar di Rumah : Soal Ulangan Tema 4 Subtema 2 Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017"